Trending News

Blog Post

STREET DEALIN 9 : THE BIGGEST STREET ART PARTY IN INDONESIA!
Music News

STREET DEALIN 9 : THE BIGGEST STREET ART PARTY IN INDONESIA! 

Sebagai pelopor komunitas Street Art di Indonesia, khususnya Jakarta, Gardu House menggelar acara street art terbesar pada 19 Desember lalu. Dengan bekerjasama dengan Jakarta Biennale dan Maja Esa, Gardu House menggelar Street Dealin 9, acara tahunan yang menjadi ajang pesta street art terbesar di Indonesia.

Street Dealin 9 atau biasa disebut SD 9 yang diadakan di Gudang Sarinah Pancoran kali ini bisa dibilang yang paling besar dibandingkan acara sebelumnya. Mengundang 24 seniman lokal dan internasional diantaranya ada Very One (Japan), Haser (New Zealand), Egg Fiasco (Filipina), Tutu dan Abang8 (Indonesia), para seniman ini melakukan live painting di area tembok besar, tembok di sekitar area Gudang Sarinah dan bis tingkat.

Para penikmat street art juga bisa melihat-lihat berbagai clothing line, karya, artist merchandise serta kebutuhan street art dan artwork dari 30 toko di area bazaar. Para riders dari Jakarta BMX pun juga akan turut menunjukan keahliannya di iringi oleh para DJ drum and bass di BMX park yang ada di area Street Dealin 9.

Street Dealin 9 juga dimeriahkan dengan penampilan dari para musisi Hip Hop terkenal seperti Iwa K, Doyz, EYEFEELSIX, Begundal, Neo dan musisi lainnya. Animo penonton pun menggelora. Semua bernyanyi bersama, terutama saat Iwa K tampil membawakan beberapa single hitsnya seperti Bebas dan Nombok Dong! Seperti kembali ke era 90-an nih.

“Event ini juga sekaligus menjadi ajang edukasi masyarakat, bahwa street art itu bukan berarti kegiatan vandalisme. Street art bisa menjadi wadah untuk berkreasi dan menyalurkan bakat,” ungkap Bima, Ketua Street Dealin 9. “Selain itu, kami dari Gardu House ingin agar event ini bisa memberikan makna lebih bagi para pelaku street art di Indonesia dan Asia Tenggara. Street Dealin bisa menjadi acara wajib para grafitti artist dan menjadi titik berkumpulnya para pelaku grafitti untuk bisa bertemu, berkomunikasi, kenalan, serta merayakan kultur grafitti yang semakin membesar dan meluas!” jelas Bima.

Saya juga sempat ngobrol dengan Haser, Tutu dan Abang8 mengenai street art dan event ini. Mereka semua menyambut baik event ini dan merasa bahwa komunitas street art di Indonesia sudah sangat berkembang pesat. Bahkan Haser pun bilang bahwa di negaranya tidak ada event besar seperti ini, makanya dia merasa senang bisa ikutan event besar ini.

Senang rasanya CreativeDisc bisa menjadi bagian dari keriaan event street art ini. Kalo kamu ketinggalan event seru ini, tunggu Street Dealin 2016 ya! Bisa follow akun twitter dan instagram @GarduHouse untuk info lebih lengkap!

Support creativity movement!
Photo: Dokumentasi Gardu House
Thank you Gardu House!

Related posts

Leave a Reply