Trending News

Blog Post

Exclusive Interview Michael 5SOS: Aku Cinta 5SOS Fams di Indonesia!
Artist Interviews

Exclusive Interview Michael 5SOS: Aku Cinta 5SOS Fams di Indonesia! 

Salah satu band yang konsernya sangat ditunggu-tunggu di Indonesia bisa jadi adalah konser dari band satu ini, yaitu 5 Seconds of Summer (5SOS). Terkenal lewat saat mereka jadi opening act dari Hot Chelle Rae dan One Direction, band asal Australia ini beberapa waktu lalu juga mampir ke Bali untuk liburan. 5SOS akan menggelar konsernya pertama kali di Indonesia bulan Maret. CreativeDisc mendapatkan kesempatan dari pihak promotor, Live Nation Indonesia untuk menginterview via telpon salah satu member dari 5SOS yaitu Michael Clifford tanggal 4 Februari 2016 kemarin. Apa aja yang kita tanyakan? Check this out!

CreativeDisc : Halo Michael! Kamu sekarang ada dimana nih?
Michael : Halooooo ~~ Sekarang aku sedang ada di Los Angeles, dan aku berharap aku sedang ada di Indonesia.

CD: Jadi, desember lalu, kalian ke Bali, bener kan?
M : Yah betul, kami liburan disana dan itu adalah pertama kalinya kita liburan ke suatu Negara bersama-sama tanpa ada kepentingan pekerjaan di dalamnya. Itu sangat menyenangkan. Bener-bener Negara yang indah, dan orang-orangnya juga ramah.

CD : Ini pertama kalinya kamu ke Indonesia ya? Trus gimana menurut kamu soal orang-orang atau mungkin makanannya?
M : Yeap! Ini pertama kalinya aku ke Indonesia. Dan itu amazing. Makanannya bener-bener luar biasa dan aku ga sabar buat balik lagi kesana.

CD : Trus, kemana aja kalian selama di Bali?
M : Kami kayaknya ke seluruh penjuru pulau selama di Bali, soalnya kami selalu berpindah dari satu hotel ke hotel lainnya. Itu bener-bener pengalaman yang luar biasa, serius.

CD : Kalian berapa lama sih di Bali?
M : Kita disana 2 minggu, dan kita udah berasa sedikit seperti orang Indonesia selepas liburan itu.

CD : Wow! Kalo begitu, aku percaya kalo kamu bisa ngomong sesuatu dalam bahasa Indonesia.
M : Well, u know what. Aku ga akan bohong, aku tidak terlalu belajar banyak waktu itu. Aku sangat buruk untuk itu. Aku sempet coba bilang kata-kata seperti “All Good” atau “No Worries” dalam Bahasa Indonesia tapi aku malah mengacaukannya.

CD : Aku senang kamu menikmati Indonesia sebegitunya, Michael.
M : Yeah, Itu sangat mengesankan, dan aku ga sabar untuk bisa melihat orang-orang di Jakarta dan sepertinya aku harus kembali ke Bali suatu hari nanti.

CD: Ya, dan itu harus! Okay Michael, Yuk kita obrolin soal album kalian. Aku sudah dengerin, albumnya keren banget dan gimana nih menurut pendapatmu soal album terbaru kalian ini sejauh ini?
M : Terima kasih! Tahukah kamu, itu sangat menyenangkan sekali, mendengar banyak orang yang mendengarkan album Sounds Good Feels Good dan bilang kalau mereka menyukai perubahan yang kami lakukan di album kami ini. Beberapa waktu ini, kami juga sedang menulis beberapa lagu untuk album ketiga kami dan kami ga sabar mendengar pendapat kalian untuk album ini nantinya.

CD: Ya! Itu juga yang aku tahu dari akun snapchat official kalian dan tweetnya Ashton kalau kalian sedang menulis lagu-lagu baru. Kasih bocoran dikit donk soal lagu-lagu ini?
M : Yeah, betul sekali. Kami memang sedang di studio beberapa hari ini buat nulis lagu. Dan itu sangat menyenangkan sekali, karena kami mulai lagi hal ini. Sebagai musisi, kami pengen banget terus mengembangkan music kami dan kami memang sedang mengubah sedikit musik kami, jadi nantinya lagu kami akan terdengar sedikit berbeda dari sebelumnya karena kami selalu denger apa sih yang disuka sama fans kami atau orang-orang di sekitar kami. Perubahan ini bukan perubahan secara drastis, tapi lebih seperti perubahan dari album pertama kami ke Sounds Good Feels Good ini.

CD : Wah! Jadi ga sabar ya dengerin lagu baru kalian! Trus, soal Sounds Good Feels Good lagi, ada musisi yang jadi inspirasi kalian ga sih?
M : Yang terbaik menjadi bagian dari band ini adalah kami punya inspirasi dari musisi yang berbeda, contohnya Ashton suka Classic Rock seperti Queen dan sebagainya. Jadi kita seperti punya banyak sekali genre board dan itulah yang menyenangkan tentang band ini, kita ga pernah terpaku pada satu genre saja, itulah kenapa masing-masing lagu di album kita terdengar beda, dan itulah yang kita akan pertahankan ke depannya. Susah sekali sebenernya untuk mengkotak-kotakkan musisi mana yang jadi inspirasi kami karena memang banyak sekali. Kita bisa terinpirasi dari Green Day, Blink 182, Nirvana, Queen, atau bahkan The Eagles, sampai David Bowie juga.

