Trending News

Blog Post

Album of the Day: Idina Menzel – Holiday Wishes
Album of The Day

Album of the Day: Idina Menzel – Holiday Wishes 

Released by: Warner Music Indonesia

“I know I’m Jewish. But a lot of famous Jewish people have written Christmas songs, so I’m going to try out some of their songs on the album.” – Idina Menzel

That! Semangat Christmas itu lintas regili, ini yang mengilhami Idina Menzel untuk merilis album istimewa berjudul “Holiday Wishes“. Berisikan 12 lagu pilihan, album ini merupakan pemanfaatan yang optimal terhadap popularitas Idina pasca kesuksesan “Frozen” dan turunannya, ‘Let It Go’.

Yang sangat menjanjikan dari album ini adalah kualitas vokal Idina. Lihat saja, daftar lagu terdiri dari holiday standards yang setiap tahunnya bisa tampil dalam tiga sampai empat versi. Sehingga harus punya faktor yang membuatnya bisa bersaing untuk menjadi incaran para penikmat musik. Saya suka dengan apa yang terjadi dalam ‘The Christmas Song’ dan ‘Have Yourself a Merry Little Christmas’. Alih-alih mengemas mereka dalam belanga emosional dan vokal menggelegar yang kontras dengan musik sendu dan lembek, keduanya malah menampilkan choir di tengah-tengah lagu yang memberi sedikit gaya gospel demi seporsi kekhidmatan. Faktor kejutan itu tak terdengar dalam ‘Do You Hear What I Hear’ yang datang sesuai ekspektasi.

Awalnya saya hendak menuduh Idina akan berlaku lebay, oversing, kelewat menyiksa setiap lagu padu padan vokal yang terkadang mengubah melodi aslinya. Syukurnya ini terjadi hanya sekali, dan rupanya untuk lagu yang tergolong uptempo, ‘All I Want For Christmas Is You’. Agak banyak melodi yang dieksekusi menjauh dari tatanan asli lagu, dan sesekali Idina justru terdengar kewalahan dengan aksinya sendiri, tapi gubahan di 1/3 terakhir lagu mampu menambal beberapa kekuarangan yang sempat muncul.

Bagi yang berharap untuk menemukan sekuel ‘Let It Go’ dari dalam album ini tampaknya bisa bahagia dengan kehadiran ‘December Prayer’, satu lagu orisinil yang dalam album ini punya gelagat yang merujuk kesana, hanya minus triumphant moment dan hook yang perkasa, tapi tetap punya feeling yang sama. Rekomendasi lain untuk bisa difavoritkan adalah ‘Baby It’s Cold Outside’ (duet dengan Michael Buble, memberi sentuhan manly dalam album yang feminin), ‘Holly Jolly Christmas’ (nuansa kebersamaannya sangat terasa), dan ‘White Christmas’ (pas menggambarkan pesona putih yang kudus).

“Holiday Wishes” boleh disebut sebagai album yang melankolis. Paling tidak ‘What Are You Doing New Year’s Eve’, ‘When You Wish Upon A Star’, ‘Silent Night’, dan total selusin lagu dalam album ini sepakat untuk berkata demikian. Queen Elsa telah memegang puncak sukses yang baru bagi dirinya pribadi. It’s a happy ending for her holiday wishes.

Music Video: Idina Menzel & Michael Bublé – Baby It’s Cold Outside

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Do You Hear What I Hear” 3:45
2. “The Christmas Song” 3:32
3. “Baby It’s Cold Outside” (duet with Michael Bublé) 2:46
4. “Have Yourself a Merry Little Christmas” 5:43
5. “All I Want for Christmas Is You” 5:12
6. “What Are You Doing New Year’s Eve?” 4:36
7. “December Prayer” 4:50
8. “When You Wish upon a Star” 3:00
9. “Silent Night” 4:30
10. “River” 4:01
11. “Holly Jolly Christmas” 2:27
12. “White Christmas” 4:12

Related posts

Leave a Reply