Trending News

Blog Post

Lagu ‘Blurred Lines’ Milik Robin Thicke & Pharrell Williams Terbukti Merupakan Plagiat
Music News

Lagu ‘Blurred Lines’ Milik Robin Thicke & Pharrell Williams Terbukti Merupakan Plagiat 

Gonjang-ganjing tentang apakah lagu ‘Blurred Lines’ yang dinyanyikan oleh Robin Thicke dan Pharrell Williams mencontek lagu ‘Got to Give It Up’ milik Marvin Gaye yang dirilis di tahun 1977 berakhir sudah. Pengadilan, berdasarkan sidang yang berjalan ketat, akhirnya memenangkan tuntunan keluarga Marvin Gaye, yang diwakili oleh putrinya, Nona Gaye dan juga mantan istri Gaye, Jan Gage, serta memutuskan kalau ‘Blurred Lines’ terbukti merupakan hasil tiruan dari lagu penyanyi legendaris tersebut.

Tuduhan jika ‘Blurred Lines’ mencontek ‘Got to Give It Up’ sudah diwacanakan semenjak single tersebut booming dan secara resmi keluarga Marvin Gaye mengajukan tuntutan ke pengadilan per-Agustus 2013. Baik Thicke dan Pharrell membantah jika lagu ‘Blurred Lines’ merupakan plagiat dari ‘Got to Give It Up’ dan menyebutkan jika mereka hanya memiliki beberapa persamaan tapi secara umum jauh berbeda.

Karena sudah terbukti bersalah, sebagai hukuman, pihak Thicke dan Pharrell harus membayar denda total sebesar $7.4 juta, dengan perincian $4 juta untuk kepentingan hak cipta, serta $1.8 juta bagi Thicke dan $1.6 juta bagi Pharrell untuk kepentingan pembagian keuntungan lagu.

Berikut lagu ‘Blurred Lines’ yang dinyanyikan oleh Thicke dan Pharrell:

 

Dan inilah lagu ‘Got to Give It Up’ milik Marvin Gaye:

 

Dan inilah hasilnya jika ‘Blurred Lines’ dan  ‘Got to Give It Up’ dimash-up:

 

‘Blurred Lines’ dirilis pada tanggal 26 Maret 2013 dan segera menciptakan sensasi tersendiri. Dengan didukung musik video yang cukup vulgar, lagu yang memang catchy ini menjuarai berbagai tangga lagu dunia, termasuk Billboard Hot 100.


OldeuboiHaris
CreativeDisc Contributor
@oldeuboi


Related posts

Leave a Reply