American Idol Semi-Final Group 2 Review (Duet & Result Show)

Oleh: admincd - 23 Feb 2016

Setelah menunjukkan kebolehan lewat performance solo kemarin, kini setengah dari Top 24 American Idol Season XV akan kembali bernyanyi secara duet dengan alumni-alumni dan juara American Idol di season sebelumnya. Tidak hanya bertindak sebagai rekan duet, Idol alums tersebut juga akan menjadi mentor untuk para peserta. Juri juga mengatakan bahwa babak duet ini juga memengaruhi penilaian untuk lolos ke babak Top 10, maka para peserta dituntut untuk tidak hanya have fun dalam penampilannya. Pertanyaannya, siapa sajakah yang stand out? Siapa saja yang outshined by the alum? Dan yang paling penting, siapa sajakah yang pada akhirnya akan lolos ke babak Top 10? 

AMELIA EISENHAUER & KELLIE PICKLER – “Suds in the Bucket” (Sara Evans)


Right pairing between Amelia and Kellie, karena mungkin hanya Kellie yang cocok untuk berduet dengan Amelia. Gadis ini pun nampak sangat nyaman menyanyikan lagu ini, dan jauuuuh lebih bagus daripada penampilan solonya kemarin. Menurut saya tipe lagu seperti inilah yang harus dinyanyikan Amelia. Bukan lagu coba-coba yang ia nyanyikan waktu perform solo kemarin.

KORY WHEELER & HALEY REINHART – “Bennie and the Jets” (Elton John)


It’s nice to see Haley back to Idol stage. Honestly I was kinda skeptical about this duet. Karena Bennie and the Jets adalah lagu sakral yang hanya boleh dinyanyikan Haley di panggung Idol. Beruntung Kory yang dipasangkan untuk menyanyikan lagu ini, karena Kory sebelumnya pernah menyanyikan lagu ini di audisi. Kory looked great, and Haley too. Meskipun tidak se-magical penampilan Haley di Season 10, tapi penampilan tadi masih tergolong bagus. Nice job. Loving it.

LEE JEAN & CHRIS DAUGHTRY – “Home” (Daughtry)


I was also skeptical about this duet, agak under estimate Lee juga. Tapi saya salah. Lee dan Chris terdengar sangat menyatu di lagu ini. Saya setuju dengan juri bahwa tiga duet yang pertama ini adalah sebuah victory. Meskipun Lee tidak bisa mengungguli atau bahkan menyamai pesona dari Chris, tapi setidaknya duet ini tidak terlihat seperti artis yang sedang bernanyi bersama random person yang diajaknya ke atas panggung.

CJ JOHNSON & DAVID COOK – “The World I Know” (Collective Soul)


Akhirnya lagu yang cocok untuk CJ. Entahlah saya pribadi merasa adanya duet antara peserta dengan alumni Idol ini ada baik dan buruknya, baiknya peserta bisa mendapat nasihat dan pengalaman para alumni, tapi buruknya sangaaat terlihat jarak antara yang mana American Idol dan mana yang tidak. Sama seperti duet ini. CJ hanya terlihat sebagai sidekick sedangkan David sebagai aktor utama. Semua mata tertuju pada David Cook. Tapi yeah, pretty good duet tho.

MANNY TORRES & JORDIN SPARKS – “No Air” (Jordin Sparks feat. Chris Brown)


Saya sudah menduga bahwa lagu ini pasti akan dinyanyikan saat duet, dan benar saja. Manny pun serasa mendapat keuntungan karena ini adalah lagu duet dan dia hanya perlu menyanyikan bagian Chris Brown saja. Anyway, I’m starting to like Manny Torres. Genre seperti inilah yang cocok untuk Manny, Pop RnB. Secara emosi, ini adalah duet terbaik sejauh ini.

JENN BLOSIL & CONSTANTINE – “My Funny Valentine” (Frank Sinatra)


The most WTF kind of pairing. I really don’t like it. Sejelek-jeleknya Joey Cook menyanyikan lagu ini, bahkan masih lebih jelek duet ini. Entahlah really not into this. Sejujurnya beberapa minggu yang lalu saya sempat membayangkan Jenn menyanyikan lagu ini dengan suaranya yang mirip Sia. Tapi setelah melihat duet ini, saya kehilangan mood itu. Mungkin aransemennya yang tidak tepat. Atau mungkin mereka akan lebih baik jika menyanyi secara solo, bukan berduet seperti ini.

