American Idol XV Top 6: American Idol All Time Songbook.

Oleh: admincd - 15 Mar 2016

Tidak terasa minggu ini American Idol sudah memasuki lima episode terakhirnya, yang artinya kurang lebih sebulan lagi kita sudah tidak bisa mendengar Ryan Seacrest mengatakan “dim the lights, here we go.” Sangat cepat memang, beberapa orang juga menyayangkan kenapa farewell season justru dibuat lebih cepat berakhir. Ada alasan apa dibalik itu semua? We never know. Minggu lalu dua peserta dari Top 10 sudah meninggalkan panggung Idol. Dua peserta itu adalah Gianna Isabella dan Olivia Rox. Minggu ini akan ada dua peserta lagi yang menyusul Gianna dan Olivia untuk mengubur impiannya menjadi American Idol yang terakhir dan menyisakan enam orang tersisa.

12814692_10156726650895601_9023817120759681383_n

Tema yang dipilih minggu ini adalah “American Idol All Time Songbook”. Jadi peserta harus menyanyikan lagu-lagu yang paling sering dibawakan di panggung American Idol. Hmm what a theme. Seingat saya lagu yang sering dinyanyikan antara lain “And I Am Telling You” (lagu wajib bagi diva bersuara besar), “I Don’t Wanna Miss a Thing”, “Alone”, “Hero”, “I Will Always Love You”, “I Have Nothing”, lagu Whitney Houston, lagu The Beatles, dan lagu Michael Jackson. Ada beberapa lagu yang sebenarnya tidak mau saya dengarkan lagi karena sudah dinyanyikan jutaan kali dan tidak bisa mengalahkan versi aslinya. Let’s see apakah delapan yang orang tersisa ini bisa mengungguli senior-seniornya di season lepas saat membawakan lagu yang akan mereka nyanyikan.

Untuk pertama kalinya, para peserta akan dipasangkan untuk berduet dengan sesama peserta, dan mari kita mulai dengan duet La’Porsha dan Trent.

LA’PORSHA RENAE & TRENT HARMON – “See You Again” (Wiz Khalifa feat. Charlie Puth)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tema minggu ini adalah lagu yang sering dinyanyikan di Idol, dan lagu ini…. Ah mungkin duet tidak masuk hitungan. I like the pairing, it’s a perfect pairing, I like both Trent and La’Porsha, but I don’t like the song choice. Saya bisa membayangkan mereka menyanyikan lagu Soul atau Motown tahun 60-an. Tapi yea sisi baiknya kita bisa melihat another side of La’Porsha and Trent too. It’s nice anyway, but the song choice is meh. Keith mengatakan it was a perfect song for you both. Ugh.

AVALON YOUNG & SONIKA VAID – “Rise Up” (Andra Day)

Satu lagi pilihan lagu yang meh, tapi yang membuat saya terkejut Avalon dan Sonika bisa menyatu dengan sempurna. Wow. It was a sweet and lovely duet. Tapi kalau saya bisa menilai, duet ini setara dengan OK. Tidak memukau, tapi tidak jelek juga.

MacKENZIE BOURG & DALTON RAPATTONI – “I Want It That Way” (Backstreet Boys)

Oh siapa sebenarnya yang memilihkan lagu untuk babak duet?! So don’t like the song choice so far. Memang Dalton mengawali karir sebagai anggota boyband dan Mackenzie memiliki wajah cute-and-boyband-ish, tapi bukan berarti mereka harus menyanyikan lagu boyband. The duet was awkward tho. Duet ini, lagu ini, aransemen ini, adalah ide yang buruk. Dan syukurlah juri sependapat dengan saya.

TRISTAN McINTOSH & LEE JEAN – “I Don’t Wanna Miss a Thing” (Aerosmith)

The duets so far definitely turned me down, the song choice is totally not winning. Lagu ini masuk ke dalam daftar lagu yang tidak mau saya dengar lagi untuk dibawakan selain oleh penyanyi aslinya, the one and only Steven Tyler. Kalau saya sedang menyaksikan Idol live di tv, saya akan langsung mematikan tv saya. It was Bad with the capital of B. Lagi, juri tidak suka dengan duet dan pemilihan lagunya. Definitely not gonna watch this duet again for the rest of my life.

Mari kita tinggalkan babak duet yang literally hancur dan masuk ke kompetisi yang sebenarnya. Mari berdoa agar penampilan solo mereka tidak seburuk babak duet.

LA’PORSHA RENAE – “Come Together” (The Beatles)

Haha standing ovation from me. Bukan karena penampilannya atau suaranya, tapi karena percaya diri yang dimilikinya. Confidence is the key. Sejujurnya saya tertawa sepanjang penampilan ini karena baju yang dipakainya. Oh siapapun yang memilihkan baju untuk La’Porsha pasti sangat senang sekarang. Lagu ini seingat saya pernah dinyanyikan oleh Carly Smithson (season 7), Candice Glover (season 12), Sam Woolf (season 13), dan Qaasim Middleton di season kemarin, mungkin ada peserta lain juga tapi saya tidak ingat. La’Porsha mengalahkan mereka semua! Because she is La’Porsha, and she can sing anything. Slay! (8.4/10)

MacKENZIE BOURG – “You Are So Beautiful” (Joe Cocker)

Mack mengingatkan saya pada David Archuleta, dan Mack juga senang untuk mengaransemen ulang lagu (bisa dilihat sejak ia berkompetisi di The Voice), dan saya akan lebih senanag jika Mack memilih lagu “Imagine” untuk dinyanyikan. But this song is actually good too. Ini adalah lagu yang simple, there’s nothing you can do unless you sing it, and he sang it, well. Danny Gokey (season 7) dan Jessica Sanchez (season 11) pernah  membawakan lagu ini dengan halus dan sempurna, juga penampilan Mack yang ini, thanks God. Dia menyatu dengan lagunya, emosinya juga keluar. (7.7/10)

