Trending News

Blog Post

Exclusive Interview with Darin Zanyar: Ingin Kolaborasi Dengan Ryan Tedder
Artist Interviews

Exclusive Interview with Darin Zanyar: Ingin Kolaborasi Dengan Ryan Tedder 

Darin Zanyar bisa saja jadi nama baru di telinga kamu! Tapi jangan salah. Darin sangat terkenal di Negara asalnya Swedia. Dia bahkan jadi artis yang sangat fenomenal disana. Dan, beberapa waktu ke depan, dia akan merilis album perdananya untuk pasar Asia dan Australia. CreativeDisc mendapat kesempatan untuk phone interview bersama Darin dari Sony Music Entertainment Indonesia. Penasaran apa aja yang kita omongkan? Yuk langsung simak berikut ini:

CD : Helo Darin gimana kabar? Sedang sibuk apa kamu sekarang?
DARIN : Aku baik, bagaimana denganmu? Aku syuting beberapa TV show kemarin, dan sekarang sedang bersiap kembali ke Swedia sekaligus sedang menyelesaikan music video untuk single pertamaku berjudul Nobody Knows yang sekarangpun sudah dirilis di daerahmu.

CD : Wow! Keren sekali. Jadi, kamu sering sekali travelling donk?
DARIN : Ya benar sekali

CD : Kamu dikenal sebagai penyanyi dan penulis lagu, banyak sekali nama-nama besar seperti Kat Deluna yang pernah bekerjasama denganmu. Bahkan, Leona Lewis juga sempat mengcover lagumu untuk album perdananya berjudul Homeless di tahun 2007 ya kan? Gimana rasanya kerja bareng mereka?
DARIN : Ya betul sekali. Kerjasama dengan mereka itu sangat menyenangkan! Sebenarnya aku memulai karier sebagai penulis lagu untuk beberapa artis dan sejak awal aku sudah bekerja dengan beberapa produser yang hebat itulah yang membuat aku akhirnya memulai semuanya itu. Dan, sekarang aku sangat excited buat keliling ke beberapa daerah dan bertemu dengan kalian.

CD : Aku sempat melihat Instagrammu, dan beberapa waktu lalu, kamu sempat ke Asia ya?
DARIN : Betul! Aku sempat datang ke Singapura dan Filipina. Aku sempat menghadiri beberapa TV show dan melakukan beberapa wawancara di Singapura dan aku sempat melakukan program Charityku di Filipina, juga aku sempat syuting untuk music video Nobody Knows di Singapura.

CD : Kita tidak sabar menunggu music videonya Nobody Knows! Apa kamu sudah pernah ke Indonesia?
DARIN : Belum, aku belum pernah ke Indonesia, aku pengen sekali datang kesana karena beberapa temanku pernah ke Indonesia dan aku sendiri banyak mendengar hal positif tentang Indonesia.


(ps. Interview ini dilakukan sebelum video “Nobody Knows” dirilis)

CD : Wah. Tidak sabar menunggu kamu kesini, Darin. Karena, yaa, kita punya banyak sekali jenis makanan disini.
DARIN : Wooow! You know what, aku suka sekali makan. Dan aku sangat suka mencoba makanan-makanan yang belum pernah aku coba.

CD : Yeah! Kamupun bisa mencoba banyak sekali jenis makanan disini. Okay! Mari kita kembali ke tahun 2004, kamu menjadi Runner Up di ajang pencarian bakat Sweden Idol, gimana hal itu mempengaruhi kariermu sekarang ini?
DARIN : Well, sekarang, uhm.. itu sudah sekitar 11 tahun yang lalu. Dan sekarang, itu sangat terasa karena hal itu menciptakan banyak kesempatan baru dan itu adalah hal yang sangat bagus. Hal itu juga membuka banyak sekali pintu dan karena itu juga akhirnya aku bisa mendapatkan record deal dan kesempatan untuk bekerja dengan orang-orang yang sangat luar biasa yang membuat aku berada di posisiku sekarang ini. Tapi, itu merupakan proses yang terus menerus berlanjut dan sangat butuh kerja keras. Karena, kadang orang melupakan alasan mereka melakukan ini. Kalo buatku, ini bukan hanya sesuatu saja, tapi lebih kepada aku suka sekali dengan musik, itulah kenapa aku melakukan ini, aku suka menulis music, aku suka menyanyi, dan aku suka sekali tampil di atas panggung.

CD : Aku juga dengar sejak 14 tahun kamu sudah mulai menulis banyak lagu, ya?
DARIN : Yeah, betul. Dan aku ikut Sweden Idol di umur 16 tahun. Jadi, ya, aku akhirnya mulai menulis lagu lagi di umur segitu.

CD : Keren! Lalu, sudah 11 tahun sejak pertama kali kamu ikut ajang idol itu, apa nih yang berubah dari seorang Darin?
DARIN : Secara personal, mungkin tidak ada yang berubah dariku, aku tetap sama seperti Darin yang dulu. Dan, senang sekali, saat ada seseorang yang sudah lama aku tidak pernah ketemu lalu bilang aku masih tetap seperti Darin yang dulu saat ketemu lagi. Karena, memang seperti itulah aku. Yang berubah mungkin aku adalah aku belajar banyak hal, belajar tentang gimana menghadapi sesuatu, mengkontrol sesuatu, dan di dunia kreatif kamu akan selalu bisa belajar sesuatu.

CD : Saya sempat melihat Youtube Channelmu, dan sepertinya kamu udah merilis sekitar 4 album dan sekarang ini kamu juga lagi menggarap album baru, gimana tuh caranya bisa sangat produktif gitu?
DARIN : Sebenernya, albumku udah ada 6 dan sekarang selain aku bikin album lagi di Swedia, aku juga sedang nyiapin album Exit buat pasar Asia, dan Indonesia juga termasuk di dalamnya. Di album ini sendiri banyak sekali lagu yang enak. Selain kamu bisa dance along tapi ada juga lagu yang bikin kamu merasa emosional.