TRISTAN McINTOSH & KELLIE PICKLER – “Best Day of Your Life” (Kellie Pickler)

Saya masih bertanya-tanya apakah Tristan adalah penyanyi country atau tidak. Kalaupun benar ia memilih genre country, rasa-rasanya ia masih perlu belajar lagi bagaimana menyanyi country yang pure country. Semakin minggu juga sepertinya Tristan semakin melemah. This wasn’t a good duet. Ada beberapa bagian yang pitchy juga. Sepertinya tidak lama lagi perjalanan Tristan di Idol akan terhenti.

OLIVIA ROX & DAVID COOK – “Light On” (David Cook)

I can say that is is THE PER-FECT PAIRING. Lagu yang dipilih juga tidak terlalu buruk (sebenarnya jika saya boleh memilih, saya akan memilih lagu Always Be My Baby untuk mereka nyanyikan). I love it, salah satu yang terbaik malam ini.

ADAM LASHER & HALEY REINHART – “Can’t Help Falling in Love” (Elvis Praisley)

Single terbaru Haley, Can’t Help Falling in Love, yang saat ini ada di posisi 33 US iTunes, adalah lagu yang calmly beautiful. Saya juga merasakan ada aura Elvis dalam tubuh Adam. First goose bumps of the night! Adam terlihat sedikit tidak nyaman (atau mungkin gugup). I don’t know, saya juga merasa Adam akan lebih sukses jika ia berkompetisi di The Voice. American Idol sepertinya bukan tempat yang cocok untuk Adam.

DALTON RAPATTONI & CHRIS DAUGHTRY – “Higher Ground” (Stevie Wonder)

Tidak bisa disangkal lagi kalau Dalton adalah peserta yang paling siap untuk memenangkan kompetisi ini, I mean look at him. Bahkan ini adalah duet pertama yang menurut saya alumni Idol-nya outshined by the contestant. Chris Daughtry serasa tenggelam. Weird song choice anyway, saya lebih menyarankan Dalton dan Chris menyanyikan “What About Now” milik Daughtry. Karena saya merasa tidak nyaman melihat Dalton yang moving too much.

TRENT HARMON & JORDIN SPARKS – “To Love Somebody” (Bee Gees)

They both killed it. Love this guy, love Jordin, love this performance. They took us to church. Dipastikan Trent akan melangkah jauh di season kali ini. Vokal mereka berdua menyatu dengan sempurna. Ugh I can’t say anything more.

SHELBIE Z & CONSTANTINE – “Bohemian Rhapsody” (Queen)

Wow ini adalah lagu yang luar biasa besar untuk Shelbie, and I’m not expecting this duet, at all. Duet ini ditaruh pada giliran terakhir, dan seperti biasa anggapan saya adalah we save the best for the last. Saya mengharapkan akan ada sesuatu yang “meledak” di penampilan ini. Tapi entahlah duet ini terasa begitu bland. Lagu ini terlalu besar untuk Shelbie dan seharusnya lagu ini dinyanyikan secara solo. Meh.

Dilihat dari dua penampilan peserta, baik solo maupun duet, inilah ranking dari terbaik ke terburuk:

  1. Dalton Rapattoni
  2. Olivia Rox
  3. Manny Torres
  4. Trent Harmon
  5. Kory Wheeler
  6. Lee Jean
  7. Shelbie Z
  8. Adam Lasher
  9. Jenn Blosil
  10. CJ Johnson
  11. Tristan McIntosh
  12. Amelia Eisenhauer

Tapi, pada akhirnya juri memilih orang-orang berikut untuk diloloskan: Lee Jean, Olivia Rox, Jenn Blosil, Dalton Rapattoni, Manny Torres, Tristan McIntosh, dan Trent Harmon.

And we have to say goodbye to Shelbie Z, Kory Wheeler, Amelia Eisenhauer, Adam Lasher, dan CJ Johnson.

Did the judges made the right choice?

Teks oleh:

Arif Firmansyah

admincd
More from Creative Disc