Trending News

Blog Post

Album of the Day: Various Artists – Furious 7 OST
Album of The Day

Album of the Day: Various Artists – Furious 7 OST 

Released by: Warner Music Indonesia

Tidak terasa film seri kebut-kebutan “The Fast and Furious” sudah memasuki judul ketujuhnya. Tapi untuk di film terbaru ini judulnya dipersingkat menjadi “Furious 7” saja. Masuk akal, karena di beberapa film terakhir tema kebut-kebutan mulai ditinggalkan dan berubah menjadi film aksi/crime thriller  murni.

Sebagaimana biasa, album soundtrak seri “Fast & Furious” selalu mengandalkan barisan artis hip hop sebagai amunisinya. Album ini bukan pengecualian. Banyak sekali musisi ternama dari skena hip hop yang direkrut untuk menyumbangkan lagu.  Dan nama-nama yang bergabung tidak main-main.

Contohlah Wiz Khalifa yang berkolaborasi dengan Iggy Azalea dalam track ‘Go Hard or Go Home’. Tentu saja Azalea hanya sebagai featuring artist, sedang Khalifa adalah penampil utamanya. Dan senang juga Khalifa memutuskan untuk lebih banyak bernyanyi. Iggy is fierce as usual.

Lantas ada T.I. dan Young Thug yang memberikan ‘Off-Set’ yang edgy. Jangan lewatkan juga kolaborasi ramai-ramai Kid Ink, Tyga, Wale, YG, dan Rich Homie Quan yang mengerjakan track pembuka yang riuh, ‘Ride Out’ dan proyek ramai-ramai lainnya, Juicy J, Kevin Gates, Future, dan Sage the Gemini dalam ‘Payback’.

Tapi, ada yang mencolok kali ini. Nuansa EDM menjadi lebih mendominasi dari biasanya dan hip hop seolah menjadi sampingan saja. EDM juga bukan hal yang asing bagi album soundtrack “Fast & Furious”, tapi biasanya hanya menjadi “penggembira”. Berbeda dengan “Furious 7” yang begitu kaya dengan nomor EDM.

Gelagat ini sudah ditunjukkan dengan hadirnya nomor trap bergelora ‘How Bad Do You Want It (Oh Yeah)’ yang dinyanyikan oleh Sevyn Streeter dan disusul dengan ‘Get Low’ kolaborasi Dillon Francis dan DJ Snake. Mungkin dua track ini masih berbau hip hop. Tapi mungkin juga memang disengaja sebagai appetizer, karena berikutnya menghajar pendengaran adalah track seperti house pop ‘My Angel’ yang dinyanyikan oleh pendatang baru Prince Royce.

Intensitas semakin meningkat saat DJ kondang, David Guetta, membawa semangat electro house berbau dubstep dan rock dalam track ‘Blast Off’ yang menampilkan Kaz James sebagai pengisi vokal/rap. Deru beat yang padat dihadirkan dalam versi remiks ‘G.D.F.R.’ (Noodles Remix) yang merupakan kreasi Flo Rida bersama Sage the Gemini dan Lookas.

DJ Snake kembali lagi dengan nomor trap bersama Lil John, ‘Turn Down for What’, yang sebelumnya sudah wara-wiri di lantai dansa. Jangan lewatkan nomor-nomor dansa latin seperti ‘Meneo’ (Fito Blanko) dan ‘Ay Vamos’ ( J Balvin feat. French Montana & Nicky Jam) yang membuat suasana pesta yang dibawa album terdengar semakin meriah.

Nah, mungkin ini yang mungkin membedakan album “Furious 7” dengan album sebelumnya. Album ini lebih memberi penekanan pada kata pesta dengan lebih ekstensif, sementara di soundtrack sebelumnya algu-lagu cenderung dihadirkan untuk memberi penekanan rasa ketegangan yang dihadirkan dalam filmnya.

Apakah lagu-lagu ini efektif sebagai pendukung filmnya? Tentunya kita harus menemukan jawabannya dengan menonton filmnya terlebih dahulu yang kabarnya akan tayang hari Rabu besok.

PS.
Senang Skyler Grey memberikan penutup (kind of) yang manis dengan track electro-ballad, ‘I Will Return’. Pertanda untuk sekuel berikutnya?

Buy album on iTunes

TRACKLIST
1. “Ride Out” Kid Ink, Tyga, Wale, YG, and Rich Homie Quan 3:31
2. “Off-Set” T.I. and Young Thug 3:13
3. “How Bad Do You Want It (Oh Yeah)” Sevyn Streeter 3:44
4. “Get Low” Dillon Francis and DJ Snake 3:33
5. “Go Hard or Go Home” Wiz Khalifa and Iggy Azalea 3:52
6. “My Angel” Prince Royce 3:10
7. “See You Again” Wiz Khalifa featuring Charlie Puth 3:49
8. “Payback” Juicy J, Kevin Gates, Future, and Sage the Gemini 3:58
9. “Blast Off” David Guetta and Kaz James 3:08
10. “Six Days” (Remix) DJ Shadow featuring Mos Def 3:52
11. “Ay Vamos” J Balvin featuring French Montana and Nicky Jam 4:55
12. “G.D.F.R.” (Noodles Remix) Flo Rida featuring Sage the Gemini and Lookas 4:23
13. “Turn Down for What” DJ Snake and Lil Jon 3:34
14. “Meneo” Fito Blanko 3:44
15. “I Will Return” Skylar Grey 3:56
16. “Whip” (bonus track) Famous to Most 3:41

OldeuboiHaris
CreativeDisc Contributor
@oldeuboi

Related posts

Leave a Reply