TRENT HARMON – “Stand by Me” (Ben E. King)

Saya lebih banyak mendengar lagu ini di The Voice dibandingkan di American Idol.  Dan aransemen seperti ini adalah yang baru, fresh, dan saya tidak pernah mendengar versi seperti ini. He’s a star, he can’t do no wrong, dia banyak belajar dan berubah sejak pertama audisi. I love Trent. JLo menyebut Trent sebagai badass. Dia mengingatkan saya pada Phillip Phillips, ada aura Phillip dalam Trent, I don’t know. (8.1/10)

TRISTAN McINTOSH – “A Broken Wing” (Martina McBride)

Dua minggu lalu Tristan berada di ambang eliminasi, beruntung ia tidak masuk bottom 3. Minggu lalu Tristan memilih lagu yang SANGAT tepat dan membawakan penampilan yang luar biasa, juga menunjukkan siapa Tristan yang sebenarnya. I’m so glad that Tristan picked the right song again. Jordin Sparks (season 6) pernah membawakan lagu ini dan menurut saya layak untuk masuk daftar best Idol performances ever. Penampilan Tristan, tidak se-wow penampilan Jordin, tapi masih dalam kategori lumayan. Tidak sebagus minggu lalu tapi juga tidak lebih buruk dari penampilan-penampilannya dua minggu ke belakang. Bottom 3? Maybe. (7.5/10)

Empat orang tersisa, Sonika, Dalton, Avalon, dan Lee. Satu di antara mereka aman, tiga lainnya masuk bottom 3, dan dua di antara mereka akan pulang. Kalau di lihat dari minggu lalu, Avalon juga masuk bottom 3, penampilannya juga tidak terlalu bagus. Lee masih sama seperti minggu-minggu sebelumnya, tidak ada peningkatan, minggu lalu Dalton tidak sebagus biasanya, dan Sonika salah memilih lagu untuk dinyanyikan. Dan, peserta yang aman adalaaaah… Dalton! Berarti Sonika, Avalon, Lee adalah bottom 3 kita untuk minggu ini.

DALTON RAPATTONI – “Eleanor Rigby” (The Beatles)

Ada dua Eleanor Rigby yang saya ingat di American Idol, versi best yakni yang dinyanyikan David Cook (season 7) dan versi worst yang dinyanyikan Paul Jolley (season 12). Versi Dalton? Saya rasa ada di tengah-tengah mereka. Saya suka chorusnya, bersemangat dan on fire. Tapi dari opening menuju first chorus adalah yang terlemah. Ini adalah penampilan Dalton yang paling on fire, for sure. Saya tidak pernah melihat Dalton yang seperti ini. (7.5/10)

AVALON YOUNG – “P.Y.T. (Pretty Young Thing)” [Michael Jackson]

PYT adalah lagu Michael yang paling “tidak untuk dinyanyikan kembali”. Sebagian besar (atau semua) cover dari PYT saya pasti tidak suka, termasuk versi Avalon. Lagu ini seharusnya bisa membuat penonton bersemangat, clapping together, screaming, terlebih ketika bagian “say na na na…”. Sudah saya duga kalau Avalon tidak bisa membuat suasana gemuruh saat bernyanyi. Avalon seperti bernyanyi untuk dirinya sendiri. NO-NO. [6.4/10]

LEE JEAN – “Let It Be” (The Beatles)

Akhirnya Lee menaruh gitarnya. At first I thought oh this will be a good performance and judges is gonna save him. Tapi seiring berjalannya penampilan Lee, saya merasa semakin bosan dan berharap penampilannya segera berakhir. Ternyata Lee masih berada di zona nyamannya dan Lee tidak melangkah lebih jauh. Dari komentar juri kita bisa melihat kalau mereka sudah pasti tidak akan menyelamatkan Lee. Goodbye Lee Jean. [6.7/10]

SONIKA VAID – “I Have Nothing” (Whitney Houston)

Memilih lagu ini adalah sebuah keputusan bunuh diri. Kita ingat di season 11 ada Shannon Magrane yang kacau saat menyanyikan lagu “raksasa” ini, dan beruntung di babak final, Jessica Sanchez bisa menaklukkan lagu ini dengan luar biasa. Sonika, ummm sebenarnya bisa memilih lagu lain yang tidak se-mewah dan se-megah lagu ini. I Have Nothing terlalu besar untuk dia, terbukti Sonika gagal (actually bukan gagal, tapi tidak sempurna) di bagian big note yang merupakan pamungkas dari lagu ini. Sudah saya bilang kalau memilih lagu ini adalah keputusan bunuh diri. [7.3/10]

The results come in, satu nama antara Avalon, Lee, dan Sonika akan diumumkan aman dan bisa melaju ke babak selanjutnya memperebutkan tempat di Top 5. Harry Connick dan kedua juri lainnya sepakat memutuskan bahwa peserta yang selamat adalah…. SONIKA VAID! It’s official, dua peserta yang harus pulang adalah Avalon Young dan Lee Jean.

Dari penampilan tadi, ini dia ranking dari yang terbaik ke yang terburuk:

  1. La’Porsha Renae
  2. Trent Harmon
  3. MacKenzie Bourg

---bottom 3---

  1. Dalton Rapattoni
  2. Tristan McIntosh
  3. Sonika Vaid

 

Menurut kalian, siapakah yang akan tereliminasi minggu depan?

Teks:

Arif Firmansyah

admincd
More from Creative Disc