Trending News

Blog Post

Album of the Day: Josh Groban – Stages (Deluxe Edition)
Album of The Day

Album of the Day: Josh Groban – Stages (Deluxe Edition) 

Released by: Warner Music Indonesia

Dalam rentang karir selama 18 tahun, kita sudah mendengarkan baik versi opera ataupun pop dari Josh Groban. Kadang bekerja dengan baik, kadang juga tidak. Dan kini Groban memadukan yang terbaik dari dunia musik yang digelutinya dalam sebuah album yang berjudul “Stages“.

Ada alasan mengapa album ini dinamakan demikian, karena memang materi yang terkandung di dalamnya adalah barisan lagu populer yang diambil dari berbagai judul drama panggung dan film musikal populer. Lebih tepatnya lagu-lagu favorit Groban dari panggung Broadway atapun film musikal.

Oleh karenanya, perpaduan antara vokal opera ala Groban dengan lagu-lagu showtunes yang mengandalkan jangkauan vokal yang luas, merupakan kombinasi yang terbuat dari surga untuk menghasilkan showstopper.

Nuansa magis sudah dipersembahkan Groban semenjak track pertama, ‘Pure Imagination’ yang merupakan bagian dari “Charlie and the Chocolate Factory” yang disusul berturut-turut oleh ‘What I Did For Love’ dari ‘ A Chorus Line’ dan ‘Bring Him Home’ dari “Les Misérables”.

Tapi mungkin showstopper terdahsyat dalam album ini adalah Groban menggandeng Kelly Clarkson untuk menyanyikan ‘All I Ask of You’, yang merupakan salah satu lagu terbaik dari pementasan “Phantom of the Opera”.  Uniknya Clarkson mampu menjadi tandem yang setimpal bagi Groban dalam menyanyikan lagu yang mengandalkan nada-nada tinggi ini. Clarkson meminggirkan nuansa pop miliknya dan bertransformasi menjadi penyanyi panggung yang berpengalaman.

Barisan lagu dalam album “Stages” sepertinya memang diniatkan sebagai satu showstopper ke showstopper lain dan membiarkan vokal Groban (ataupun bintang tamu yang diajaknya) untuk bersinar dengan terang dengan nyanyian merdu yang meliuk-liuk.

Meski demikian Groban tetap mampu menghadirkan subtilitas dalam pendekatan non-operatisnya atau nge-pop. Sebutlah seperti lagu pop klasik, ‘Try To Remember”. Mellow dalam skala vintage, namun dibungkus dengan sedikit sentuhan jazz. Atau nyanyian yang mengalun dalam lagu klasik populer, “Over the Rainbow’. Pendekatan popnya ternyata cukup renyah dan tidak meninggalkan kesenduan versi aslinya.

Menarik juga bagaimana Groban melakukan mash-up dua lagu sekaligus, yaitu ‘Children Will Listen’ dari “Into the Woods” dan ‘Not While I’m Around’ dari “Sweeney Todd”. Dua lagu yang sebenarnya memiliki aspek tematis berbeda ini ternyata cukup padu saat disandingkan.

Sisa lagu dalam album adalah pamer vokal ala Groban yang tentunya sangat sayang untuk dilewatkan. Megah, klasik, dan menggugah. Groban tampaknya tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk memamerkan vokal khasnya yang istimewa.

Jangan lewatkan pula nomor-nomor bonus seperti ‘Anthem’ dari “Chess” yang terdengar sedih, ‘Gold Can Turn To Sand’ dari “Kristina” yang agak mengingatkan akan ‘You Raise Me Up’ yang dulu mempopulerkan/dipopulerkan Groban, dan track terakhir yang sekali lagi datang dari  “Les Misérables”, ‘Empty Chairs At Empty Tables’.

“Stages” adalah yang terbaik dari seorang Josh Groban. Meskipun berisi lagu-lagu non-orisinil/cover version, tapi Groban memberi trademark dengan nyanyian dan vokalnya. Lagi pula ia menyajikan lagu-lagunya dengan penghayatan yang prima, sesuatu yang diharapkan dari lagu-lagu yang terdapat dalam albumnya. Dan ini menjadikan “Stages” sebagai album yang layak dikoleksi bagi penggemar lagu-lagu musikal ataupun pop-opera.

Official Website

TRACKLIST
1. Pure Imagination (From “Charlie And The Chocolate Factory”)
2. What I Did For Love (From “A Chorus Line”)
3. Bring Him Home (From “Les Misérables”)
4. Le Temps Des Cathédrales (From “Notre-Dame de Paris”)
5. All I Ask Of You (duet with Kelly Clarkson) [From “The Phantom Of The Opera”]
6. Try To Remember (From “The Fantasticks”)
7. Over The Rainbow (From “The Wizard Of Oz”)
8. Children Will Listen / Not While I’m Around (From “Into The Woods” / “Sweeney Todd”)
9. You’ll Never Walk Alone (From “Carousel”)
10. Old Devil Moon (feat. Chris Botti) [From “Finian’s Rainbow”]
11. Finishing The Hat (From “Sunday In The Park With George”)
12. If I Loved You (duet with Audra McDonald) [From “Carousel”]
13. Anthem (From “Chess”)
14. Gold Can Turn To Sand (From “Kristina”) [Bonus Track]
15. Empty Chairs At Empty Tables (From “Les Misérables”) [Bonus Track]

Haris
CreativeDisc Contributor
@oldeuboi

Related posts

Leave a Reply