Trending News

Blog Post

Album of the Day: Various Artists – 2015 Grammy Nominees
Album of The Day

Album of the Day: Various Artists – 2015 Grammy Nominees 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Saat panitia Grammy mengumumkan para unggulan menjelang akhir 2014 lalu, banyak terlihat nama-nama populer yang mengindikasikan ke-mainstream-an Grammy. Tapi itu bukan menjadi alasan untuk mengesampingkan penghargaan musik terbesar dunia ini, apalagi memandangnya sebelah mata. Karena apapun yang terjadi, Grammy tetap menjadi poros gerakan musik dunia.

Melanjutkan tradisi yang dibangun sejak 1995, “2015 Grammy Nominations” hadir sebagai produk incaran pra penyelenggaraan acara. Para kompilator yang bertugas untuk pilah-pilih lagu berhasil menjaring 21 track untuk kemudian dirilis oleh RCA yang mendapat tanggung jawab untuk mengedarkan album di tahun ini. Pilihan mereka jatuh pada kategori-kategori di bidang umum, pop, dan country.

Antara Record dan Song of the Year, hanya terdapat satu perbedaan, yaitu ‘Fancy’ tampil di Record dan ‘Take Me to Church’ di Song. Ini berakibat baik pada kuantitas kategori yang album bisa tampilkan. Kompetisi di dua kategori tersebut melibatkan keistimewaan musik ‘Stay With Me’, pesona old school ‘All About That Bass’, keunikan ‘Chandelier’, serta transformasi musik si penampil dalam ‘Shake It Off’. Kenyataan kalau lagu-lagu tersebut laku di pasaran pun akan berimbas baik pada kuantitas penjualan album.

Senang melihat para unggulan untuk kategori Album of the Year. Nama-nama tersebut hadir dari belantara yang berbeda, memberikan kualitas richness. Yang terbaik dari setiap album pun diajak untuk memberi kemeriahan disini. Megahit, superhit, smash hit, jelas yang terpilih dari belasan lagu yang tampil di album masing-masing. ‘Stay With Me’, ‘Drunk in Love’, ‘Blue Moon’, ‘Sing’, dan ‘Come Get It Bae’ menghadirkan peson yang beda-beda satu sama lain.

Jangan salahkan pop jika ia selalu muncul setiap kali album ini dikemas. Nilai dari kepopuleran genre musik ini akan selalu menjadi alasan yang tak terpatahkan. Dua kategori berupa Best Pop Vocal Album dan Best Pop Solo Performance menjadi jualan terbaik yang album punya. Ini giliran Ariana Grande dan Miley Cyrus yang teriak bahagia atas kali pertama mereka bisa gabung dalam daftar hot ini. ‘Wrecking Ball’ dan ‘Problem’ tak kalah semarak dengan nama-nama yang sudah bisa ikut serta, seperti Katy Perry dan Coldplay. ‘Dark Horse’ dan ‘A Sky Full of Stars’ akan memberi persaingan yang ketat, berikut dua rekaman yang juga diunggulkan di kategori umum, Sam Smith ‘Stay With Me’ dan Ed Sheeran ‘Sing’.

Cerita ‘Stay With Me’ belum berakhir sampai disitu, karena masih ada satu kategori lagi yang ia wakilkan, Pop Solo, dimana ia akan kembali beradu aksi dengan ‘Chandelier’ dan ‘Shake It Off’ yang juga sudah punya cerita sebelumnya. Dua nomor lain adalah ‘All of Me’ dan ‘Happy’ yang keduanya dihadirkan dalam versi live, sesuai dengan penempatan di lajur nominasi.

Beralih ke bidang country, dimana Best Country Duo/Group Performance hadir, menggantikan Best Country Album yang tampil di tahun sebelumnya. Meskipun menawarkan pesona country yang berbeda-beda, kolaborasi maupun nama grup di kategori ini menampilkan “keganasan” masing-masing. Setiapnya pun tergolong sweetheart Grammy, sehingga sebenarnya agak susah melihat siapa yang akan tampil sebagai juara nanti. ‘Gentle on My Mind’, ‘Meanwhile Back at Mama’s’, Somethin’ Bad’, ‘Day Drinking’, dan ‘Raise ‘Em Up’ menyempurnakan produk suvenir dari acara yang imbasnya tahan lama ini. Selain mewakilkan para unggulannya dengan sempurna, kompilasi “2015 Grammy Nominees” pun mewakilkan corak musik terbaik dalam rentang 12 bulan ke belakang dengan sangat sempurna.

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes: 2015 GRAMMY Nominees – Various Artists

TRACKLIST
1. “Shake It Off” Taylor Swift 3:39
2. “Fancy” Iggy Azalea featuring Charli XCX 3:18
3. “Sing” Ed Sheeran 3:53
4. “Problem” Ariana Grande featuring Iggy Azalea 3:13
5. “All About That Bass” Meghan Trainor 3:08
6. “Dark Horse” Katy Perry featuring Juicy J 3:35
7. “A Sky Full of Stars” Coldplay 3:56
8. “Wrecking Ball” Miley Cyrus 3:42
9. “Chandelier” Sia 3:36
10. “All of Me” (Live) John Legend 4:59
11. “Take Me to Church” Hozier 4:01
12. “Drunk in Love” Beyoncé featuring Jay Z 5:23
13. “Come Get It Bae” Pharrell Williams 3:22
14. “Stay with Me” (Darkchild Version) Sam Smith 2:51
15. “Blue Moon” Beck 4:00
16. “Raise ‘Em Up” Keith Urban featuring Eric Church 3:03
17. “Gentle on My Mind” The Band Perry 3:09
18. “Meanwhile Back at Mama’s” Tim McGraw featuring Faith Hill 3:47
19. “Somethin’ Bad” Miranda Lambert with Carrie Underwood 2:49
20. “Day Drinking” Little Big Town 2:58
21. “Happy” (Live) Pharrell Williams 3:21

Related posts

Leave a Reply