Trending News

Blog Post

Album of the Day: Alessia Cara – Know-It-All
Album of The Day

Album of the Day: Alessia Cara – Know-It-All 

Dara asal Kanada kelahiran 11 Juli 1996 bernama Alessia Caracciolo atau yang lebih beken dengan Alessia Cara memang bagai meteor yang melesat cepat. Di tahun 2014 mungkin hanya sedikit sekali yang mengenal siapa dirinya. Namun di pertengahan 2015 namanya berkibar berkat single pertamanya yang menggoda, ‘Here’. Menyusul sebuah EP berjudul “Four Pink Walls”, yang dirilis pada bulan Agustus, beberapa bulan Cara menghadirkan album debutnya yang berjudul “Know-It-All“.

Pada dasarnya “Know-It-All” merupakan pengembangan dari “Four Pink Walls”, mengingat 5 track pertama adalah keseluruhan track yang terdapat dalam EP tersebut, termasuk sang single hits, ‘Here’. Dalam single ini Cara juga mengangkat sentimentalia retro, terutama pop-soul, yang entah mengapa rasa-rasanya menjadi begitu kerap diangkat lagi ke permukaan oleh banyak pendatang baru. Dalam ‘Here’ Cara menceritakan kegelisahan terperangkap dalam sebuah pesta yang tak bisa dinikmatinya. Dan ia menyanyikannya dalam gaya pop-soul bercampur RnB bergaya klasik tadi dengan sangat baik.

Lantas ada nomor doo-woop seperti ‘Outlaws’ yang menggoda penggemar untuk turut menggoyangkan tubuh. Untungnya tidak lantas terdengar seperti Meghan Trainor, meskipun memiliki pendekatan yang sama, mengingat karakteristik vokal yang cukup berbeda.

Jika mengira “Know-It-All” akan berisi track-track sejenis, maka perkiraan tersebut cukup salah. Album memang masih menyediakan ruang untuk track seperti ‘Scars To Your Beautiful’ yang mengentak atau balada ‘Rivers of Tears’ yang menjadi bonus track untuk edisi deluxe, dimana corak soul masih ditawarkan dengan baik. Namun, secara umum album cenderung diisi dengan semangat pop RnB yang lebih tebal.

Dan ini sudah ditunjukkan oleh track pembuka, ‘Seventeen’, yang agak mengingatkan akan dream/electropop yang biasa diusung oleh Lorde, meski tentunya dipadu dengan RnB tadi. Gaya bernyanyi Cara yang meliuk-liuk ternyata tidak melulu harus dicoretkan ke lagu-lagu RnB melulu. Ia justru ingin memperkaya pop cerahnya dengan gaya bernyanyi seperti itu.

Kalau kemudian ia mengajak berdansa dalam track seperti ‘I’m Yours’, tentunya dance dalam koridor ala Cara, maka yang bisa kita lakukan adalah mengikuti ritmenya yang sungguh mengasyikkan. Tampak menonjol jika Cara ingin menawarkan lagu-lagu melodius, gampang dicerna, juga mengusung tema-tema yang tetap berkutat dalam romansa remaja, namun dikemas dengan beat yang cukup cermat dan cerdas agar tidak terdengar jenerik, maka kita pun sadar jika ada alasan mengapa Cara bisa cepat melejit.

Ia bukan sebuah produk instan yang mengandalkan lagu catchy yang tak kalah instan, melainkan memelintir materi ringan dengan pendekatan yang lebih memiliki dimensi, nuansa dan permainan lirik yang lebih kaya. Menyimak ‘Wild Things’ atau ‘Four Pink Walls’ atau ‘Overdose’ adalah contoh sempurna dari pernyataan tadi.

Yang paling penting Cara juga cekatan dalam mengimbuhi lagunya dengan emosi yang tepat guna agar memberi impresi kuat pada pendengarnya. Mendengar balada ‘Stone’, dimana ia berkolaborasi bersama Sebastian Kole’, adalah seperti memasuki pusaran badai emosi yang meluluh lantakkan hati. Cara menyeret kita untuk memasuki sebuah kesenduan, meski tanpa harus terdengar melodramatis atau mengumbar kesedihan untuk itu.

“Know-It-All” adalah album yang cukup istimewa. Kemudaan Cara mungkin masih terasa, mengingat beberapa bagian masih terdengar sedikit mentah saat harusnya terdengar matang. Namun dimaafkan mengingat ia masih mudah belia. Lagi pula ia bukan hanya bermodalkan vokal menjulang, namun juga kemampuan menulis lagu yang handal.

Dengan kendali kontrol yang cukup besar di tangannya, Cara bukan hanya penyanyi, namun juga musisi yang mengerti benar apa yang ingin dikerjakannya. Jika sebuah album debut saja seperti “Know-It-All” ini bisa begitu gemilang, maka jelas kita bisa mengharapkan lebih untuk karya-karya seorang Alessia Cara berikutnya.

Official Website

TRACKLIST
1. “Seventeen” 3:33
2. “Here” 3:19
3. “Outlaws” 3:23
4. “I’m Yours” 3:49
5. “Four Pink Walls” 3:33
6. “Wild Things” 3:08
7. “Stone” (featuring Sebastian Kole) 3:48
8. “Overdose” 3:29
9. “Stars” 3:40
10. “Scars to Your Beautiful” 3:52

BONUS TRACK
11. “Here” (2:00 AM Version) 3:47
12. “River of Tears” 4:15
13. “My Song” 4:02

Related posts

Leave a Reply