CD : Wow! Range music yang lebar banget ya! Oke Michael, karena kalian semua adalah vokalis dalam band ini, gimana sih kalian membagi-bagi siapa yang akan menyanyikan part di sebuah lagu?
M : Aku juga ga tahu. Itu seperti terjadi gitu aja, kita ga pernah mikirin terlalu gimana gitu. Kita menyanyikannya aja dan kalo emang terdengar bagus atau kalo emang dia nyaman dengan part itu ya sudah dia yang akan menyanyikan. Lebih ke natural aja sih. Dan kita juga tahu banget siapa yang bakal pas banget untuk menyanyikan part mana di lagu itu. Jadi ya, seperti itulah.

CD: Kembali ke tahun 2011, kalian masih jadi Youtuber waktu itu, cover beberapa lagu hits. Trus kalian terpilih jadi opening act untuk Hot Chelle Rae dan One Direction. Gimana tuh ceritanya? Trus pernah nyangka ga sih kalo bisa jadi opening act mereka?
M : Aku sih merasa dulu waktu kita mengcover lagu di Youtube, kita ga berpikir untuk bisa sebesar sekarang. Kita main musik karena kita suka dan kita ga pernah berpikir akan seperti apa band ini karena kita masih kecil-kecil juga waktu itu. Trus saat kita dapat kesempatan untuk main di panggung besar bareng musisi-musisi hebat seperti One Direction, itu benar-benar mengubah kehidupan kami yang dulunya berasal dari antah berantah mendadak bisa manggung di depan banyak sekali orang. Ga mudah emang sampai pada posisi kami sekarang, kami seperti bekerja tiap hari (kecuali Bali, tentu saja!) dan, yeah, semuanya itu tentang kerja keras dan dedikasi.


CD: Apa nih yang kamu rasakan berubah drastis dari kamu yang dulu dengan yang sekarang?
M : Um, yang berubah sih kami sebagai manusia, sekarang kami sudah dewasa (itu terasa aneh, hehe) dan kami sedang belajar untuk hidup berdampingan sebagai band dan mulai belajar tentang dunia yang sebenarnya, juga mulai berurusan dengan tagihan dan sebagainya! Ya intinya, segala hal yang berkaitan dengan kedewasaan-lah. Kami bukan anak kecil lagi.

CD: Lalu, Michael, kalian akan mulai tur kalian bulan Februari, gimana nih persiapan kalian sejauh ini?
M : Kamu mau pernyataan jujur? Kami belum mulai preparationnya sama sekali. Menurut jadwal kami akan mulai di hari Jumat (PS: tanggal wawancara adalah 4 Februari) ini. Dan kami pengen melakukan sesuatu yang baru dan kami pengen orang-orang merasa puas dan punya keinginan untuk lihat konser kami berikutnya. Karena mungkin banyak orang yang sudah nonton kami di konser sebelumnya dan kami pengennya mereka merasa melihat konser dari band yang baru pertama kali mereka tonton.

CD : Ada yang spesial ga sih di konser kalian? Seperti apa nih konser kalian nantinya?
M : Kita punya desain panggung yang baru, kita punya ide baru untuk gimana memulai konsernya, gimana penataan lagunya, lightingnya, dan sebagainya, konser ini akan jadi konser yang luar biasa dan aku berharap kalian akan menyukainya.

CD : Trus ada alasan tersendiri ga kenapa kalian memulai tur kalian ini dari Asia terlebih dahulu?
M : Pertanyaan bagus! Kami sih merasanya kami udah lama banget ga ke Asia. Terakhir kami ke Asia adalah di bulan Februari tahun lalu, itupun kami cuma ke Jepang dan kami pikir ini adalah waktu yang tepat untuk kenal lebih jauh Negara-negara yang ada di Asia dan kami ga sabar untuk bisa berkunjung ke Indonesia, Filipina, Jepang, dan beberapa Negara lainnya.

CD : Michael, apa sih 5 hal yang ga diketahui orang soal kamu?
M : Um.. Uh.. Aku ga tahu nih. Karena kita sangat terbuka sama fans kita, jadi sepertinya mereka sudah tahu apapun tentang kita. Hahaha. Well, aku selalu mengikat “double knot” tali sepatuku. Trus, aku sedang pake coat sekarang walaupun disini panas, dan aku sedang duduk di studio sekarang. Itu aja sih yang bisa kupikirkan. Oh, aku ke dokter gigi hari ini, dan aku makan Mac n Cheese untuk menu makan siangku hari ini. That’s it! Hahaha.

CD : Terakhir, ada pesen ga buat orang-orang di Indonesia khususnya 5SOSFam yang bakal nonton kalian nantinya?
M : Oh, halo semua fans kami di Indonesia, aku mau bilang kita ga sabar buat ketemu kalian juga mengadakan konser disana. Aku berharap kalian akan suka tur kami yang baru, dan kami berharap kalian suka kami, (oke, aku mulai awkward), kami ga sabar untuk datang ke Jakarta, it’s gonna be awesome! Jadi, apa kalian sudah siapin tiket buat nonton konser mereka di Jakarta di bulan Maret mendatang?

Begitulah interview kita via telpon dengan Michael Clifford, eits tapi dengerin interview secara lengkap di soundcloud dibawah ini, karena kita juga menanyakan beberapa pertanyaan dari fans langsung ke Michael! Siapa tahu itu pertanyaan dari kamu? Dan kita juga sempet mengajarkan kepada Michael, beberapa kalimat dalam Bahasa Indonesia lho!

Interview & Teks by Dundhee
Special Thanks to Live Nation Indonesia

Related posts

Leave a Reply