Nasib Toko Musik Semakin Malang Dengan Ditutupnya Banyak Gerai Disc Tarra & Duta Suara

Oleh: admincd - 10 Nov 2015

Platform penjualan album musik memang selalu berevolusi. Mulai dari vinyl, kaset, CD dan kini digital yang mendominasi. Sebagaimana proses evolusi, bentuk dari tahapan sebelumnya pun mulai ditinggalkan, sebagaimana nasib vinyl saat kaset berkuasa. Kaset pun perlahan tapi pasti digantikan oleh CD. Namun kini CD fisik pun mendapat tantangan yang keras karena konsumen cenderung lebih memilih digital ataupun streaming.

Tapi akses untuk hal ini pastilah lebih terasa oleh toko yang menjual produk musik dalam kemasan fisik. Entah vinyl, kaset atau CD, selalu berbentuk fisik sehingga menemukan tempatnya di toko musik. Namun, dengan hadirnya file digital atau streaming, konsumen bisa mengakses lagu atau album yang mereka mau kapan saja dan dimana saja, melalui perantaraan gadget mereka.

Inilah yang menyebabkan orang mungkin malas menyambangi toko musik yang pada akhirnya berimbas dengan penurunan penjualan toko-toko musik ini dan pada akhirnya terancam untuk tutup. Sudah banyak kasus terjadi dimana puluhan toko musik besar, seperti Tower Records dan HMV. Kini dua toko musik besar Indonesia, Disc Tarra dan Duta Suara, juga akan menyusul nasib yang sama, sebagaimana Aquarius Musikindo yang sudah tutup di tahun 2013 lalu.

Disc Tarra, yang merupakan toko musik kenamaan dan telah malang melintang selama berpuluh tahun, dikabarkan akan menutup sebanyak 40 gerai mereka di seluruh Indonesia, dan akan menyisakan sebanyak 8 gerai saja yang kesemuanya berlokasi di Jakarta.

Menurut Miranty Paramitha, A&R International Disc Tarra, sebagaimana yang dilansir dari Rolling Stone Indonesia, pendapatan Disc Tarra melalui penjualan CD dan DVD yang terus turun sejak lima tahun lalu menjadi penyebab mereka harus menutup puluhan gerai tersebut. Lebih lanjut, Disc Tarra juga akan menekuni dunia streaming sebagai rencana ke depan mereka untuk bisa tetap bertahan.

Menyusul Disc Tarra, maka Duta Suara yang merupakan salah satu toko musik tertua di Indonesia, juga memberi kabar penutupan yang sama. Dua gerai mereka yang berlokasi di Mal Kelapa Gading dan Mall Taman Anggrek akan segera ditutup pada Desember mendatang. Penutupan ini menyusul beberapa gerai mereka yang sudah ditutup sebelumnya. Kini Duta Suara hanya akan menyisakan satu cabang saja, yaitu berlokasi di Jl. H. Agus Salim, Sabang, Jakarta Pusat.

Meski begitu, tetap banyak yang masih mencintai atau mengkoleksi album musik dalam bentuk fisik, karena memiliki nilai romantisme yang jauh berbeda dengan digital. Oleh karenanya, jika kesulitan untuk memiliki CD fisik, bisa memesan langsung ke CreativeDisc atau mengunjungi lazada.co.id/creativedisc atau via line@ @creativedisc. Selain itu, bisa juga mendatangi langsung gerai CreativeDisc di PTC lt UG E8-18, Surabaya.

Haris

CreativeDisc Contributor

@oldeuboi

admincd
More from Creative Disc