Trending News

Blog Post

Top 10 YouTubers
Top 10 Lists

Top 10 YouTubers 

Seiring dengan perkembangan masif internet, YouTube merupakan situs yang perkembangannya sedang menuju puncak dan menjadi salah satu media utama seorang musisi mempromosikan musiknya ke dunia luar. Sebut saja Justin Bieber, Greyson Chance, The Vamps, dan banyak selebriti lainnya yang memulai karir melalu YouTube. Sebutan “YouTubers” adalah sebutan untuk orang-orang yang memiliki viewers regular, dan sebenarnya YouTubers terdiri dari kategori yang berbeda-beda. Kali ini, Creative Disc akan membahas 10 YouTubers yang memiliki subscribers terbanyak.


10. Alex Goot (gootmusic, 2.131.189 subs)

Musisi asal New York ini sudah lebih dulu terkenal dari media sosial seperti MySpace dan websitenya sendiri sejak tahun 2004. Di usia 16 tahun, Alex sudah memiliki fanbase loyal yang bahkan bahu membahu membantu Alex Goot dalam pembuatan albumnya, seperti album original pertamanya, In Your Athmosphere yang didanai fans melalui KickStarter. Ya, selain lagu cover, Alex memang produktif membuat lagu-lagunya sendiri. Seperti YouTubers lain, Alex juga rajin berkolaborasi dengan YouTubers lain seperti Against The Current, Alex G, Tyler Ward dan Luke Conard. Alex bahkan sempat menyutradai video klip Against The Current yang berjudul Closer, Faster. Selain sibuk dengan channel YouTube, Alex sibuk tur di berbagai Negara, yang tak disangka, selalu sukses! Terbukti dari kedatangan Alex ke Jakarta 2014 lalu bersama Against The Current, sukses Mengguncang Foundry No.8!


9. Tiffany Alvord (TiffanyAlvord, 2.421.675 subs)

Tiffany memulai karirnya di YouTube pada usia 15 tahun. Tiffany adalah salah satu YouTuber yang rajin konser di berbagai negara, dan Indonesia jadi salah satu negara yang pernah didatangi Tiffany. Salah satu performance terbesar Tiffany adalah penampilannya di Times Square di tahun baru 2012 di Nivea Stage bersama Carly Rae Jepsen, Train, PSY dan Taylor Swift. Tiffany telah menghasilkan 6 album, yang terdiri dari 3 album berisi lagu-lagu cover dan 3 album berisi lagu-lagu original ciptaannya. Video cover The One That Got Away yang di cover bersama Chester See pada 2011 lagu merupakan video Tiffany dengan viewers terbanyak, yaitu lebih dari 30 juta viewers.


8. Jon Cozart (Paint, 2.769.277 subs)

Video “Harry Potter in 99 seconds” yang berisi rangkuman cerita Harry Potter menjadi viral di internet pada 2011. Jon Cozart, nama asli dibalik channel Paint ini sukses membuat beberapa video yang menjadi viral di internet karna keunikan kontennya, yang kebanyakan adalah lagu yang berisi parody rangkuman cerita-cerita yang sudah lebih dulu terkenal, seperti cerita dongeng Disney.


7. Christina Grimmie (Zeldaxlove64, 2.838.772 subs)

Cewek kelahiran 1994 asal New Jersey ini mulai terkenal di internet lewat cover Party In The USA milik Miley Cyrus, 2009 lalu. Saat ini, video Party In The USA telah ditonton sebanyak 12 juta kali. Nama Zelda di ambil dari The Legend of Zelda. Selain YouTube, Christina juga sempat menjadi backing vocal Selena Gomez di beberapa konsernya, dan menjadi opening act Jonas Brothers dan AllStar Weekend di Concert of Hope. Christina telah memiliki 2 album original berjudu Find Me yang dirilis pada 2011 dan With Love yang dirilis pada 2013.


6. Megan Nicole (Megannicolesite, 2.952.637 subs)

Tahun 2009, cewek kelahiran tahun 1993 ini memulai karir YouTube nya lewat cover Use Somebody milik Kings of Leon. Sayangnya, Megan belum berani nekat mengadakan live shows di berbagai negara seperti YouTubers lain yang sukses tenar melalui internet. Selain lagu-lagu cover dan kolaborasinya bersama YouTubers lain, Megan merilis EP berjudul “Escape” pada 2014 lalu. Di tahun 2012, Megan berhasil mencapai peringkat 29 dalam Billboard Social 50. Dengan bakat musiknya yang telah mencapai jutaan viewers di YouTube, agak disayangkan bahwa perkembangan karir Megan Nicole termasuk lambat. Kurangnya lagu original yang diciptakan dan sangat jarangnya Megan Nicole mengadakan live show, membuat ketenarannya seakan hanya sebatas lewat layar computer.


5. Cimorelli (3.074.357 subs)

Grup vokal yang berisi 6 bersaudara; Christina, Katherine, Lisa, Amy, Lauren, dan Dani ini rutin mengunggah video-video cover mereka di YouTube sejak tahun 2007. Pada 2009, video cover Party In The USA ‘ditemukan’ oleh Sarah Stennett melalui anaknya yang merupaka subscriber Cimorelli di YouTube. Sarah Stennett ternyata adalah seorang manajer artis yang juga memanajeri Sugababes dan Jessie J. Cimorelli resmi di kontrak Universal Records sejak 2010 dan sudah merilis beberapa EP seperti CimFam, Believe It, Made in America dan Renegada, yang semuanya berisi campuran lagu original dan lagu cover.


