Penampilan Intim Mew Puaskan Frengers Indonesia

Oleh: welly - 07 Apr 2015

Unit alternative rock asal Denmark, Mew kembali bermain ke Indonesia dalam rangka tour album kelima mereka “+-“ yang akan dirilis 27 April nanti. Mew memang mempunyai tempat yang spesial di Indonesia karena Indonesia adalah negara yang mempunyai fanbase Mew terbesar di Asia. Frengers (sebutan untuk fans Mew) telah berkumpul dari jam 17:00 untuk menyaksikan band idolanya yang akan bermain di Skenoo Hall, Gandaria City. Pada konser kali ini ruangan yang disediakan tidak terlalu luas, hal ini dibuat untuk menambah kedekatan Mew dengan penonton yang memang selalu menunggu kehadiran mereka meskipun mereka sudah empat kali datang ke Indonesia. Venue kecil seperti ini mengingatkan akan Bengkel Night Park yang sudah tutup pada awal dekade 2010an.

Konser dibuka dengan “Coffee Break” dan langsung dilanjutkan oleh single pertama di album terbaru mereka yaitu “Satellites”, meski lagu baru namun penonton sudah tahu lagu ini dan sing-a-long bersama. Guratan nada ala Bloc Party mereka suguhkan di “My Complication”, lagu ini memang sedikit Bloc Party-sentris dikarenakan Russell Lissack yang merupakan gitaris Bloc Party diajak bermain dalam track ini di album terbarunya. Setelah membawakan tiga lagu awal, Mew pun membawa rentetan hits yang pastinya sudah melekat di penonton seperti “Snow Brigade”, “Beach” dan lagu yang sempat meledak di awal 2000an dan menjadi awal dari alternative boom di Indonesia pada dekade 2000an seperti “Am I Wry No” dan “156”. “156” dibawakan dengan sangat megah dimana gebukan drum yang kuat dan tebal terus mengiringi lagu ini.

Mereka juga mengenalkan kembali basis mereka Johan Wohlert yang sempat mundur dari Mew karena ingin fokus membina keluarga. “Silas The Magic Car”, “Hawaii”, “Apocalypso” dan “Saviours of Jazz” dibawakan setelahnya. Sebelum masuk ke lagu berikutnya Mew sempat memainkan “The Zookeeper’s Boy” dalam versi akustik, Mew berujar bahwa mereka spesial membawakan lagu ini dalam versi akustik karena mereka melihat Indonesian Frengers benar-benar maksimal ketika membawakan lagu ini sewaktu mereka mengadakan kompetisi cover song yang melibatkan fans Mew dari seluruh dunia.

Sebuah introduction kecil dibawakan oleh mereka sebelum memainkan “She Came Home For Christmas”. Konser pun ditutup untuk sementara dengan single kedua mereka dari album “+-“ yaitu “Water Slides”. Setelah lagu tersebut selesai dibawakan Mew pun turun panggung dengan vokalis Jonas Bjerre mengatakan “We’ll be back” dan tanpa harus menunggu lama mereka kembali ke panggung untuk membawakan tiga encore yang membuat penonton terus bernyanyi bersama yaitu “Special” dan versi asli dari “The Zookeeper’s Boy”.

“Comforting Sounds” membuat penonton terpukau oleh sajian space rock yang mereka bawakan, terlihat para penonton begitu tenang dan khusyuk menikmati bagian awal lagu ini yang berirama dream pop sebelum dihentak dengan kebisingan dan kesenduan shoegaze. Noise gitar dan pukulan simbal yang menggebu-gebu resmi menutup penampilan Mew yang keempat di Jakarta. Panggung yang kecil, tata suara yang bersih terutama di bagian gitar dan drum, lighting yang memukau dan sesuai dengan citra Mew, penampilan dari setiap personil yang all-out, terutama kemampuan vokalis Jonas Bjerre dan basiss Johann yang tak henti-hentinya mengeluarkan energi khusus untuk penggemar Mew di Indonesia membuat perhelatan Mew kali ini begitu spesial.

Penonton pun bervariasi dari anak muda yang ingin mencari tahu seperti apa Mew yang mungkin membuat kakaknya jatuh cinta terhadap dunia alternative sampai eksekutif muda yang bernostalgia dengan masa lalunya ketika Mew menjadi salah satu band panutan mereka sewaktu bersekolah. Setlist yang dimainkan mereka juga berbeda dari setlist Taiwan dan Singapura suatu pertanda bahwa Mew memberi perhatian lebih ketika bermain ke Indonesia dengan menambahkan lagu yang sudah dikenal oleh Frengers di sini. Penampilan keempat Mew di Indonesia yang kali ini diadakan oleh promotor Marygops Studios ini jauh dari kata mengecewakan dan kita semua pasti menunggu kapan kita mendengarkan kembali suara lembut dari Jonas Bjerre untuk kelima kalinya di Indonesia.

Setlist MEW Live in Jakarta:

Photo by @mrbudisusanto

Luthfi

CreativeDisc Contributor

@luthficantweet

welly
More from Creative Disc