Trending News

Blog Post

Album of the Day: Mark Ronson – Uptown Special
Album of The Day

Album of the Day: Mark Ronson – Uptown Special 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Meski juga berstatus sebagai DJ, jangan harapkan Mark Ronson untuk membawakan lagu-lagu EDM seperti yang sedang semarak saat ini. Lagi pula, di dua dekade lebih ia berkiprah di dunia musik, Ronson sudah menabalkan namanya sebagai musisi yang lebih mengedepankan musik yang soulful ketimbang balutan musik mesin belaka. Dan kini hadirlah album keempatnya, “Uptown Special“, yang membawa sesuatu yang spesial untuk dinikmati.

Ronson tampaknya juga tak ingin terlewat merangkul trend revival funk yang dibuktikan dengan single terpanasnya, ‘Uptown Funk’. Tapi ia tidak sendiri karena ada Bruno Mars yang bertugas sebagai pengisi vokal. Tentunya tidak usah diragukan lagi kemampuan Mars dalam membawakan geliat lagu funk seperti ini yang dilakoninya dengan mulus. Hasilnya memang menggoda, dan tidak heran jika ‘Uptown Funk’pun menuai sukses.

Album “Uptown Special” ini sendiri memiliki corak dan warna tidak jauh berbeda dari ‘Uptown Funk’. Bukan berarti semua lagu di album ini adalah lagu-lagu funk, meski kebanyakan memang iya, tapi bagaimana Ronson merangkul aura dekade 80-an dengan penuh di dalamnya. Seolah-olah “Uptown Special” memang dikerjakan dan dirilis di dekade tersebut.

Gelagat ini sudah ditunjukkan semenjak track pertama, yang lebih tepat bertugas sebagai prelude, ‘Uptown’s First Finale’. Istimewanya lagi, ada nama legendaris Stevie Wonder yang membantu Ronson di sini, bersama dengan Andrew Wyatt (Miike Snow), meski tentunya kolaborasi Ronson dan Wonder memiliki kinetika yang lebih ciamik di track penutup album, lengkap dengan harmonika khas ala Wonder. Jeff Basker menggantikan posisi Wyattt di sini.

Menyimak “Uptown Special” kita pun menyadari betapa besar referensi dekade 80-an yang dimiliki oleh Ronson. Dan kemungkinan ia khatam mendengarkan mereka bukanlah hal yang aneh. Dan itu tercetak dengan jelas dalam album ini.

‘Daffodils’ yang menampilkan vokal Kevin Parker masih percaya pada kekuatan funk, tapi patut dicermati bagaimana vokal Parker terdengar lebih kekinian ketimbang seharusnya. Atau coba bandingkan dengan nomor disko ‘I Can’t Lose’ dengan Keystone Starr sebagai pengisi vokal. Instrumen dengan mapan menampilkan suasan 80-an tadi dengan tebal, meski vokal Starr, yang dipengaruhi oleh RnB, terdengar seperti penyanyi masa kini yang menyanyikan hits RnB masa kini pula.

Apakah Ronson sengaja? Karena sebagian besar lagu dalam “Uptown Special” mengalami pendekatan yang serupa, dimana ia ingin membuat lagunya terdengar vintage dan kontemporer sekaligus? Mungkin saja. Tapi yang jelas Ronson memang ingin mengemulasi 80-an tadi dengan penuh. Jadi, selain funk dan nomor-nomor berbau Motown, ada juga disko seperti ‘I Can’t Lose’ tadi, album juga menyediakan ruang untuk track seperti ‘Crack in the Pearl’, sebuah pop yang sedikit bercorak new wave atau disko rock ‘In Case of Fire’ yang menampilkan vokal Jedd Bhasker.

Lagu-lagu dalam “Uptown Special” begitu asyik untuk didengar. Ronson tampak telaten dalam mengerjakan setiap tracknya. Jelas terbaca jika ia dengan penuh tekad ingin mengadopsi semangat 80-an tadi dengan sempurna. Jika tujuannya itu, maka bisa dikatakan ia berhasil. Selamat!

Tapi tunggu dulu. Tetap ada yang mengganjal. Alih-alih terdengar organis atau tulus, “Uptown Special” lebih terdengar seperti sebuah mimikri. Sebuah proses emulasi yang lebih cenderung ingin meniru, ketimbang menghadirkan “soul” tadi. Ini ditandai dengan terlalu banyaknya kemiripan lagu-lagu di dalam “Uptown Special” dengan lagu-lagu periode waktu yang ingin diemulasinya.

Alih-alih mengolah materi “baru” berdasarkan dekade 80-an, Ronson justru memanfaatkan referensi-nya yang luas untuk meminjam mereka dan kemudian meramunya dalam pendekatan kekinian. Walhasil, agak sulit untuk meraba ciri khas atau orisinalitas dalam “Uptown Special”.

Tetap saja “Uptown Special” adalah album yang menarik untuk disimak. Produksi yang mapan dan lagu-lagu yang menyenangkan. Hanya saja, kita membutuhkan kedalaman yang lebih dari ini kalau album ini benar-benar mau dianggap “special“.

Music Video: Uptown Funk

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes: Uptown Special – Mark Ronson

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Uptown’s First Finale” (featuring Stevie Wonder & Andrew Wyatt) 1:38
2. “Summer Breaking” (featuring Kevin Parker) 3:07
3. “Feel Right” (featuring Mystikal) 3:42
4. “Uptown Funk” (featuring Bruno Mars) 4:29
5. “I Can’t Lose” (featuring Keyone Starr) 3:16
6. “Daffodils” (featuring Kevin Parker) 4:58
7. “Crack in the Pearl” (featuring Andrew Wyatt) 2:25
8. “In Case of Fire” (featuring Jeff Bhasker) 4:33
9. “Leaving Los Feliz” (featuring Kevin Parker) 4:18
10. “Heavy and Rolling” (featuring Andrew Wyatt) 3:57
11. “Crack in the Pearl, Pt. II” (featuring Stevie Wonder & Jeff Bhasker) 2:16

Related posts

Leave a Reply

windows 10 pro kaufen office 2019 pro kaufen office 365 pro kaufen windows 10 home kaufen windows lizenz kaufen instagram follower kaufen tiktok follower kaufen windows 10 pro satın al office 2019 pro satın al office 365 pro satın al windows 10 home satın al windows lisans satın al windows 10 satın al