Trending News

Blog Post

Album of the Day: Various Artists – 30 Stars 80’s
Album of The Day

Album of the Day: Various Artists – 30 Stars 80’s 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Apa perasaan kalian jika ada pembahasan mengenai tahun 80-an? Well, meskipun saya lahir di era ini, tapi yang namanya balita tak bisa menguasai apa-apa yang terjadi selama dekade tersebut. Untuk membantu memahaminya, ada album “30 Stars 80’s” yang mengompilasi 30 hit klasik
di era ini. Hasilnya? Bertabur bintang, bertabur hit, bertabur memori.

Album ini dibuka dengan lagu no.1 dari mendiang Whitney Houston, ‘I Wanna Dance with Somebody (Who Loves Me)’. Lagu yang iconic ini tergolong yang maha dahsyat sampai-sampai menjadi salah satu definisi dari sang Diva. Selanjutnya kita dimanjakan dengan lagu-lagu yang kualitas popularitasnya berada di level massive. Mulai dari ‘(I’ve Had) The Time of My Life’, ‘Girls Just Wanna Have Fun’, sampai ‘When the Going Gets Tough, the Tough Get Going’. Ah, these made us wonder apakah di dekade 80-an menjamur trend judul lagu yang panjang-panjang. Perbedaan yang demikian mencolok datang dari lagu-lagu berikut; ‘Conga’ dan ‘Footloose’ yang ga kalah ngehit meskipun judulnya hanya terdiri dari satu kata saja. Memutar waktu ke zaman dahulu, Bill Medley, Jennifer Warne, Cyndi Lauper, Billy Ocean, Kenny Loggins, juga Gloria Estefan boleh dibilang penguasa era ini. Bukan cuma lagu-lagu besar yang bisa mereka cetak, tapi juga nama besar yang berhasil mereka ukir.

Yang sebenarnya paling dinanti dari koleksi lagu tempo dulu seperti ini adalah momen nostalgianya. Para pecinta musik yang beruntung untuk menikmati musik di zaman ini pasti senang menemukan album dimana mereka terkait secara emosional dengan lagu-lagu di dalamnya. Bagaimana ‘Don’t Stop Believin”-nya Journey mengangkat semangat, kisah cinta yang berlatarkan ‘The Power of Love’-nya Jennifer Rush, sampai emosi yang terobrak-abrik berkat ‘Total Eclipse of the Heart’-nya Bonnie Tyler. Bagian ini menghidupkan kembali memori lalu, mulai dari yang sedemikian berharga hingga yang sebenarnya tak sudi lagi untuk dikenang.

Buat generasi setelahnya, album ini merupakan pengenalan terhadap karya-karya original yang sebenarnya telah didengar dalam versi cover-nya. Inilah waktunya untuk memberi penghormatan kepada Dead or Alive yang membuat ‘You Spin Me Round (Like a Record)’ sebuah mahakarya klasik, Europe yang membuat ‘The Final Countdown’ bergema hingga kini, dan kolaborasi RUN-DMC bersama Aerosmith dalam ‘Walk This Way’ yang sepertinya cuma bisa terjadi once in a lifetime. Masih sedikit geli kalau mengingat Inul Daratisa di awal karirnya sempat membawakan ‘The Final Countdown’ dalam versi dangdut. Tapi ini memang bukti betapa lagu tersebut mendunia dan berumur panjang.

Tiga puluh lagu dalam dua keping disk album ini pastilah belum cukup untuk menyimpulkan musik yang ngetrend sepanjang 10 tahun lamanya di dekade 80. Tapi paling tidak dengan highlight-nya ia mampu mencakup luasnya bentangan waktu tersebut dengan apik. Bukan cuma itu, album ini juga mengumpulkan nama-nama besar dengan background genre berbeda. Mari nge-groove bersama Earth, Wind & Fire dengan ‘Let’s Groove’, dimanjakan oleh manisnya vokal Luther Vandross dalam ‘So Amazing’, hingga meningkatkan gairah dengan The Pointer Sisters ‘I’m So Excited’. Masih ada Dolly Parton yang membawa nama baik country dengan ‘9 to 5’ dan New Kids on the Block dengan lagu pop jempolan mereka ‘Hangin’ Tough’.

Album ini sepertinya tidak akan pernah kehabisan bahan untuk dibahas. Apalagi buat mereka yang sudah melek akan musik di era 80 dan sudah akrab dengan yang namanya Rick Astley, Bill Wathers, dan juga Marvin Gaye. Dengan kompleks dan multinya album ini, ia menjadi item yang wajib beli. Biarlah mereka yang pernah hidup menjalani era ini bernostalgia dengannya, dan biarlah mereka yang hadir setelahnya ber-tribute kepada masa kejayaan lalu yang juga telah memberi pengaruh hingga kini.

TRACKLIST
CD 1
1. I Wanna Dance with Somebody (Who Loves Me) – Whitney Houston
2. (I’ve Had) The Time of My Life – Bill Medley & Jennifer Warne
3. Never Gonna Give You Up – Rick Astley
4. Girls Just Wanna Have Fun – Cyndi Lauper
5. Club Tropicana – Wham!
6. When the Going Gets Tough, the Tough Get Going – Billy Ocean
7. Footloose – Kenny Loggins
8. We Built This City – Starship
9. When Will I Be Famous? – Bros
10. Waiting for a Star to Fall – Boy Meets Girl
11. Don’t Stop Believin’ – Journey
12. The Power Of Love – Jennifer Rush
13. Total Eclipse of the Heart – Bonnie Tyler
14. Eye of the Tiger – Survivor
15. You Spin Me Round (Like a Record) – Dead Or Alive

CD 2
1. The Final Countdown – Europe
2. Walk This Way – RUN-DMC feat. Aerosmith
3. Can You Feel It – The Jacksons
4. Give It Up – KC & The Sunshine Band
5. Let’s Groove – Earth, Wind & Fire
6. Lovely Day – Bill Withers
7. Sexual Healing – Marvin Gaye
8. So Amazing – Luther Vandross
9. Loco in Acapulco – The Four Tops
10. I’m so Excited – The Pointer Sisters
11. Conga – Gloria Estefan;Miami Sound Machine
12. Hangin’ Tough – New Kids On The Block
13. 9 to 5 – Dolly Parton
14. Making Your Mind Up – Bucks Fizz
15. This Ole House – Shakin’ Stevens

Ai Hasibuan
CreativeDisc Contributor
@hasibuanai11

Related posts

Leave a Reply