Trending News

Blog Post

Classics: Kelly Clarkson – My December
Album of The Day

Classics: Kelly Clarkson – My December 

Dulu, “My December” disebut anak haram yang dilahirkan oleh Kelly Clarkson karena telah mengkhianati label sekaligus eksekutif musik Clive Davis. Label menentang perilisannya, karena dinilai terlalu jauh membawa Kelly lari dari jalur pop. Tapi Kelly memperjuangkannya dengan keringat dan air mata hingga berhasil rilis pada 22 Juni 2007. Was it worth the fight?

It was. Kini “My December” dianggap sebagai pahlawan dalam karir Kelly. Meski angka penjualannya yang kurang memuaskan (dikarenakan oleh penarikan kegiatan promosi serta pembatalan tur konser untuk album ini), album yang berisikan 13 track ini memberi point tertinggi dalam unsur personal. Album ini menguliti jiwa dan visi Kelly sebagai seorang seiman. Singkat kata, if you wanna know the real Kelly Clarkson, listen to this record.

Album ini terkesan kelam, tidak semeriah atau secemerlang dua album sebelumnya. Tapi, kesan itu yang kemudian menenggelamkan pendengar untuk ikut menderita dalam kesulitannya, merasa letih dalam perjuannya, hingga ikut menyintas dari segala permasalahan yang diutarakan. Entah itu persoalan cinta: ‘Never Again’, profesional: ‘Don’t Waste Your Time’, sampai yang lebih dalam lagi: ‘Judas’. Rasakan setiap emosi yang mengalir dalam kata per kata di lirik, semakin hidup dengan melodi musik yang sesuai dengan setiap emosi tersebut.

Perbedaan mencolok lainnya antara “My December” dengan album-album Kelly yang lain adalah dari segi produksi. Kental terasa kalau album karya produser David Kahne bersama Jason Halbert dan Jimmy Messer ini underproduced. Kesan indie-nya keluar, sejalan dengan rock/alternatif yang menjadi alirannya. ‘Be Still’, ‘Yeah’, ‘Chivas’, lagu-lagu ini memainkan pesonanya dalam raga yang antimainstream. Hal ini berujung pada harga catchy yang harus dibayar mahal, perihal minimnya nomor-nomor yang mengedepankan hal tersebut. Selain ‘Don’t Waste You Time’, lagu-lagu lain yang punya nilai komersil antara lain ‘One Minute’ dan ‘How I Feel’. Tapi bukan itu yang hendak dicapai album ini, melainkan nilai-nilai intrinsik lain yang belum sempat tersentuh.

The other part of the album, the part that I like the most: acoustic themed songs. Yang paling menonjol di bagian ini adalah ‘Sober’ yang juga dirilis sebagai single andalan. Emosi dalam lagu ini membara, meskipun musiknya stripped down. ‘Maybe’ dan ‘Can I Have a Kiss’ juga ikutan bahu-membahu menampilkan sentuhan kalbu dari album. “My December” pada akhirnya memang tidak memanjakan pendengar umum, tapi bagi penggemar setia, album ini merupakan cerminan visi keartisan dari seorang Kelly. Kesimpulan, album ini nyeni banget!

Official Website

TRACKLIST
1. “Never Again” 3:37
2. “One Minute” 3:05
3. “Hole” 3:02
4. “Sober” 4:52
5. “Don’t Waste Your Time” 3:36
6. “Judas” 3:37
7. “Haunted” 3:19
8. “Be Still” 3:25
9. “Maybe” 4:23
10. “How I Feel” 3:41
11. “Yeah” 2:43
12. “Can I Have a Kiss” 3:32
13. “Irvine” (includes hidden track “Chivas”) 8:47

Ai Hasibuan
CreativeDisc Contributor
@hasibuanai11

Related posts

Leave a Reply