Trending News

Blog Post

Album of the Month: Charlie Puth – Nine Track Mind
Album of The Day

Album of the Month: Charlie Puth – Nine Track Mind 

Released by: Warner Music Indonesia

Setelah agak tertunda beberapa bulan, akhirnya “Nine Track Mind“, album debut salah satu penyanyi pendatang baru yang namanya tengah bersinar, Charlie Puth, dirilis juga. Ekspektasi jelas besar disampirkan ke dirinya atau album ini. Mengapa tidak? Kolaborasinya dengan Wiz Khalifa dalam ‘See You Again’ merupakan salah satu hits terbesar tahun lalu. Tidak heran jika banyak yang mengira-ngira, apa dan bagaimana yang ditawarkan Puth dalam album ini?

Sebelumnya ada ‘Martin Gaye’, yang merupakan kolaborasinya bersama penyanyi pendatang baru yang tengah naik daun lain, Meghan Trainor. Nomor doo-woop ini memang sedap didengar. Pas pula dengan karakter musik yang biasa dibawakan oleh Trainor. Kerjasama kompak ini memberi semacam jalan pembuka yang cukup signifikan bagi karir Puth.

Retro-pop sepertinya memang yang ingin ditawarkan Puth dalam album “Nine Track Mind”. Setidaknya seperti yang ingin digambarkan Puth melalui track pembuka sekaligus single berikut yang dilemparnya ke pasar, ‘One Call Away’. Tapi track ini juga mengindikasikan jika Puth pun cinta akan pop RnB, sehingga bisa dikatakan ‘One Call Away’ memberi penegasan arah “Nine Track Mind” berikutnya. Retro, pop, RnB, namun tetap terdengar urban atau modern.

Maka simaklah track-track seperti ‘Dangerously’ yang gempita, atau ‘Left Right Left’ yang laidback, atau ‘Sufffer’ dimana Puth mencoba memamerkan dirinya dalam meliuk-meliukkan vokal. Nomor doo-woop kembali diimplementasikan dalam track catchy berjudul ‘As You Are’ yang menggandeng Shy Carter.

Selepasnya, “Nine Track Mind” diisi oleh track-track RnB kontemporer yang kekinian dan memamerkan vitalitas seorang Charlie Puth. Dalam ‘Losing My Mind’, meski tetap memasukkan sentuhan retro, tapi lagu pop RnB ini jelas ingin membuat pendengarnya merasakan sentuhan urban. Puth harus dipuji mampu menyanyikan lagunya dengan emosi yang pas, sehingga lagu romantis ini terdengar menghanyutkan tanpa harus terdengar terlalu melodramatis.

Charlie Puth memang seolah menjawab tantangan jika ia bukan penyanyi spesialias lagu retro atau klasik melalui album “Nine Track Mind”. Dalam ‘My Gospel’ ia terdengar begitu hip, bahkan sensual, di tengah tema lagu yang cenderung…obsesif-kompulsif. ‘Up All Night’ mungkin mencoba mengulang formula sukses ‘See You Again’, tapi setidaknya lagu ini masih mampu memberi rasa haru yang cukup tebal untuk pendengarnya.

Tidak terlalu luar biasa memang. Masih menawarkan pop easy listening dan catchy. Tapi setidaknya tidak melulu sebuah bubblegum pop yang mudah terlupakan. Mungkin lain kali ia perlu mengeksplorasi lebih jauh pilihan musiknya, karena ia memiliki modal untuk itu.

Tapi, terlepas dari itu, “Nine Track Mind” adalah sebuah debut yang menjanjikan, dan Charlie Puth sudah memulai langkahnya dengan cukup baik.

iTunes

Official Website

TRACKLIST
1. “One Call Away” 3:14
2. “Dangerously[13]” 3:19
3. “Marvin Gaye” (featuring Meghan Trainor) 3:10
4. “Losing My Mind” 3:32
5. “We Don’t Talk Anymore” (featuring Selena Gomez)3:37
6. “My Gospel” 3:30
7. “Up All Night” 3:10
8. “Left Right Left” 3:26
9. “Then There’s You” 3:34
10. “Suffer” 3:30
11. “As You Are” (featuring Shy Carter) 3:55
12. “Some Type of Love” 3:07
13. “See You Again” (featuring Wiz Khalifa) 3:49

Related posts

Leave a Reply