Trending News

Blog Post

Album of the Day: Darin – Exit
Album of The Day

Album of the Day: Darin – Exit 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Dua tahun berselang dari perilisan aslinya, “Exit“, album studio keenam Darin akhirnya dirilis di Indonesia. Album apik yang menggabungkan antara pop, R&B, dan dance ini merupakan tahap baru dalam garis karir Darin, dimana ia secara resmi meluncurkan karirnya di adaratan Asia. Meskipun dengan kecanggihan teknologi dan perkembangan rilisan digital yang pesat, yang memungkinkan kita untuk mengenal Darin jauh sebelum albumnya secara resmi rilis di tanah air, tetap saja ini merupakan momentum sejarah penting bagi perkembangan musik di Indonesia. Karena negara kita dianggap sebagai pasar musik bagi musisi Eropa.

Album ini diperkenalkan lewat ‘Nobody Knows’ yang sendirinya adalah sudah menjadi hit single di Swedia. Lagu ini bukan cuma kencang di tempo dan menggila di beat, tapi juga mendayagunakan vokal Darin dalam setiap tarikan nada panjangnya. Kualitas dance di dalamnya boleh jadi dipengaruhi oleh Bilal Hajji, salah seorang dalam tim kreatif RedOne. Padanan dance di album ini juga datang dari Jim Beanz, yang dengan tangan dinginnya mengasuh album ini sehingga menjaga riak album yang riuh dalam kadar yang segaris. ‘Playing With Fire’ dan ‘What It’s Like’ dua di antaranya.

Selain itu, ada DEEKAY yang enggak mau kalah unjuk gigi di album ini. Lagu berjudul ‘Give Me Tonight’, yang dari sekali dengar saja udah ketahuan kalau arah dan tujuan lagu ini kemana. It’s an absolute dancefloor tune.

Bukan hanya mereka, masih ada yang namanya David Gamson yang berkontribusi untuk ‘Check You Out’ yang hampir mensejajarkan diri dengan hit-hit lantai dansa musisi dunia sekelas Usher atau Chris Brown, yang selanjutkan akan menyorong kita pada padanan R&B album ini, yang menyempit rasa seni dansa-dansinya. Boleh ditilik ‘Same Old Song’ dan ‘Surrender’, dimana Darin lebih ingin mengedepankan vokalnya, ketimbang jualan musik. Masih ada ‘F Your Love’ yang diawali dengan instrumen gitar akustik, menambah nilai organik di segi musiknya.

Saya tahu pentingnya arti sebuah kolaborasi dalam sebuah album. Bukan cuma di belakang layar dalam rangka pengerjaannya, tapi juga di atas panggung untuk menampilkannya. Di album ini, hadirlah Lil Jon yang memercikkan kembang api di ‘Before I Pass Out’. Setidaknya khazanah musik album ini merambah ke hip-hop, terima kasih kepada teriakan-teriakan heboh yang membakar gelora di lagu ini.

Tak akan ada alasan kehilangan Darin dengan vokalnya yang jernih, karena kendatipun “Exit” diperkenalkan sebagai album dance, tapi ia masih punya ciri yang tidak mengorbankan vokal Darin tersebut. Sehingga ketika kita yang menyatakan sudah kenal Darin sebelum album ini terbit, pastilah tak akan merasa aneh ataupun asing dengan “Exit”.

Official Website

TRACKLIST
1. “Playing With Fire” 3:25
2. “Before I Pass Out (feat. Lil Jon)” 3:34
3. “Surrender” 3:23
4. “What It’s Like” 4:29
5. “F Your Love” 3:59
6. “Check You Out” 3:21
7. “Give Me Tonight” 3:33
8. “Same Old Song” 4:11
9. “That Love” 3:17
10. “Nobody Knows” 3:36

Related posts

Leave a Reply