Trending News

Blog Post

Album of the Day: Selena Gomez – For You
Album of The Day

Album of the Day: Selena Gomez – For You 

Released by: Universal Music Indonesia

Akan sangat banyak komentar yang menciutkan nama Selena Gomez sebagai performer solo yang merilis album kompilasi setelah hanya merilis satu album studio. Tapi kenyataannya lebih luas dari itu. Sejak mendapat kontrak rekaman bersama Hollywood Records, Selena yang menjadi satu dalam grup Selena Gomez & The Scene sudah terlebih dahulu merilis tiga album studio, sehingga sudah lebih dari cukup bahan baku yang Selena punya untuk memproduksi sebuah album kompilasi. Album tersebut diberi nama “For You“, memberi kesan istimewa terhadap siapapun yang memilikinya dalam genggamam.

Berisikan 15 track, ada cukup masa yang bisa diceritakan dari satu per satu lagu. Seperti ‘The Heart Wants What It Wants’, single andalan dari album ini. Yang ia coba ketengahkan adalah sebuah klarifikasi terhadap apa yang terjadi dalam hubungan cinta bersama Justin Bieber, bagaimana itu bisa terjadi, bagaimana saat menjalani, dan bagaimana itu bisa berakhir. Klarifikasi ini seolah telah menyeimbangkan pandangan publik yang datang dari internal pelaku. Terima kasih kepada Rockmafia yang memberi balada manis ini sebagai momen curhat Selena.

Klarifikasi itu datang tak lama setelah Selena duduk di puncak suksesnya sebagai solois. Adalah ‘Come & Get It’ yang luar biasa seksual, eksotis, dan indah dari berbagai sudut. Lagu ini memberi cetak tebal pada kata dewasa yang Selena coba ukir di musiknya. Jelas lebih berbobot dibanding gelagat musik yang sebelumnya hadir dalam ‘Love You Like a Love Song’ ataupun ‘Tell Me Something I don’t Know’. Meskipun masih memberi daya hibur, perbedaan pesona justru menjauhkan baris mereka dalam galian musikalitas. Bubblegum pop yang banyak diartikan sebagai pola guilty pleasure kini berubah menjadi sesuatu yang lebih layak dan pantas, menghapus kata guilty dan meninggalkan pleasure untuk berdiri sendiri.

Secinta-cintanya kita pada Selena di momen solonya, masih ada masa yang patut dipuji ketika Selena masih dibuntuti oleh The Scene. Yaitu ‘Who Says’. Lagu pemberdayaan ini adalah semangat para cewek dimanapun berada, memberi tahu dan menyadarkan bahwa setiap mereka bisa! Jangan pernah berhenti cuma karena omongan orang.

Lagu-lagu Selena memang lebih banyak yang menghibur saat masih berformat SG&TS. Nilai cerianya tinggi, mungkin hadir sebagai pengruh usia Selena yang masih remaja saat itu, ditambah persaingan dengan Demi Lovato dan Miley Cyrus yang lebih merapat pada pendekatan artistik sebagai singer/songwriter. Makanya, ‘Round & Round’, ‘Naturally’, hingga ‘Falling Down’ berasa lebih hidup tombol hiburnya, lebih youthful. Bandingkan dengan ‘Slow Down’ yang hadir setelahnya, lagu ini masih fine, sangat fine malah. Namun lebih kepada entertainment dewasa, karena kesan musiknya terlalu kental house, dinilai menyempitkan daya jangkau hiburnya pada batas usia tertentu.

Sebenarnya sangat disayangkan dalam momen yang sempit dari kurang lebih 5 tahun berkarir di industri rekaman, beberapa lagu dalam album ini disediakan dalam versi remix. I’m not a remix type of person, that’s why I object. ‘Forget Forever’,’Naturally’, dan yang menjadi alasan utama keberatan ini: ‘A Year Without Rain’. Memang, sentuhan remix akan membuat lagu ini menyentuh beberapa spot yang tak sempat terjamah oleh versi originalnya. Tapi itu juga memberi arti untuk lagu-lagu tersebut seperti hadir dari dimensi lain, yang terkadang berakibat fatal pada penerjemahan lirik lagu.

Di luar kritik tadi, saya tetap salut pada rilisan album ini yang hadirnya layak pamitan. Santun sikap Selena yang akan hijrah ke Intrerscope dengan menyimpulkan perjalanannya yang belum begitu jauh ini. Itu mengapa lagu-lagu seperti ‘Mas’dan ‘Bidi Bidi Bom Bom’ bisa termasuk dalam koleksi ini. Tanpa melupakan kehadiran ‘Do It’ sebagai lagu baru kedua selain ‘Heart’ yang bersanding untuk memberi momen baru dalam napak tilas ini.

Music Video: The Heart Wants What It Wants

Official Website

Buy album on iTunes: For You – Selena Gomez

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “The Heart Wants What It Wants” 3:47
2. “Come & Get It” 3:51
3. “Love You like a Love Song” (Selena Gomez & the Scene) 3:08
4. “Tell Me Something I Don’t Know” (Selena Gomez & the Scene) 2:55
5. “Who Says” (Selena Gomez & the Scene) 3:15
6. “My Dilemma 2.0” (Selena Gomez & the Scene) 3:09
7. “Round & Round” (Selena Gomez & the Scene) 3:05
8. “Forget Forever” (Boy Lightning Remix) 3:46
9. “Slow Down” 3:30
10. “A Year Without Rain” (Dave Audé Radio Remix) (Selena Gomez & the Scene) 3:59
11. “Naturally” (Dave Audé Radio Remix) (Selena Gomez & the Scene) 4:01
12. “Más” (“More” – Spanish Version) (Selena Gomez & the Scene) 3:30
13. “Bidi Bidi Bom Bom” (with Selena) 4:13
14. “Falling Down” (Selena Gomez & the Scene) 3:03
15. “Do It” 2:40

Related posts

Leave a Reply