'Smells Like Teen Spirit" Milik Nirvana Adalah Lagu Paling Ikonik Menurut Penelitian Ilmiah

Oleh: admincd - 29 Sep 2015

Sebuah studi ilmiah menunjukkan jika 'Smells Like Teen Spirit', hits milik band pengusung grunge, Nirvana, merupakan lagu paling ikonik sepanjang masa. Hal ini terungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan di Goldsmith, University of London.

Pimpinan penelitian ini, Dr. Mick Grierson, yang telah melakukan studi atas 50 lagu yang diambil dari berbagai daftar "best-ever" dan menggunakan perangkat lunak khusus untuk menganalisa lagu-lagu tersebut berdasarkan kunci nadanya, BPM, varietas chord, isi lirik, varietas timbral dan variasi sonik.

Berdasarkan penelitian ini mereka menemukan jika hal umum paling signifikan yang menandakan lagu-lagu tersebut adalah menggunakan sound dengan sangat cara yang dinamis dan variatif dibandingkan lagu-lagu lain. Inilah yang membuat sound lagu-lagu yang berada dalam penelitian mereka terdengar antusias dan menangkap atensi pendengar lagunya.

Dan berdasarkan "rumusan" seperti itulah akhirnya ditarik kesimpulan jika 'Smells Like Teen Spirit' merupakan lagu paling ikonik sepanjang masa, diekori barisan lagu lain yang berada di belakangnya, seperti 'Imagine' (John Lennon), 'One' (U2), 'Billie Jean' (Michael Jackson) dan 'Bohemian Rhapsody' (Queen), yang mengambil posisi 2, 3, 4 dan 5 dalam daftar ini.

Beberapa lagu lain yang masuk dalam daftar adalah 'Creep' milik Radiohead dan 'Sweet Child O' Mine' milik Gun N' Roses.


Haris

CreativeDisc Contributor

@oldeuboi

admincd
More from Creative Disc