Trending News

Blog Post

Album of the Day: Pixie Lott – Platinum Pixie: The Hits
Album of The Day

Album of the Day: Pixie Lott – Platinum Pixie: The Hits 

Tak ada standar yang mengharuskan seorang artis untuk memenuhi kuota album tertentu sehingga diperbolehkan untuk merilis album kompilasi. Nama sebesar Spice Girls saja hanya menghasilkan 3 album studio sebelum akhirnya merilis sebuah kompilasi. Terselamatkan oleh rentang waktu yang panjang dan dampak yang begitu besar pada dunia pop, mereka seolah terselamatkan dari minimnya angka album tersebut. Lalu bagaimana dengan Pixie Lott? Ia juga punya jumlah album yang sama dengan Spice Girls, sebelum akhirnya memutuskan untuk merangkum perjalan musiknya dalam “Platinum Pixie- The Hits” ini. Tapi ia kalah telak dua faktor lain, yang mau tak mau harus menenggelamkannya pada kubangan pertanyaan, “mengapa begitu cepat?”

Uniknya album yang berisikan 15 lagu ini adalah ditata berdasarkan urut kronologis rilis, yang sayangnya terpaksa melewatkan dua moment yang dianggap kurang memberi efek: ‘What Do You Take Me For?’ dan ‘Lay Me Down’, serta menempatkan cover akustik ‘Use Somebody’ sebagai penutup, sebelum dua rekaman baru yang dihasilkan istimewa untuk album ini.

Kecerahan karir Pixie dalam ‘Mama Do (Uh Oh Uh Oh)’ beserta ‘Boys and Girls’ terkesan begitu menjanjikan. Dua single pertama yang ia rilis menjadikannya tak sekedar pendatang baru terpenting di masa itu, tapi juga front runner di barisan female artist. Boleh dikagumi musik yang ia bawakan sebagai pembawa nafas dengan aroma segar, tapi lebih dari itu, vokal yang Pixie punya tergolong yahud. ‘Cry Me Out’ dan ‘Gravity’ membuktikan pernyataan tersebut, meyakinkan setiap keraguan bahwa gadis muda ini bukan sekedar jual tampang cute, melainkan serius dengan musiknya.

Awal karir ini sekaligus menjadi puncak suksesnya. Ia bahkan sempat melakukan ekstensi terhadap album perdannya, “Turn It Up” kepada “Turn It Up Louder” sehingga mengakibatkan lebih dari setengah koleksi di album ini berasal dari moment tersebut. ‘Turn It Up’, ‘Broken Arrow’, dan ‘Coming Home’ yang menampilkan Jason DeRulo adalah tambahan untuk mempertebal kantung hit Pixie. Keunikan Pixie pun secara ajaib mengolah hit rock ‘Use Somebody’ menjadi track pop akustik dengan jaminan mutu.

Syukur untuk album keduanya, “Young Foolish Happy” Pixie masih sanggup menciptakan lagu no.1 ‘All About Tonight’. Pesona yang album ini coba tonjolkan adalah bagaimana kekuatan Pixie beradu dalam arus musik dancepop. Apakah ia akan tergerus, atau justru bisa berlabuh hingga ke garis finish untuk klaim juara. Jawabannya adalah ia agak finish belakangan, karena tampaknya corak musik ini, meskipun tinggi kadar komersilnya tapi justru tak bisa banyak bicara buatnya. ‘Kissing The Stars’ adalah lagu kedua dari album ini yang ikut dikemas dalam “Platinum Pixie”.

Merasa belum cukup puas untuk menggali potensi artistik diri, Pixie pun menampilkan album ketiga yang ia setir di jalur soul, terinspirasi oleh rekaman Motown. Ia merasa menemukan jiwanya di album ini. Dengan lagu-lagu orisinil seperti ‘Nasty’ dan ‘Break Up Song’, aransemen yang diciptakan seperti mesin waktu yang membawa pendengar pada satu masa tertentu untuk merasakan cita rasa musik yang begitu khas dan berkarakter. Selagi cocok dengan tema, ia kemudian mengambil ‘(Your Love Keeps Lifting Me) Higher’ dan ‘Caravan of Love’ yang dijadikan ajang pembuktian bahwa ia punya vokal yang tepat untuk membawakan genre ini, pas untuk menghidupkan kembali lagu-lagu klasik tersebut.

Dirilis mendekati moment Natal, “Platinum Pixie” menampilkkan ‘I Got Love for Xmas’ sebagai lagu baru dan original dari album ini. Seperti yang telah tertulis di atas, album ini mungkin tak akan pernah berhenti dipandang dari segi “mengapa?”. Seharusnya ia lebih cocok untuk dipandang dari segi lain, yaitu “berapa” besar pengalaman hibur yang telah Pixie buat salama ini, atau “berapa” besar kecintaan kita untuk rela menerima album ini dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

Music video: Caravan of Love

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes: Platinum Pixie – Hits – Pixie Lott

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Mama Do (Uh Oh, Uh Oh)” 3:18
2. “Boys and Girls” 3:04
3. “Cry Me Out” 4:06
4. “Gravity” 3:37
5. “Turn It Up” 3:18
6. “Broken Arrow” 3:38
7. “Coming Home” (feat. Jason Derulo) 3:38
8. “All About Tonight” 3:08
9. “Kiss the Stars” 3:16
10. “Nasty” 2:48
11. “(Your Love Keeps Lifting Me) Higher and Higher” 3:25
12. “Break Up Song” 3:49
13. “I Got Love For Xmas” 3:51
14. “Caravan of Love” 3:20
15. “Use Somebody” 3:08

Related posts

Leave a Reply