Trending News

Blog Post

Album of the Day: 5 Seconds of Summer – LIVESOS
Album of The Day

Album of the Day: 5 Seconds of Summer – LIVESOS 

Released by: Universal Music Indonesia

Salahkan Niall Horan kalau 5 Seconds of Summer bisa jadi sebesar sekarang. Paling tidak ia yang memulai gerakan penyebaran virus 5SOS saat menge-tweet tentang musik dari empat anak muda ini. Seterusnya, roller coaster membawa mereka ke puncak, dengan selftitled debut album yang merajai chart di Eropa, Asia, Australia, dan juga Amerika. Enggak sanggup membiarkan fans mereka menanti lama untuk kunjungan dalam tur dunia, musik asik pop punk/pop rock/power pop yang mereka ciptakan dikemas dalam album live “LIVESOS“. Jadi meskipun belum pernah bertemu langsung, para penggemar bisa merasakan atmosfer konser mereka yang penuh dengan histeria.

Sejumlah 14 track yang direkam secara live diambil dari beragam konser yang dimainkan di semenanjung Eropa, Amerika Utara, dan Australia. Tapi mereka kerap menyapa Los Angeles Tata letak track mungkin tak jauh beda dari setlist. Dibuka dengan ’18’, layar terbuka untuk pengalaman musik yang penuh gegap gempita. Dari sini kita sudah tahu betapa girangnya para penggemar di venue. Teriakan tiada henti. Kehidupan suasana yang riuh ini masih berlanjut dengan ‘Out of My Mind’ dan ‘Disconnected’, yang mana para penggemar sudah ikutan koor massal.

Nuansa berubah jadi intim saat ‘Amnesia’ dimainkan, dengan intro sapaan ramah dari Calum sebelum memulainya. Ah, ikutan hanyut dalam suasana konser meski cuma mengandalkan telinga. Album ini mengalir dengan apiknya. Naik turunnya dipikirkan dengan seksama, sehingga tidak terlalu memacu di awal dan melembek ke akhir. Bagian tengah ini yang terbaik. ‘Beside You’, ‘Everything I Didn’t Say’, ‘Long Way Home’, dan ‘Heartache On the Big Screen’ membuat dinamika dalam album ini.

Tribute ke Green Day, pahlawan musik 5SOS, Luke Hemmings dkk membawakan ‘American Idiot’, salah satu hit terpenting band tersebut. It sounds good, walaupun level garangnya masih kurang dibanding Green Day sendiri. Lagu cover lainnya adalah ‘Teenage Dream’, hit Katy Perry yang memancing histeria penonton. Mereka kenal betul lagu ini, dan versi 5SOS adalah mengubah point of view dari lirik di bagian verse awal, karena akan sangat ganjil jika mereka menyanyikan “you think I’m pretty”.

Dua lagu cover, cukup. Salut buat 5SOS yang mengisi setlist konser mereka dengan lagu-lagu sendiri. Tapi anehnya, ‘Don’t Stop’ yang dirilis sebagai single untuk album perdana mereka hanya tersaji sebagai bonus track rilisan Target. Sayang sekali. Tapi ‘What I Like About You’ hadir untuk menutupi, lagu baru yang dirilis sebagai single untuk “LIVESOS”. Ini, ditambah ‘Good Girls’ dan ‘She Looks So Perfect’ sebagai encore menciptakan pengalaman rock’n’rolling bersama 5 Seconds of Summer sempurna.

Meski baru punya satu album, musikalitas 5SOS bukan kelas teri. Musik garasi yang mereka produksi telah diangkat ke YouTube dan dipoles serius di studio Capitol. Merilis album live menandakan bahwa peringkat mereka sudah naik menjadi macan panggung. Thumbs up buat empat cowok ganteng ini.

Music Video: What I Like About You (Live At The Forum)

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes:LIVESOS (Bonus Track Version) – 5 Seconds of Summer

TRACKLIST
1. “18” 5:57
2. “Out of My Limit” 3:25
3. “Disconnected” 3:45
4. “Amnesia” 4:16
5. “Beside You” 3:58
6. “Everything I Didn’t Say” 3:57
7. “Long Way Home” 4:26
8. “Heartache On the Big Screen” 4:02
9. “American Idiot” 3:20
10. “Teenage Dream” 4:12
11. “Good Girls” 2:55
12. “What I Like About You” 3:55
13. “End Up Here” 3:04
14. “She Looks So Perfect” 4:26
15. “What I Like About You” (Studio Mix) 2:31

Ai Hasibuan
CreativeDisc Contributor
@hasibuanai11

Related posts

Leave a Reply