CD : Jadi, sebenernya, kamu sekarang ini sedang membuat 2 album secara bersamaan?
DARIN : Ya!

CD : Luar biasa, oia, beberapa waktu lalu, aku sempat tonton satu lagu barumu yang dirilis di swedia berjudul Ta Mig Tilbaka. Lagu itu terdengar lebih natural, dengan music akustik, dan sangat berbeda dengan lagu Nobody Knows. Trus, apa donk genremu sebenernya?
DARIN : Sangat susah menjelaskan sebenarnya apakah aku lebih suka uptempo atau ballad atau mungkin mix antara keduanya. Tapi aku merasa, Nobody Knows, um.. banyak mood baik yang kurasakan disana, so, aku pilih genre semacam Nobody Knows-lah.

CD : Okay! Mari kita bahas soal Nobody Knows, single yang kamu rilis di Asia dan Australia. Lagu yang kamu ciptain sendiri ini ceritanya tentang apa sih?
DARIN : Nobody Knows ceritanya adalah tentang saat pertama kali kamu merasakan cinta dan tidak tahu apa itu dan kamu juga tidak bisa menjelaskan perasaan overwhelming yang terjadi dan membuat kamu serasa hilang dan kamu masih belum paham apa itu sebenarnya, sebenarnya lagu ini sangat emosional tapi juga happy.

CD : Kapan album baru kamu akan dirilis?
DARIN : Album EXIT akan rilis musim gugur tahun ini. Jadi, sebenarnya akan rilis sebentar lagi.

CD : Kasih tahu donk 5 hal yang orang lain ga tahu soal kamu, Darin?
DARIN : Um. Aku ada seorang yang suka adventure. Semacam hiking di gunung, atau cuma jalan-jalan keliling hutan. Ya, kurang lebih se-adventure itulah aku. Aku juga suka Diving. Aku benar-benar pengen mencoba SkyDiving atau Bungee Jumping, karena suka hal-hal begitu. Apa lagi ya? Oh! Aku juga suka memasak karena aku suka sekali makan dan biasanya aku suka makanan Italia. Aku juga punya signature dish yaitu bolognaise dengan campuran salmon di dalamnya itu enak banget!
Aku juga seorang painter. Aku melukis dengan baik. Lalu, apa lagi? Mmmm.. Dulu waktu aku muda, aku sempat memecahkan kaca akibat suaraku saat bernyanyi. Aneh banget! Mungkin waktu itu umurku baru 12 tahun.

CD : Wow! Jadi, kamu adalah orang yang sangat multitalenta. Bisa memasak, melukis, dan penyuka hal-hal yang berbau adventure. Apa ini nanti bakal kamu representasikan juga di albummu?
DARIN : Kita lihat saja nanti. Tapi memang aku mencampur beberapa hal soal aku di album itu. Seperti contohnya, kalo aku sedang ga kerja, aku bisa tiduran aja di atas kasur sampe beberapa hari.

iTunes

CD : Lalu, darimana sih biasanya kamu dapet inspirasi untuk menulis lagu-lagumu?
DARIN : Um, biasanya sih aku menulis soal pengalaman-pengalaman manusia. Bisa aja pengalamanku sendiri, atau seorang yang aku tahu, atau bahkan aku mengarangnya sendiri seperti, you know, saat orang menjalani kehidupannya, trus aku membayangkan yang akan terjadi. Tapi, biasanya, yang kulakukan adalah nemuin chorusnya dulu dikepalaku lewat piano atau gitar dan itu buat aku berenergi untuk bikin liriknya.

CD : Siapa musisi yang pengen kamu ajakin kolaborasi atau kerja bareng?
DARIN : Aku pengen banget bisa kerja bareng Ryan Tedder, dia adalah satu musisi dan pencipta lagu yang keren banget. Aku juga suka sama One Republic.

CD : Sedikit bocoran donk soal albummu, ada kolaborasi ga sih?
DARIN : Ya, aku kolaborasi dengan satu musisi di lagu berjudul Before I Passed Out. Lagu tentang clubbing dan senang-senang.

CD : Soal albumnya sendiri, bakal Cuma ada lagu yang uplifting atau ada yang ballad ga sih?
DARIN : Mostly albumnya sih bakal punya mood yang uplifting tapi memang ada yang ballad juga. Tapi memang lebih banyak uptemponya sih. Dan itu hal yang oke.

CD : Oke, pertanyaan yang satu ini agak Out Of Topic, gimana sih kamu mendeskripsikan seorang Darin Zanyar?
DARIN : Um.. Kupikir aku orang yang easy going. Aku juga seorang yang berbakat dimana aku bisa sangat spontaneous. Tapi yang terpenting adalah selalu baik and be cool. Karena menurutku, kamu harus memperlakukan orang seperti gimana kamu pengen diperlakukan.

CD : Ada pesan untuk fans kamu atau orang-orang di Indonesia yang ga sabar dengerin album kamu nanti?
DARIN : Aku Cuma pengen bilang, aku bener-bener ga sabar ketemu kalian dan aku berharap kamu suka Nobody Knows dan albumku. Album dan singleku akan rilis sebentar lagi semoga kalian semua suka. Jadi, stay tune karena aku bakal dateng sebentar lagi.

CD : Can’t wait to have you in Indonesia. Terima kasih banyak dan semoga harimu indah!
DARIN : Terima kasih banyak. Sampai jumpa lagi.

dundhee yuwono
CreativeDisc Contributor
@dundhee_

Related posts

Leave a Reply