Trending News

Blog Post

Album of the Day: Jessie J – Sweet Talker
Album of The Day

Album of the Day: Jessie J – Sweet Talker 

Released by: Universal Music Indonesia

Awalnya, Jessie J mengumbar cerita mengenai persiapan seumur hidup untuk album perdananya. Sekarang, semudah membalikkan telapak tangan ia bisa mengonsep album secara utuh dalam waktu yang tergolong singkat. “Sweet Talker“, album manis berisi selusin lagu bisa ia rilis berjarak setahun dari album keduanya. Lebih banyak dan beragam produser, penulis lagu, dan musisi yang terlibat di dalamnya, album ini kembali memamerkan kekuatan dan keunikan vokal Jessie dalam arahan musik pop, berbaur soul dan R&B.

Ingat swag yang pernah Jessie interpretasikan dalam ‘Do It Like a Dude’ dulu? Nah, kali ini ada sekuelnya yang tertuang dalam ‘Ain’t Been Done’. Kesan idealis dan keakuan lagu ini sekali meng-embrace kejalangan Jessie. Iramanya bernaung di bawah payung urban, sejalan dengan ‘Burnin’ Up’, salah satu single andalan dari album ini. Menampilkan rap dari 2 Chainz, secara ajaib lagu ini terdengar sangat mirip dengan ‘Booty’ dari J.Lo dan Pitbull/Iggy Azalea. Every dropping beat and every sense of style of both songs reflecting each other. Syukur Jessie menginput semacam rock intro di awal lagunya yang menjadi faktor pemisah kemiripan antara kedua lagu.

Bicara soal kolaborasi, Jessie semakin nyaman untuk berbagi ruang dengan penampil lain dalam lagunya. Bukan sekedar rapper kayak 2 Chainz dan De La Soul (‘Seal Me With a Kiss’), ia juga rela menciptakan olimpiade vokal dalam ‘Bang Bang’ bersama Ariana Grande, dengan percikan kembang api rap dari Nicki Minaj. Begitu banyak ledakan dalam lagu ini yang pantas dijadikan sebagai lagu terbaik dari Jessie, so far. Bahkan banyak yang membandingkan ikatan Jessie+Ari+Nicki ini dengan single sensasional ‘Lady Marmalade’ oleh Christina+Lil’ Kim+Mya+Pink, memberi arti memorable dalam sejarah musik Jessie. Selain itu, Lindsey Stirling menyuntikkan pesona pribadinya dalam lagu berjudul ‘Loud’. Sejenak, beat drum yang berbaris rapi dan konsisten dalam lagu hampir menenggelamkan suara gesekan biola Lindsey. Tapi dilihat dari sudut pandang lain, proporsi yang sedikit itu menimbulkan kesan “mahal” terhadap lagu.

Angkat jempol untuk Jessie yang sangat pintar menamai album-albumnya. “Who You Are”, “Alive”, dan “Sweet Talker” ini bukan sekedar mencomot track yang tersedia dalam album atau menggunakan judul yang paling catchy dari yang tersedia. Tapi ada pertimbangan yang matang mengapa mereka yang digunakan. Selain apik dan representatif dalam menggambarkan arena album, benang merah antara ketiganya adalah sifat kolosal yang dianut setiapnya. ‘Sweet Talker’ merupakan skenario cinta yang mencoba mengedepankan ide “kuterima kau apa adanya”. Lagu-lagu lain dengan judul yang tak kalah catchy seperti ‘Personal’, ‘Masterpiece’, atau ‘Get Away’ belum cukup kuat untuk mengangkat nilai-nilai tersebut.

Skor 4 dari 5 untuk album ini. Diramu dalam periode yang tak lama, “Sweet Talker” muncul malah lebih dipertimbangan ketimbang “Alive”. Album ini seolah memunculkan perasaan menyesal atas dirilisnya “Alive”. Banyak lagu yang potensial untuk menjadi hit, seperti ‘Fire’, ‘Said Too Much’, juga ‘Keep Us Together’ dalam asupan musik yang beragam dan semakin menguatkan kata versatile sebagai salah satu definisi dari Jessie J. “Sweet Talker” memang berakhir manis dalam kata dan pengalaman dengar.

Music Video: Bang Bang (feat. Ariana Grande & Nicki Minaj)

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Ain’t Been Done” 3:00
2. “Burnin’ Up” (featuring 2 Chainz) 3:40
3. “Sweet Talker” 3:42
4. “Bang Bang” (with Ariana Grande and Nicki Minaj) 3:19
5. “Fire” 3:56
6. “Personal” 3:54
7. “Masterpiece” 3:40
8. “Seal Me with a Kiss” (featuring De La Soul) 3:53
9. “Said Too Much” 3:34
10. “Loud” (featuring Lindsey Stirling) 4:33
11. “Keep Us Together” 3:49
12. “Get Away” 3:50

Related posts

Leave a Reply