Trending News

Blog Post

Album of the Day: Bring Me The Horizon – That’s The Spirit
Album of The Day

Album of the Day: Bring Me The Horizon – That’s The Spirit 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Band asal UK, Bring Me The Horizon, yang namanya kian menanjak sejak kemunculan pertama mereka di industri musik pada tahun 2006 silam kini merelease album kelima mereka yang berjudul ‘That’s The Spirit’. Nama Bring Me The Horizon semakin dikenal para pecinta musk alternative ketika mereka merelease album ‘Sempiternal’ pada tahun 2013 lalu yang juga adalah album pertama mereka yang direlease oleh major label. Dengan single-single seperti ‘Shadow Moses’ dan ‘Sleepwalking’, Bring Me The Horizon berhasil merajai chart alternative di seluruh dunia dan sekaligus menjadikan album ‘Sempiternal’ adalah album tersukses mereka. Pada tahun 2015 ini Bring Me The Horizon kembali lagi dengan album terbaru mereka yang berjudul ‘That’s The Spirit’. Bisakah album ini melanjutkan kesuksesan album ‘Sempiternal’? Seperti apakah sound yang mereka usung untuk albm baru mereka ini? Mari kita simak bersama-sama.

Melihat lebih jauh ke dalam album berisi 11 tracks ini, ‘That’s The Spirit’ diproduseri oleh vokalis dan keyboardist Bring Me The Horizon sendiri yaitu Oliver Sykes dan Jordan Fish. Bring Me The Horizon adalah sebuah band yang tidak takut untuk mengeksplorasi music mereka agar terdengar fresh dan berbeda di setiap album yang mereka release. Bring Me The Horizon dikenal sebagai band pengusung genre Metlacore namun pada album baru ini Bring Me The Horizon berpindah haluan ke arah alternative metal dengan sound yang lebih clean dan ringan dibanding sound dari album-album mereka terdahulu.

‘That’s The Spirit’ dibuka oleh sebuah lagu berjudul ‘Doomed’. ‘Doomed’ adalah sebuah lagu yang dengan bersenjatakan scream dari Oliver Sykes yang khas dan mengingatkan akan track-track dari album ‘Sempiternal’. Tracks selanjutnya ada ‘Happy Song’ dan ‘Throne’, 2 lagu ini adalah lagu yang direlease sebagai promotional singles untuk album ‘That’s The Spirit’ dan 2 lagu ini jugalah yang menjadi pemicu pro dan kontra untuk album ‘That’s The Spirit’. ‘Happy Song’ adalah sebuah lagu yang dibuka dengan suara dari choir anak-anak yang dibalut dengan melodi dari distorsi gitar dan chorus yang anthemic. Sedangkan ‘Throne’ adalah sebuah lagu electro rock yang mengingatkan kita akan lagu-lagu dari Linkin Park.

Banyak orang mengambil kesimpulan akan album ‘That’s The Spirit’ setelah mereka mendengarkan 2 lagu tersebut dan hal itu tidaklah salah karena evolusi sound seperti inilah yang bisa kalian dapatkan dalam album baru Bring Me The Horizon melalui lagu-lagu seperti ‘Drown’, ‘Oh No’ dan ‘Blasphemy’. Tidak hanya dari segi music, Bring Me The Horizon juga megalami evolusi dari segi lyric dan hal tersebut bisa kita dengar dalam lagu ‘Follow You’. Sebuah lagu emotional dengan lyric yang kelam dan romantis seperti ‘You can drag me through hell and I will follow you’. Kalau harus memilih 1 lagu yang outstanding dari album ‘That’s The Spirit’ maka pilihan tersebut jatuh ke dalam lagu ‘What You Need’. Oliver Sykes sempat mengalami gangguan pita suara yang menyebabkan Ia tidak bisa melakukan scream seperti dulu lagi dan juga tentunya mempengaruhi vokalnya secara keseluruhan. Namun dalam lagu ‘What You Need’ kita bisa mendengar range vocal dari Oliver Sykes yang luas dan juga scream yang menjadi ciri khasnya.

Secara keseluruhan, ‘That’s The Spirit’ adalah album yang berhasil menunjukkan kedewasaan dari Bring Me The Horizon dengan tidak takut berinovasi dan meninggalkan comfort zone mereka. Fans yang mengharapkan Bring Me The Horizon untuk tetap berada dalam jalur metalcore kemungkinan besar akan kecewa terhadap album ini namun bagi para fans yang ingin melihat Bring Me The Horizon berkembang dalam segi music bisa dipastikan akan sangat puas dan satu hal yang bisa dipastikan, melalui album ‘That’s The Spirit’ music Bring Me The Horizon kini akan bisa diterima oleh lebih banyak penikmat music dari berbagai genre. Definitely one of the best album in 2015 !!!

iTunes

iTunes

Official Website

TRACKLIST
1. “Doomed” 4:34
2. “Happy Song” 3:59
3. “Throne” 3:11
4. “True Friends” 3:52
5. “Follow You” 3:51
6. “What You Need” 4:11
7. “Avalanche” 4:22
8. “Run” 3:42
9. “Drown” (new version) 3:42
10. “Blasphemy” 4:35
11. “Oh No” 5:00

William SupardiWilliam Supardi
CreativeDisc Contributor
@will14msupardi

Related posts

Leave a Reply