Trending News

Blog Post

Mariah Carey The Elusive Chanteuse Show in Stadium Merdeka, Kuala Lumpur
Concerts Review

Mariah Carey The Elusive Chanteuse Show in Stadium Merdeka, Kuala Lumpur 

Tepat pada perayaan hari deepavali tanggal 22 Oktober 2014 yang merupakan hari libur nasional di Malaysia dan hujan yang mengguyur dengan lumayan derasnya, sang mega pop/R&B/hip hop/soul DIVA, penyanyi wanita kelahiran 27 Maret 1969 asal Long island-New York, seorang songwriter, record producer, aktris, pemenang 5 Grammy Awards, 199 World Music Awards, 11 American Music Awards dan 31 Billboard Music Awards, yang terkenal dengan suara 5 oktafnya, dan juga ibu dari 2 anak, MARIAH CAREY, untuk kedua kalinya (yang pertama sekitar 10 tahun yang lalu) mengunjungi Kuala Lumpur dalam rangka tur dunia nya yang bertajuk “The Elusive Chanteuse Show” bertempat di Stadium Merdeka yang dipromotori oleh IME Productions serta disupport oleh Malaysia Major Events, sebuah agensi dibawah naungan Kementrian Kebudayaan Pariwisata.

Terlihat dari siang cuaca di Kuala Lumpur kurang begitu bersahabat. Sekitar pukul 18.30 sore waktu setempat hujan mulai turun rintik-rintik dan semakin deras mengguyur kota. Stadium Merdeka merupakan Stadion nasional sepakbola Malaysia sehingga para penonton yang berada di kelas VVIP, kelas I dan kelas II dipastikan kehujanan, tetapi tetap tidak menyurutkan mereka untuk mengambil tempat sesegera mungkin. Pihak promotor juga sudah sigap memberikan kepada setiap penonton jas hujan plastik untuk mereka yang duduknya berada di area terbuka.

Sekitar pukul 21:15 lampu mulai meredup dan video pembuka dari film “110th St” ditayangkan sejenak dan serentak penonton yang jumlahnya mencapai sekitar 12.000 orang langsung bertepuk tangan dan berteriak histeris, kemudian muncullah sang Diva yang sangat ditunggu-tunggu keluar ke tengah stage dengan menyanyikan tembang pembuka “Fantasy” dari album kelimanya Daydream yang dirilis tahun 1995. MIMI panggilan akrab dari para fans untuk MARIAH CAREY malam itu mengenakan kostum blazer hitam garis-garis putih panjang yang dipadu dengan hotpants yang juga hitam tampak tetap terlihat cantik dan anggun meskipun bentuk tubuhnya lebih berisi sekarang.

Berturut-turut lagu “Touch My Body”, “Shake it Off” dan “Emotions” yang berirama riang dinyanyikan dengan diiringi 3 backing vocals dan 6 penari latar yang sangat enerjik dan kompak. Di beberapa jeda lagu, tampak MARIAH CAREY mencoba berinteraksi dan menyapa penonton yang terlihat mulai basah kuyub ditengah guyuran hujan, dengan sedikit bernyanyi: “It’s raining, it’s pouring…what are you going to do when lightning strikes? Just hold on tight, Kuala Lumpur”, yang disambut dengan teriakan histeris para Lambily. Tetapi agak disayangkan lagu Through The Rain tidak termasuk didalam setlist tur, karena sangat tepat dengan momen saat itu di kota Kuala Lumpur yang masih diguyur hujan.

Meskipun begitu, lagu-lagu hits dari album-album lawas maupun terbaru MARIAH CAREY dinyanyikan dengan sempurna seperti “Cry”, tampak MIMI duduk diatas grand piano dengan memakai kostum gaun panjang hitam, lagu gospel “Fly Like a Bird”, “Lullaby of Birdland” yang sedikit berirama jazz, “Heartbreaker”, “#Beautiful”. Terlebih saat tembang ballad “My All” berkumandang, para Lambily pun ber-sing a long bersama dengan semangat tanpa menghiraukan tubuh mereka yang sudah basah kuyub terkena hujan yang tiada henti.

TREY LORENZ juga turut hadir untuk berkolaborasi dengan MARIAH CAREY yang sudah berganti kostum gaun panjang dengan one off shoulder warna shocking pink di lagu The Jackson 5 “I’ll be There”, sontak Lambily berteriak histeris dan bernyanyi kembali dengan penuh perasaan. Suara bening dan merdu MARIAH CAREY sangat jelas terdengar di lagu ini. Begitupun ketika lagu “Hero” dan “Supernatural” dinyanyikan dengan sangat menyentuh hati. Suara melengking 5 oktaf yang sangat terkenal dari MARIAH terdengar sempurna dibeberapa lagu yang dibawakannya seperti: “Emotions” dan “Cry”.

Ketika lagu “We Belong Together” selesai, MARIAH CAREY sempat menghilang sejenak kebalik stage dan lighting pun meredup, sebagian penonton sudah pada beranjak pulang tetapi para Lambily dengan setianya masih tetap duduk ditempatnya dan berteriak “we want more…we want more…!!” Dan tak lama lighting kembali menyala, dan MARIAH kembali hadir di stage dengan memakai trenchcoat putih dengan motif ular dan menyanyikan “Always Be My Baby” yang menjadi tembang pamungkas malam itu. Tanpa dikomando Lambily yang berada di area VVIP langsung lari mendekat kearah stage, ber sing-along bersama dan beberapa diantaranya ada yang membawa spanduk yang bertuliskan “We love you Mimi”.

Meskipun cuaca di rabu malam itu tidak begitu bersahabat karena dihiasi hujan yang lumayan deras selama konser berlangsung, sekitar 19 buah lagu dinyanyikan selama hampir 2 jam dengan memukau dan tanpa cela oleh MARIAH CAREY serta diiringi oleh personil band, backing vocals serta penari latar yang sangat professional dan juga didukung oleh tata suara dan stage yang sempurna. Ini membuktikan bahwa sang diva yang sudah berusia 45 tahun adalah tetap penyanyi legendaris dunia dan menipis kritikan dari show sebelumnya di Jepang yang membuat para penonton di Kuala Lumpur merasa cemas akan penampilannya. Satu pertanyaan, kapankah sang Diva akan berkunjung ke Indonesia lagi setelah yang terakhir di tahun 2004?

Setlist “The Elusive Chanteuse Show” Tour In Malaysia 2014:
1. 110th St.
2. Fantasy
3. Touch My Body
4. Shake It Off (No Intro)
5. Emotions (Extended Outro)
6. Cry
7. Fly Like A Bird
8. Lullaby of Birdland
9. My All
10. Heartbreaker / Beautiful
11. That Chick (Band Intros)
12. Honey Video Into Honey
13. I’ll Be There
14. Thirsty
15. Meteorite (Dance Intros)
16. Hero
17. Supernatural
18. We Belong Together
19. Encore: Always Be My Baby

Text: Desvita M. Widyas
Photo: Courtesy from IME Productions
Special Thanks to IME Productions

Related posts

Leave a Reply