Trending News

Blog Post

Classic: Katharine McPhee – Katharine McPhee
Album of The Day

Classic: Katharine McPhee – Katharine McPhee 

Current. Itulah kualitas Katharine McPhee yang diidentifikasi oleh Simon Cowell saat ia audisi untuk American Idol season 5. Gemilangnya prestasi Kat menjadikannya sebagai runner-up dalam ajang pencarian bakat TV terpanjang tersebut. Meskipun tak dijanjikan untuk mendapat kontrak, tapi Kat berhasil digaet RCA Records untuk merilis album debutnya “Katharine McPhee“, yang hanya berselang satu bulan dari perilisan album sang juara, Taylor Hicks.

Satu yang paling menonjol dari album ini adalah ia mengintimidasi Kat pada brand yang Simon kukuhkan untuknya. Itu mengapa ‘Over It’ dan ‘Love Story’, dua single andalan dari album ini melepas segala pesona yang Kat punya dalam vokalnya. Sulit memang untuk melupakan moment gemilang yang Kat punya lewat ‘Somewhere Over The Rainbow’, itu mengapa gerak-gerik promo album ini terasa janggal dan sama sekali tidak mengindahkan kualitas vokal sang artis.

Padahal sebenarnya, album dengan selusin track ini masih menawarkan item-item yang bisa menjorok pada kekuatan vokal. Lagu-lagu balada yang demanding seperti ‘Better Off Alone’, ‘Ordinary World’, ataupun ‘Home’ sangat pantas sebagai pentas pamer vokal, meskipun taruhannya adalah uji komersil yang belum tentu dapat dimenangkan. Memang lebih exciting mendengar ‘Open Toes’ yang radio friendly ketimbang tiga lagu “lemas” di atas, tapi mengingat nama Katharine McPhee yang sebenarnya identik sebagai kick-ass singer, yang balada justru yang lebih mempesona.

Balik ke current tadi, dukungan yang Kat punya untuk album ini pun berasal dar nama-nama yang menonjol dalam circa tersebut. Nate Hills alias Danja, Kara DioGuardi, Emanuel Kiriakou, Harvey Mason, Jr., hingga Balewa Muhammad dan Walter Afanasieff memberi andil dalam peran Kat sebagai motor untuk karya mereka. Yang cukup mengesankan adalah nama-nama lintas era seperti John Shanks, Josh Alexander dan Billy Steinberg, serta Babyface yang ikut memberi warna terang terhadap album.

Goal untuk “Katharine McPhee” sebenarnya tak jauh dari titik komersil untuk menguatkan posisi sang artis sebagai pendatang baru yang diperhitungkan. Sayangnya meleset, hingga harus mengorbankan artis seberbakat Kat lepas dari dekapan labelnya. Padahal dalam album ini ada kekuatan yang bisa mendorongnya untuk tampil prima di chart. Saya pilih ‘Better Off Alone’, ‘Everywhere I Go’, dan tentu saja ‘Over It’ sebagai tiga lagu terenak. Karena kebanyakan dihuni oleh lagu-lagu pop berorientasi R&B seperti ‘Dangerous’, ‘Not Ur Girl’, ‘Do What You Do’, dan ‘Neglected’, album ini melunturkan pesonanya untuk menampilkan ragam. But still, as a fan, saya justru paling memfavoritkan album ini dari album Kat lainnya.

Music Video: Love Story

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes:Katharine McPhee – Katharine McPhee

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Love Story” 3:08
2. “Over It” 3:35
3. “Open Toes” 3:23
4. “Home” 4:07
5. “Not Ur Girl” 3:58
6. “Each Other” 3:59
7. “Dangerous” 3:51
8. “Ordinary World” 3:50
9. “Do What You Do” 3:13
10. “Better Off Alone” 4:04
11. “Neglected” 4:50
12. “Everywhere I Go” 3:48

Related posts

Leave a Reply