Trending News

Blog Post

Album of the Day: Death from Above 1979 – The Physical World
Album of The Day

Album of the Day: Death from Above 1979 – The Physical World 

Released by: Warner Music Indonesia

Sempat digadang-gadang sebagai the next Sonic Youth dan membuat kejayaan dance punk pada pertengahan 2000an, duo dance punk/noise rock yang berasal dari Kanada Death From Above 1979 menggempur dunia dengan album debutnya You’re A Woman, I’m A Machine di tahun 2004 dan setelahnya band dance punk seperti !!!, LCD Soundsystem, The Rapture dan Klaxons meraih kepopuleran juga sehingga band yang sering disingkat DFA 1979 ini menjadi pelopor dalam mengenalkan dance  punk ke publik namun selang dua tahun duo yang diisi Sebastian Gringer dan Jesse F. Keller ini bubar dengan alasan perbedaan kreativitas. Pada 2011 mereka memutuskan untuk kembali bekerja dan mengadakan reuni. Setelah mereka melakukan tur dan melakukan gigs selama tiga tahun akhirnya album comeback mereka yang diberi titel “The Physical World” dirilis juga dan seolah mengobati rasa kangen pecinta dance punk yang seolah hampir punah.

Penggunaan cowbell yang sering LCD Soundsystem coba dimasukkan ke “Cheap  Talk” yang mengembalikan pendengar ke era pertengahan 2000an dimana dance-punk menjadi trend musik paling asyik pada saat itu dengan suntikan new-rave yang disematkan di lagu ini.  “Right on Frankenstein!” bermain dengan musik punk rock yang sonically. Riff dan pengaruh hard rock yang kental dapat kita temui di “Virgins”. Permainan dance-rock dengan cuilan new wave yang kental muncul di “Crystal Ball”. Track garage-rock revival yang mempunyai musik marching ala punk rock disematkan dalam “Always On”. Mereka sedikit melunak pada “White Is Red” merupakan track yang sangat Sonic Youth, dengan arsiran new wave juga ditambah sound handclapping.

Track yang menurut saya paling menonjol adalah “Trainwreck 1979”, permianan mereka disini tidak terlalu berisik untuk ukuran noise rock  namun juga tidak terlalu lembut seperti alternative rock dan meledak bersamaan dengan vokal Gringer ketika meneriakkan  “‘cause I Want It All!!!!!”. “Nothing Left” bermain dengan mengambil esensi no wave. “Goverment Trash” adalah track anti pemerintahan dengan musik punk rock yang bombastis dan teriakan Gringer yang seolah menunjukkan kemarahannya dan sedikit mengembalikan System Of A Down. Dengan pekikan gitar ala noise rock dan permainan alternative rock yang cepat mereka memainkan “Gemini”. Penggunaan synth yang cukup seronok dapat kita temukan di “The Physical World” yang masih menggunakan formula punk rock ditambah dengan noise rock dan menutup tracknya dengan balutan riff gitar ala track metal yang maut dan dramatis.

Di album keduanya ini DFA 1979 masih menunjukkan bahwa dance punk is not dead karena materi baru yang ditawarkan mereka hampir sama seperti album pertama mereka. Mereka masih menawarkan hantaman bass yang mendengung di setiap lagu, suara reverb dan noise gitar di sana-sini dan juga semangat punk yang mereka lontarkan di setiap lagu dan seperti biasanya DFA 1979 berhasil menangkap energi noise rock tanpa kehilangan unsur dancy nya sehingga album ini pas untuk bersenang-senang dan cocok untuk melepas stress sambil bergoyang gila dengan lagu yang ada di album ini. You can found sonically punk and wildly dancing on this album. Welcome to the track, Death From Above 1979.

Music Video: Trainwreck 1979

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Luthfi / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Cheap Talk” 3:15
2. “Right On, Frankenstein!” 3:05
3. “Virgins” 3:08
4. “Always On” 2:32
5. “Crystal Ball” 2:51
6. “White Is Red” 4:27
7. “Trainwreck 1979” 3:46
8. “Nothin’ Left” 2:30
9. “Government Trash” 3:00
10. “Gemini” 2:25
11. “The Physical World” 4:51

Related posts

Leave a Reply