Trending News

Blog Post

Album of the Month: Mariah Carey – #1 to Infinity
Album of The Day

Album of the Month: Mariah Carey – #1 to Infinity 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Mariah Carey + #1 = ?

Awalnya, “#1’s” adalah album kompilasi pertama yang Mariah Carey rilis di tahun 1998. Album ini mengemas seluruh lagu no.1 yang ia punya yang pada saat itu berjumlah 13. Kini, 17 tahun kemudian, ia berhasil menambah jumlah lagu no.1-nya hingga akhirnya terkumpul sebanyak 18 buah. Dengan membubuhi sebuah lagu baru berjudul ‘Infinity’, Mariah merilis kompilasi terbarunya, “#1 to Infinity“, yang sekaligus menandakan reuni bersama L.A. Reid dan residency di Caesar’s Palace, Las Vegas.

Yang namanya no.1 merupakan hal yang mutlak. Pengambilannya didasarkan pada chart resmi yang Billboard kelola dan diakui nationwide. Tapi untuk edisi global, tracklist album mengalami perombakan. Bukan hal yang baru juga, karena saat “#1’s” dulu juga hal yang sama terjadi.

‘Vision of Love’ dan ‘Love Takes Time’ merupakan dua lagu no.1 pertama yang Mariah punya. Ia memulai karirnya di posisi puncak, bermodalkan kualitas vokal yang bening dan bertenaga plus ditunjang dengan lagu-lagu pop dinamis yang sangat relevan di masanya. Penerimaan terhadap kehadiran sang artis terus berlanjut dari album satu ke album berikutnya. ‘Emotions’ yang luar biasa rangy menempatkan Mariah pada kelas teratas vokalis. Setiap insan yang mendengar lagu ini dipastikan berdecak kagum dengan kebolehan vokal dari Mariah yang kala itu masih berusia 22 tahun.

Crazy is it? Kegilaan lainnya adalah setelah dua album masif yang Mariah rilis, ia langsung menyelenggarakan perhelatan unplugged bersama MTV. Showcase akustik khas MTV ini sebelumnya pernah diselenggarakan oleh Paul McCartney. Dan untuk Mariah, ia berhasil mencetak hit dengannya. Adalah ‘I’ll Be There’ yang merupakan lagu orisinil The Jacksons 5, dimana sang Diva berduet dengan salah seorang penyanyi latarnya, Trey Lorenz. Ini menunjukkan seberapa besar apresiasi dan antusiasme terhadap keberadaan dan karya Mariah.

“Music Box” sebagai album ketiga Mariah banyak memberi sumbangsih hit kepadanya. ‘Dreamlover’, ‘Hero’, dan ‘Without You’ menunjukkan banyak dimensi keartisan yang sanggup Mariah tampilkan. Mau go slow ataupun go fast, Mariah punya segalanya. Lebih dari itu, lagu-lagu ini bukan sebatas hit, tapi juga iconic. ‘Hero’ contohnya. Kebesaran lagu ini adalah ia relevan dipakai sebagai lagu inspirational, pembangkit gairah di kala turun semangat. Dimensi lainnya adalah sebagai singer-songwriter, Mariah punya drive untuk musiknya sendiri. Ini mengapa ia sangat bersikeras untuk memuat ‘Fantasy’ dengan versi remix ke dalam kompilasi ini, karena menganggap pentingnya menampilkan berbagai sisi berbeda dari karya musiknya.

Bukan hanya lagu-lagunya sendiri, Mariah juga paling jago dalam urusan menyanyikan lagu artis lain. Selain ‘I’ll Be There’ dan ‘Without You’ yang kembali ngehits di mulutnya, Mariah juga menciptakan kesempatan serupa untuk ‘Endless Love’ dan ‘Against All Odds’. Kedua lagu ini ia bawakan dengan sangat mantap ke puncak chart, masing-masing bersama Luther Vandross dan Westlife. Meskipun keberadaan dua lagu ini harus menggusur lagu-lagu hit Mariah yang lain, tapi mereka tetap tepat sasaran dalam menggambarkan kegemilangan karir Mariah.

Koleksi hit Mariah masih menyimpan ‘Always Be My Baby’, ‘Honey’, ‘My All’, dan juga ‘Heartbreaker’. Kesempurnaan album ini terjadi dimana musik pop berbalur R&B yang Mariah punya memiliki karakter dan konsisten dalam jalurnya. Ia tak pernah kehilangan koneksi, baik dengan imej Mariah maupun dengan para penggemarnya. Hingga saat ini, Mariah masih memegang rekor lagu terlama di puncak Billboard Hot 100 selama 16 minggu. Adalah ‘One Sweet Day’ yang dinyanyikan bersama Boyz II Men. Tak ada yang tak kenal lagu ini, dan sepertinya masih punya umur panjang untuk bertahan di rekornya.

Mimi 2.0 adalah masa dimana kampanye emansipasi yang ia galakkan berhasil kembali membawa ke puncak. Maklum, pasca perpisahan dengan distribusi Sony, Mariah sejenak melenceng dari garis orbitnya. Disinilah ia merajut keharmonisan kerjasama dengan L.A. Reid, dan berhasil mencetak tiga no.1 berikutnya: ‘We Belong Together’, ‘Don’t Forget About Us’, dan ‘Touch My Body’. Rasanya sempurna sudah pencapaian Mariah. Dari berbagai segi, terutama artistik dan industri, ia menguasainya. Gambaran indah terhadap pesona itu tertuang dalam ‘Infinity’, satu-satunya lagu baru dalam album ini. So, it’s beyond perfect.

Official Website

TRACKLIST
1. “Vision of Love” 3:29
2. “Love Takes Time” 3:49
3. “Emotions” 4:08
4. “I’ll Be There” (featuring Trey Lorenz) 4:24
5. “Dreamlover” 3:53
6. “Hero” 4:17
7. “Without You” 3:36
8. “Endless Love” (with Luther Vandross) 4:20
9. “Fantasy (Bad Boy Fantasy Remix)” 4:53
10. “One Sweet Day” (with Boyz II Men) 4:41
11. “Always Be My Baby” 4:18
12. “Honey” 4:59
13. “My All” 3:51
14. “Heartbreaker” (featuring Jay-Z) 4:46
15. “Against All Odds” (featuring Westlife) 3:21
16. “We Belong Together” 3:22
17. “Don’t Forget About Us” 3:53
18. “Touch My Body” 3:27
19. “Infinity” 3:58

Ai Hasibuan
CreativeDisc Contributor
@hasibuanai11

Related posts

Leave a Reply