Trending News

Blog Post

CreativeDisc Interview With Mogwai: Ritual Minum Wine untuk Usir Demam Panggung
Artist Interviews

CreativeDisc Interview With Mogwai: Ritual Minum Wine untuk Usir Demam Panggung 

Band aliran postrock asal Glasgow yang akan merilis album terbarunya bertajuk “Atomic” bulan April mendatang, MOGWAI menyempatkan waktu untuk ngobrol singkat bersama Creative Disc pada event Neon Lights Festival di Singapura lalu. Simak obrolan Mogwai berikut!

John Cummings telah keluar dari Mogwai, apakah kalian punya rencana cari penggantinya?

Well, kami belum berencana apapun untuk menggantikannya, saat ini kami bertahan dengan yang masih bersama kami dan selama semuanya bisa dijalani dengan baik.

Selama kalian bermusik dan berada di industri musik, hal apa sih yang menurut kalian bisa membuat kalian bahagia di jaman modern ini?

Kalian tahu, kami sangat senang saat ini banyak sekali musisi masih bisa membuat musik mereka dari kamar mereka sendiri. “ Anyone can make their own music on their own bedroom”. Oh ya dan tentu saja, saat ini lebih banyak penikmat musik yang mau membeli karya musisi/ band favoritnya via digital dan kami sangat menghargai hal itu, apalagi

Tahun 2016, apa yang sedang kalian siapkan?

Kami sudah mempersiapkan album sountrack terbaru kamu dengan title “Atomic” , dan merekam beberapa lagu lagi setelah ini jadi ya tahun 2016 adalah tahun produktif untuk Mogwai.

Mogwai 02

20 tahun sudah kalian bermusik bersama, gimana sih cara kalian menjaga kesolidan sesama personil?

Well, karena kami sering menghabiskan waktu bersama, dan syukurlah kami  memiliki sense of humor yang bagus. Intinya sih membuat semuanya menjadi lebih fun untuk dijalani saja. Apalagi sekarang kami sudah tak muda lagi jadi kami harus benar-benar dewasa untuk menyikapi masalah yang ada.

Apa sih ritual kalian sebelum manggung?

Kami minum banyak wine sebelum perform, yeah itu sangat menenangkan. Nervous dan demam panggung juga masih terjadi pada kami biasanya, so kami butuh sesuatu yang membuat kami tenang.

Berbicara tentang judul-judul lagu yang kalian ciptakan, kenapa sih kalimatnya selalu “tidak biasa dan absurd”, seperti judul “How to be a Werewolf”, “You’re Lionel Richie”, Hexon Bogon”, “Mogwai fear Satan” dll, darimana kalian dapat inspirasi semacam itu?

Again, ini ada hubungannya dengan alcohol, kalian tahu?. Biasanya saat kami berada di tour bus setelah minum beberapa shot dan kadang Dominic yang paling sering mengeluarkan statement yang absurd dan konyol sekali, atau apapun yang kita baca dan itu terkesan aneh langsung kita catat dan jadilah judul-judul aneh itu. Hahahahah.

Last question, The best show/concert ever for Mogwai?

Hmm susah juga, kami melakukan banyak sekali perjalanan. Tapi kalau harus memilih, sepertinya tampil di Glastonbury merupakan salah satu prestasi yang kami alami. Kami sangat bahagia tampil disana dengan crowd yang luar biasa.

Ternyata berbincang dengan Stuart dan Barry Mogwai tidak serius saat kita mendengarkan musik mereka, Mogwai menceritakan semua kejadian dengan banyak tertawa dan candaan bersama kami. Sebuah momen berharga untuk bisa berjumpa dengan band postrock eksentrik ini, Mogwai.

Big thanks to Neon Lights Festival and Shirene Menon.

Text and interview by Lauretha

Photos by Ardy P.F

Related posts

Leave a Reply