Trending News

Blog Post

Album of the Day: Kiesza – Sound Of A Woman
Album of The Day

Album of the Day: Kiesza – Sound Of A Woman 

Di tengah trend revivalitas deep house (terimakasih Disclosure), ada satu atau dua nama yange mencuat. Di tahun 2014 kemarin, mungkin selain Gorgon City, nama Keisza adalah nama lain yang patut menjadi Highlight. Setelah mencuri perhatian melalui singlenya, ia pun kemudian merilis album debut yang bertajuk “Sound Of A Woman“.

Single yang kita bicarakan adalah ‘Hideaway’. Ditulis oleh Keisza bersama Rami Samir Afuni, single tersebut mengembalikan memori ke era 90-an saat deep house meraja. Tidak hanya catchy, ‘Hideaway’ juga “mencuri” struktur deep house 90-an tersebut dengan sempurna. Bayangkan hits klasik ‘Show Me Love’ milik Robin S., dan diplintir sedemikian rupa agar terdengar kekinian.

“Sound Of A Woman” masih memiliki beberapa materi setipe sebagai single follow-up, seperti ‘Giant of My Heart’, ‘The Love’, ‘Over Myself’ atau ‘No Enemiez’. Lagu-lagu yang mengandalkan dentum bass dan drum yang ritmis dan repititf, sementara melodi pop berkelindaan antara hook catchy dan beat yang danceable. Lagu-lagu ini harus diakui dikerjakan Kiesza, bersama Afuni, partner in crime-nya dalam mengerjakan album ini, dengan cukup baik, meski sebenarnya masih dalam tahap mimikri ketimbang memberi sentuhan baru yang sifatnya personal dan memberi ciri khas kepada Kiesza sebagai seorang penyanyi. Mungkin Kiesza bisa mendengarkan album “Sirens” milik Gorgon City tadi, sebagai bahan studi banding untuk mengerjakan deep house yang tipikal, namun tetap memiliki ciri khas.

Lantas bagaimana dengan sisa lagu di album ini? Sayangnya mimikri tadi masih bisa ditemui. Padahal ternyata materi “Sound Of A Woman” tidak melulu deep house. Ia justru diisi oleh lagu-lagu pop yang lebih konvensional. Sebutlah balada minimalis ‘What Is Love’, yang aslinya merupakan lagu house klasik dari era 90-an milik Haddaway. Kiesza menyanyikan lagunya dengan kredibel. Memberikan emosi yang diperlukan. Tapi, entah kenapa versi aslinya masih terdengar lebih menggugah.

Dalam ‘Vietnam’ ia menarik periode waktu 80-an sebagai inspirasi. Hasilnya adalah disko synth-pop yang dengan mudah akan dikira merupakan produk dekade tersebut. Atau yang memiliki pendekatan setipe, ‘So Deep’. Hanya saja kali ini pop melankolis 80-an yang menjadi platform.

Di saat lain penyanyi yang bernama asli Kiesa Rae Ellestad ini mentransformasi dirinya menjadi diva RnB 90-an dalam track-track seperti ‘Losin’ My Mind’, yang menyalurkan aura Fugees dengan kental, meski tentu saja vokal Kiesza tak akan bisa menyamai Lauryn Hill. Sedang ‘Bad Thing’ yang menampilkan Joey Bada$$, hip hop disajikan secara lebih edgy.

Sebenarnya menarik mencermati perjalanan karir penyanyi 26 tahun asal Kanada ini. Dibesarkan sebagai balerina, ia kemudian nyaris menjadi seorang penembak jitu, saat bergabung bersama angatan laut. Tapi nasib tampaknya memiliki suratan lain buat dirinya. Ia hijrah ke New York dan mengejar karir sebagai musisi. Folk adalah musik yang biasa dibawakannya, sampai bertemu dengan Afurni yang memang terbiasa dengan musik pop dan dance serta house tentunya.

Selanjutnya tinggal sejarah. Duo ini pun berhasil melahirkan Kiesza sebagai penampil pop terkini. Tapi mungkin di lain kesempatan tampaknya Kiesza harus memikir ulang konsep musik yang dtawarkannya. Bukannya tak mumpuni, tapi tak punya ciri khas yang otentik. “Sound Of A Woman” terlalu bermain dengan banyak gaya sehingga sulit untuk meraba siapa Kiesza sebenarnya.

Pengecualian mungkin pada track ‘Piano’, sebuah power ballad yang atmosferik dan dreamy. Di sini Kiesza terdengar lebih versatile dan kaya secara dimensi. Pastinya memperlihatkan vokalnya yang memang bagus.

Jadi, “Sound Of A Woman” bukanlah album deep house murni seperti yang dijanjikan Kiesza dalam single-singlenya. Secara umum ia adalah sebuah album pop yang mengumpulkan banyak gaya yang sepertinya disukai oleh Kiesza. Syangnya, itu justru membuat kita sulit untuk bisa menyukai Keisza akan sosok dirinya yang utuh. Alih-alih album ini hanya sebuah sentimentalia akan memori yang dibangkitkan oleh lagu-lagunya.

Music Video: Hideaway

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes: Sound of a Woman – Kiesza

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Hideaway” 4:11
2. “No Enemiesz” 3:17
3. “Losin’ My Mind” (featuring Mick Jenkins) 3:51
4. “So Deep” 4:28
5. “Vietnam” 3:50
6. “Bad Thing” (featuring Joey Badass) 3:31
7. “What Is Love” 3:08
8. “Sound of a Woman” 3:46
9. “The Love” 3:57
10. “Piano” 4:28
11. “Giant in My Heart” 4:29
12. “Over Myself” 3:32
13. “Cut Me Loose” 3:53

Related posts

Leave a Reply