Quantcast

Album of the Day: Reuby – Reuby

By - 4 years ago in Album of The Day
Reuby

Released by: Warner Music Indonesia

Bernama asli Reuben Tan, penyanyi asal Singapura, Reuby, merupakan sensasi tersendiri di negara tersebut. Ia masih sangat belia, 19 tahun, tapi sudah mencuri perhatian melalui bakatnya sebagai musisi, baik berkat vokal khasnya maupun ketrampilannya dalam mengaransemen lagu. Dan itu semua tertuang dalam album debutnya, sebuah self-titled.

Menilik album ini, tidak ada kesan belia dan amatiran saat mendengarkan Reuby. Setiap lagu, 10 tepatnya, dikerjakan dengan sangat baik dan seolah-olah merupakan olahan penyanyi yang telah banyak makan asam garam.

Ia mula-mula dikenal dengan menyanyikan lagu berjudul ‘My Sunshine’ yang merupakan debutnya. Reuby sebenarnya mengambil sampel lagu klasik ‘You Are Are My Sunshine’ dan memelintirnya dalam versi dirinya. Masih tetap mengandung semangat aslinya, akan tetapi Reuby membalurnya juga dengan sentuhan pop-folk-rock, yang ternyata cukup pas sebagai latar lagu legendaris tersebut.

Folk pop bisa dikatakan merupakan nyawa dari album ini. Cukup mengherankan sebenarnya, mengingat Reuby menyebutkan jika musikalitasnya dipengaruhi hanya oleh dua nama, Coldplay dan Switchfoot. Memang, pada beberapa bagian, pengaruh rock dan pop dua band ternama tersebut terdengar pada lagu-lagu milik Reuby.

Sebutlah seperti pada ‘Because You Love Her’ yang jelas merupakan contoh sempurna jika Coldplay dan Switchfoot bekerjasama menulis lagu. Atau lagu-lagu seperti balada ‘Free’ dan pop rock up-tempo ‘Walking in The Light’. Ok. Memang Switchfoot yang lebih mencorong ketimbang Coldplay. Tapi ini bisa dikatakan sebagai sebuah upaya imitasi yang cukup baik, dimana Reuby hanya mengambil sari tanpa mencaplok secara mentah-mentah band yang memberinya inspirasi.

Meski begitu, sulit untuk menafikan kesan jika Reuby mendengarkan Mumford and Sons dengan telaten, karena beberapa lagu justru terdengar memiliki kemiripan, baik dalam gaya ataupun semangat. Lagu pembuka, ‘Be Bold’, bahkan diawali dengan chant ala folk yang kuat. Penggunaan gitar akustik yang ekstensif mendukung kesan tersebut.

Memasuki track kedua, ‘Ain’t Nobody Got Time For That’, Reuby seperti menyalurkan inner Adele dirinya, cue to ‘Rolling in the Deep’. Meski nuansa soul dalam lagu ini lebih condong berbalut folk ketimbang rock, tapi agak susah mengusir kemiripan tadi.

Selain itu, ‘Reuby’ juga menyediakan kumpulan pop melankolis manis, seperti ‘The Key to Her Heart’ atau ‘As The Deer’ yang meski sedap didengar, tapi kadang terlalu manis. Dan kata dokter yang terlalu manis itu tidak terlalu bagus. Syukurnya Reuby masih menyediakan ruang untuk lagu sejenis ‘Man in the Mirror’, yang meminggirkan segala folk/rock/pop formulatif dan menghadirkan enerji kemudaan dirinya dengan cukup baik.

Ok. Memang Reuby sepertinya memang masih mengalami krisis orisinalitas. Terlalu banyak lagu yang masih mengimitasi lagu dari musisi lain, terutama yang populer dan awam di pendengaran. Namun sepertinya ini masih bisa diatasi ke depannya, karena toh ia masih sangat muda. Dan ia ia punya modal untuk menjadi penyanyi yang kuat, karena sudah memiliki senses of musicality yang cukup tebal dan juga ketrampilan yang cukup sebagai musisi paket lengkap, menulis, mengaransemen, dan menyanyikan lagu-lagunya. Yang diperlukan adalah waktu untuk menemukan jati diri musiknya sendiri. Semoga itu sudah bisa didapatkannya di album berikutnya.

Music Video: Because You Love Her

 

Official Facebook

Buy album on iTunes

TRACKLIST
1. “Be Bold” 4:31
2. “Ain’t Nobody Got Time For That” 3:09
3. “Because You Love Her” 3:41
4. “The Key to Her Heart” 3:55
5. “My Sunshine” 3:24
6. “Man In The Mirror” 3:12
7. “This Heart” 2:54
8. “Free” 4:20
9. “Walking In The Light” 3:35
10. “As The Deer” 3:23


OldeuboiHaris
CreativeDisc Contributor
@oldeuboi


Love Film. Love Books. Love Music. And Everything in Between.

Comments

One Response to “Album of the Day: Reuby – Reuby”

Leave a Reply

Related Articles

Music News | June 18, 2019 By

Album Comeback Jonas Brothers, “Happiness Begins”, Sukses Sebagai Debut Terbesar Billboard 200 Tahun Ini

Music News | By

Galantis & Yellow Claw Rilis Kolaborasi Musim Panas, ‘We Can Get High’

Music News | By

Lorde Kembali Ke Media Sosial & Beri Kabar Tentang Album Ketiganya