4. Matty Morris (MattyBRaps, 3.376.774 subs)

Ini dia YouTuber yang paling menggemaskan! MattyB memulai karir YouTube nya sejak usia 7 tahun. Bocah 12 tahun ini terkenal karna bakat rap nya di YouTube, dimulai dengan cover Eenie Meenie milik Justin Bieber pada 2010 lalu, yang mendapat 500,000 views di minggu pertamanya. Selain bakat rap nya yang luar biasa di usia yang masih sangat muda, sikap adorable MattyB juga dibuktikan dari lagu-lagu covernya yang didedikasikan untuk adiknya, Sarah, yang berkebutuhan khusus. Sebut saja covernya bersama Tyler Ward, Just the Way You Are milik Bruno Mars, Little Things milik One Direction, True Colors milik Cindy Lauper, serta beberapa lagu lainnya. MattyB merupakan peringkat ke-19 kategori “21 Under 21” Billboard 2013.


3. Kurt Hugo Schneider (kurthugoschneider, 5.084.768 subs)

Satu lagi musisi hebat yang bakatnya menggemparkan YouTube. Kurt Hugo mahir mengaransemen lagu, menjadi produser rekaman, bahkan sutradara video musik. Cowok kelahiran Maryland ini paling rajin bekerjasama dengan musisi YouTube lainnya. Awal karir YouTubenya diawali dengan kolaborasinya bersama Sam Tsui. Kurt memang tidak selalu menjadi frontman yang membawakan cover, Kurt lebih banyak mengiringi musisi lain seperti Sam Tsui, Alex Goot, Tiffany Alvord, Victoria Justice, Kina Grannis, dan sebagainya. Hingga sekarangpun, Sam Tsui jadi musisi YouTube yang paling sering berkolaborasi dengan Kurt. Kurt Hugo, bersama Sam Tsui, mencuri perhatian dunia YouTube dari cover Medley Michael Jackson yang hingga saat ini sudah ditonton sebanyak hampir 34 juta kali. Meskipun hanya sebagai pria di belakang layar, Kurt Hugo tetap selalu menonjol untuk menjadi “The brain behind the works.” Selain berkolaborasi dengan musisi YouTube yang sudah lebih dulu terkenal, Kurt Hugo berjasa ‘mengorbitkan’ banyak musisi berbakat untuk mengambil perhatian dunia YouTube. Kurt, bersama Max Schneider dan Matthew Gerrard, menulis lagi Standing In China untuk Cody Simpson di album Paradise Limited Edition.

2. Boyce Avenue (boyceavenue, 6.673.605 subs)

Kakak beradik Alejandro Luis Manzano, Fabian Rafael Manzano dan Daniel Enrique Manzano membentuk Boyce Avenue pada 2004 dan berhasil menjadi salah satu band YouTube yang memiliki viewers terbanyak setelah mencoba peruntungan melalui YouTube pada 2007. Lagu-lagu cover mereka seperti LoveStoned, Umbrella dan Viva la Vida sukses menggaet jutaan viewers. Pada 2009, Boyce Avenue menjadi salah satu band YouTube pertama yang nekat mengadakan live show di New York, yang mengejutkan industry musik dengan show yang sukses dan tiket terjual habis. Pada 2010, Boyce Avenue di kontrak oleh Universal Republic dan merilis album All We Have Left. Pada 2011, Boyce Avenue membentuk 3 Peace Records. Boyce Avenue adalah salah satu YouTubers yang paling rajin ke Indonesia, lho!


1. Pentatonix (PTXOfficial, 7.530.481 subs)

Grup vocal akapela asal texas ini beranggotakan Kirstie Maldonado, Mitch Grassi, Scott Hoying, Avi Kaplan dan Kevin Olusola. Awalnya, Kirstie, Mitch dan Scott iseng mengikuti kompetisi radio local yang berhadiah Meet and Greet bintang Glee. Mereka mengcover Telephone, yang meskipun gagal memenangkan kompetisi radio, tapi berhasil menarik perhatian pendengar musik. Mereka memutuskan untuk selanjutnya ikut dalam kompetisi The Sing-Off Amerika Serikat di tahun 2011 Avi dan Kevin resmi menjadi anggota grup. Setelah keluar sebagai jawara The Sing-Off season 3, fanbase Pentatonix semakin besar dan akhirnya mereka rajin mengunggah video cover di YouTube. Pentatonix akhirnya di kontrak oleh Sony Music dan telah merilis beberapa album. Baru-baru ini, Pentatonix berhasil memenangkan Penghargaan Grammy kategori Arrangement, Instrumental dan A Capella untuk video medley Daft Punk mereka. Video ini sudah di tonton 119 juta kali.


Uniknya, seluruh YouTubers memiliki satu kesamaan: mereka tidak pernah menyangka akan tenar melalui YouTube. Mereka hanya melakukan hobi di depan kamera dan mengunggahnya ke YouTube. Bagaimana, tertarik menunjukkan bakatmu melalui YouTube?

(Sheyla Ashari / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply