Trending News

Blog Post

Album of the Day: Fall Out Boy – American Beauty American Psycho
Album of The Day

Album of the Day: Fall Out Boy – American Beauty American Psycho 

Released by: Universal Music Indonesia

Setelah kembali dari hiatus pada tahun 2013 lalu, Fall Out Boy menunjukkan bahwa mereka bukan hanya sekedar reuni tetapi mereka juga ingin terus memberikan karya terbaik mereka untuk para fans karena berselang kurang lebih 2 tahun sejak album ‘Save Rock and Roll’ direlease, pada tahun 2015 ini Fall Out Boy kembali merelease album terbaru mereka yang diberi judul ‘American Beauty/American Psycho‘. Melihat padatnya jadwal Fall Out Boy tour ke seluruh dunia dan juga tampil di berbagai acara mulai dari NBA All Star hingga Victoria’s Secret Fashion Show, sungguh sebuah hal yang cukup mengejutkan untuk mereka bisa mengerjakan sebuah album dalam waktu yang cukup singkat di tengah kesibukan mereka yang luar biasa. Mungkin membuat sebuah album dalam waktu singkat bukanlah sebuah hal besar, namun yang menjadi pertanyaan adalah bisakah Fall Out Boy tetap membuah sebuah album yang berkualitas dalam waktu yang cukup singkat? Seperti apa album terbaru mereka ini? Apakah mereka masih mengandalkan formula yang sama atau mereka kembali ber-eksperiment? Mari kita coba simak bersama-sama.

Melihat lebih jauh ke dalam album berisi 11 tracks ini, ‘American Beauty/American Psycho’ ditulis oleh Fall Out Boy dan diproduseri oleh Butch Walker dan Sebastian. Butch Walker adalah orang yang sudah sering bekerja sama dengan Fall Out Boy dan album ‘Save Rock and Roll’ juga adalah hasil kerja sama dari Fall Out Boy dan Bucth Walker. Kali ini tidak hanya Butch Walker, tetapi Fall Out Boy juga mengajak Sebastian untuk memproduseri album ini. Sebastian adalah seorang DJ/Produser asal Perancis dan ini adalah pertama kalinya Sebastian bekerja sama dengan Fall Out Boy. Bagi kalian yang berharap Fall Out Boy akan kembali membuat album seperti ‘From Under The Cork Tree’ atau ‘Take This To Your Grave’ maka bersiaplah untuk kecewa namun bagi kalian yang menyukai album ‘Save Rock and Roll’ dan suka dengan inovasi yang terus dilakukan oleh Fall Out Boy maka saya pastikan anda akan sangat menyukai ‘American Beauty/American Psycho’. Secara garis besar, sesuai dengan janji Pete Wentz, album ini mempunyai sound yang berbeda dengan album-album sebelumnya.

Hal ini bisa didengar dalam ‘Irresistable’ yang menjadi lagu pembuka untuk album ini. Intro lagu ini dibuka oleh bunyi dari trumpet yang repetitive di sepanjang lagu sehingga menjadi addictive dan hook yang berada di bagian chorus adalah 2 kekuatan dari lagu ini.

Track selanjutnya ada self-titled track dari album ini. ‘American Beauty/American Psycho’ adalah sebuah lagu fast pace dengan sentuhan rock 90an yang akan membuat pendengarnya menghentakkan kaki mengikuti beat dari lagu ini. Selanjutnya ada single pertama untuk album ini, sebuah lagu berjudul ‘Centuries’ dimana dalam lagu ini Fall Out Boy menggunakan sampling dari 2 lagu klasik yaitu ‘Tom’s Diner’ dari Suzanne Vega dan juga ‘Too Fast For Love’ dari Motley Crue. Kemampuan Fall Out Boy dalam meracik lagu ini dalam balutan kedua sampling tersebut patut diacungi jempol karena berhasil membuat lagu ini terdengar fresh. ‘These Kids Aren’t Alright’ adalah sebuah lagu pop rock ballad yang mengingatkan kita akan salah satu lagu Fall Out Boy yang berjudul ‘What A Catch Donnie’. Sedangkan ‘Novocaine’ adalah sebuah lagu dengan heavy guitar riff dan memiliki vibe yang mirip dengan ‘The Phoenix’ dari album Save Rock and Roll. Kemampuan Fall Out Boy dalam membuat sebuah lagu pop rock yang catchy juga masih bisa kita dengar dalam ‘Fourth of July’ dan juga ‘Favorite Record’. Kedua lagu ini menjadi favorit karena chorusnya yang sing a long dan musiknya yang cenderung pop-ish sehingga mudah diterima. Namun, satu lagu yang stand out dan dijamin akan mencuri perhatian adalah sebuah lagu yang berjudul ‘Uma Thurman’. Dalam lagu ini Fall Out Boy menggunakan sampling dari TV series tahun 1960 yaitu The Munsters dan lagi-lagi Fall Out Boy berhasil meracik lagu ini menjadi sebuah lagu yang baru yang fresh. Bunyi horns serta guitar lick dari theme TV series tersebut berpadu menjadi satu kesatuan dengan beat drum dan sentuhan riff guitar dengan distorsi sehingga membuat sampling tersebut tidak hanya terdengar seperti gimmick.

Secara keseluruhan, Fall Out Boy berhasil membuktikan diri bahwa mereka tidak hanya bermain aman dan ingin terus berinovasi dengan musiknya. Tidak mudah untuk mengambil sampling sebuah lagu lain dan meramunya sehingga tidak terdengar cheesy dan old, namun eksperimen yang dilakukan Fall Out Boy dengan berbagai sampling dalam album ini bisa dikategorikan berhasil. Secara komersil, album ini berhasil debut di posisi pertama dalam US Billboard Album Chart serta debut di posisi 2 dalam UK Album Chart dan para critic-pun juga memberikan review yang positif untuk album ini. Fall Out Boy membuktikan bahwa comeback mereka ke industry music bukan hanya sebagai project iseng-iseng but Fall Out Boy is here to stay and keep making good music !!!

Music Video: American Beauty/American Psycho

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy single on iTunes: American Beauty / American Psycho – Fall Out Boy

(William Supardi / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Irresistible” 3:26
2. “American Beauty/American Psycho” 3:15
3. “Centuries” 3:51
4. “The Kids Aren’t Alright” 4:20
5. “Uma Thurman” 3:31
6. “Jet Pack Blues” 2:59
7. “Novocaine” 3:46
8. “Fourth of July” 3:44
9. “Favorite Record” 3:23
10. “Immortals” 3:09
11. “Twin Skeleton’s (Hotel in NYC)” 3:40

Related posts

Leave a Reply