Trending News

Blog Post

10 Movie Stars Should Have a Record
Top 10 Lists

10 Movie Stars Should Have a Record 

Menyerahkan soundtrack kepada yang berhak, yaitu para penyanyi, merupakan hal lumrah yang dipastikan akan mengurangi beban dalam aspek produksi sebuah film. Tapi bagaimana jika soundtrack itu diisi oleh para pemain filmnya? Jika temanya musikal, ini hampir seperti sebuah keharusan. Jika tidak?

‘Cups’ dan ‘The Hanging Tree’ adalah dua contoh terbaru kesuksesan yang kejadian bagi para pemain film yang mencoba bernyanyi di film mereka. Yang membedakan keduanya adalah awareness. Anna Kendrick sadar betul akan aksinya ini, terkait tema “Pitch Perfect” memang musik, tapi tidak dengan Jennifer Lawrence. Desas-desus mengabarkan bahwa pemenang Oscar untuk perannya dalam film”Silver Linings Playbook” itu menangis tatkala dipaksa menyanyi dalam salah satu installment untuk film “The Hunger Game”. Well, kesuksesan komersil yang ‘The Hanging Tree’ dapatkan tampaknya menghapus cela Jen di urusan tarik vokal.

Yang paling aman adalah mengkasting penyanyi asli untuk menampilkan musical sequence dalam sebuah film, seperti Mandy Moore untuk ‘Stupid Cupid’ dalam “Princess’ Diaries” dan Idina Menzel untuk ‘Let It Go’ dalam animasi mega “Frozen”. Bayangkan betapa hancurnya jika setiap musical sequence akan tampil seperti mendiang Heath Ledger dalam “10 Things I Hate About You” atau Cameron Diaz dalam “My Best Friend’s Wedding”. Atau paling tidak seperti Drew Barrymore, yang meminjam vokal orang lain untuk film “Music and Lyrics”.

Tapi bukan berarti pemain film yang bernyanyi dalam film mereka akan meremukredamkan film sekaligus karir mereka. Bahkan ada yang terbaik sehingga membuat kita percaya kalau mereka layak untuk merilis album studio. Siapa-siapa saja mereka?


1. Amy Adams

Di tahun 2007, Amy Adams mendebut vokalnya untuk film gabungan antara animasi dan live action yang bertemakan musikal produksi Disney, “Enchanted”. Ia menyanyikan setengah dari total 6 lagu berlirik yang mengisi soundtrack film tersebut. Yang lebih luar biasa dari itu adalah penampilannya di ajang Oscar menyanyikan ‘Happy Working Song’, yang diunggulkan untuk Best Original Song di 80th Academy Awards, benar menunjukkan kualitas vokalnya sebagai penyanyi. Pengalaman tarik suaranya bertambah di dua film selanjutnya, “Miss Pettigrew Lives for a Day” dan “The Muppets”.


2. Gwyneth Paltrow

Oke, Gwyneth Paltrow memang belum memiliki karir musik seutuhnya. Tapi ia tidak berhutang kesempatan di dunia seni musik ini dari mantan suaminya, Chris Martin, yang adalah frontman band Coldplay. Suara Gwyneth mulai diekspos untuk film “Duets”, dimana ia berduet dengan Huey Lewis dan Babyface, juga bernyanyi solo untuk lagu ‘Bette Davis Eyes’. Di era ini, kebangkitan vokal Gwyneth terjadi dalam moment galau ‘Turning Tables’ yang ia tampilkan untuk “Glee”. Ia sukses menjadikan ‘Forget You’ sebagai salah satu lagu cover terlaris yang pernah dihasilkan oleh serial musikal tersebut. Di tahun 2010, Gwyneth juga beraksi dalam ranah country untuk film “Country Strong” yang memasangkan dirinya dengan superstar Tim McGraw.


3. Nicole Kidman

We love Nicole Kidman, her acting, and her singing voice. Berkat “Moulin Rouge!”, kita tahu kalau Nicole adalah vokalis yang handal. Mulai dari balada ‘One Day I’ll Fly Away’ hingga musikal yang intens ‘Sparkling Diamonds’ ia kuasai dengan sempurna. Ini yang kemudian membuatnya tambah bersinar saat harus beradu akting dan beradu vokal dengan para aktris lain dalam film “Nine”. Di luar film, Nicole juga menyumbangkan suaranya untuk album Robbie Williams, Lenny Kravitz, dan sang suami, Keith Urban.


4. Zachary Levi

Jika ada seorang aktor yang memiliki warna vokal sepolos parasnya, Zachary Levi adalah orangnya. Tampaknya duet dengan Katharine McPhee untuk lagu ‘Terrified’ menjadi pertimbangan terbaik cast director untuk menggunakan jasanya sebagai salah satu pengisi suara di film “Tangled” yang mendapat bagian untuk bernyanyi duet dengan Mandy Moore dalam lagu unggulan Oscar ‘I See the Light’. Semakin akrab dengan olah vokal, Zac pun ambil bagian dalam pementasan Broadway, “First Date” yang pasti akan semakin mengasah kemampuannya di bidang ini.


5. Kate Winslet

Meskipun sangat minim, tapi vokal Kate Winslet yang mendendangkan lagu ‘Come Josephine, in My Flying Machine’ saat berjuang mempertahankan hidupnya pasca tenggelamnya Titanic adalah sebuah moment yang sangat kaya. Lagu ini kemudian muncul sebagai intro untuk lagu penuh oleh Maire Brennan dalam album “Back to Titanic”, memberi kesempatan bagi kita untuk mendengarkan vokal murni Kate kapanpun. Jika itu masih kurang, Kate menyanyikan ‘What If’ secara penuh untuk lagu tema film animasi “A Christmas Carol”, yang di masanya membuat kita terperanjak, karena suara Kate sangat mirip dengan suara Billy Gilman.


6. Kate Hudson

From one Kate to another. Kate Hudson merupakan salah satu powerful woman yang ikut menggundahgulanakan hati Daniel Day Lewis dalam film “Nine”. Di sana, ia bernyanyi seksi dengan koreografi penuh untuk lagu ‘Cinema Italiano’. Vokal Kate yang prima terekspos ulang dalam beberapa episode “Glee” di season keempatnya, dengan mash-up ‘Americano/Dance Again’ sebagai penampilan terbaik sang bintang.


7. James Marsden

Tahun 2007 adalah tahun puncak bagi James Marsden untuk pamer vokal dalam film-filmnya. Dua film bertemakan musikal, “Hairspray” dan “Enchanted” menghantarkan James pada penampilkan vokal terbaiknya. Tipe suara yang memberat ke opera tidak menyusahkannya untuk mengolah lagu-lagu yang harus ia nyanyikan untuk soundtrack kedua film tersebut. Sebelum ini, James pernah menyanyi juga untuk film “Gossip” dan serial “Ally McBeal”.


8. Tom Cruise

Kita sebut saja ia beruntung, karena saat dituntut untuk bernyanyi dalam filmnya, Tom Cruise di-backup oleh produser pop rock yang handal. Adam Anders dan tim yang terdiri dari Peer Astrom, Adam Shankman, dan Matt Sullivan bahu-membahu memberikan arahan yang tepat pada faktor penting film “Rock of Ages” ini. Terlibat setidaknya dalam 8 dari 20 track, vokal Tom ikut beradu dengan nama-nama profesional di bidang ini, seperti Julianne Hough dan juga Mary J. Blige. Skor yang ia dapatkan tentu tinggi sehingga mampu menembus daftar yang kita susun.


9. Kristen Bell

https://www.youtube.com/watch?v=78jqpeRH0n4

Kita sudah banyak disuguhi “penampakan” suara aktris cantik Kristen Bell yang renyah. Salah satunya yang paling legendaris adalah saat ia menyuarakan tokoh misterius “Gossip Girl”. Tapi di tahun 2013 ia baru memamerkan suaranya bernyanyinya yang ternyata tak kalah renyah. Ia men-tackle drama ‘Do You Want to Build a Snowman?’ dan ‘For the First Time in Forever’ dengan dramatis, serta membawakan duet ‘Love Is an Open Door’ dengan sangat romantis. Itu yang membawanya pada penampilan serius lanjutan di bidang musik dalam duet bersama Straight No Chaser di akhir 2014, ‘Text Me Merry Christmas’.


10. Keira Knightley

https://www.youtube.com/watch?v=sLTRSakuugs

Secara pribadi, saya menilai singing voice Keira Knightley tidak sebegitu mengejutkan dengan penampilan vokal Kate Winslet ataupun Nicole Kidman. Tapi saat menyanyi untuk film “Begin Again”, kesederhanaan vokalnya ngena dengan makna lagu, terutama ‘Lost Stars’, dan itu memberi kepercayaan kalau ia bisa. Dan ternyata, Keira juga sudah mulai nyanyi sejak 2007, di salah satu sekuel film “Pirates of the Caribbean”, dilanjut lebih banyak dan mendalam di film “The Edge of Love” di tahun 2008. So, masih ragu dengan vokalnya? Agaknya tidak lagi.


(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply