Trending News

Blog Post

Album of the Day: Birdy – Beautiful Lies
Album of The Day

Album of the Day: Birdy – Beautiful Lies 

Tiga tahun berlalu sudah semenjak Birdy merilis album keduanya, “Fire Within” (2013), dan kini ia memulai tahun baru dengan album baru dan tampaknya gaya baru. Setidaknya demikian yang dirasa, setelah menyimak single perdana Birdy untuk album berjudul “Beautiful Lies” ini. Dalam track berjudul ‘Keeping Your Head Up’, alih-alih pop-folk balada melankolis, kini Birdy hadir dengan pendekatan yang jauh berbeda, up-tempo dan pop dalam kemasan penuh.

Tidak berapa lama hadir sebuah remix oleh Don Diablo dan ternyata lagunya memang cukup pas untuk dikemas dalam bentuk EDM. Jadi, apakah “Beautiful Lies” juga akan diisi dengan pendekatan yang sama? Jawabannya ya dan tidak.

Lima tahun lalu, Birdy masih berusia 15 tahun saat mendapatkan ketenarannya berkat album debut “Birdy” di tahun 2011. Kurang lebih setahun sebelumnya namanya mencuri perhatian saat menghadirkan versi cover lagu Bon Iver, ‘Skinny Love’. Berkat ini, namanya sontak mencuat sebagai penyanyi pendendang pop-folk remaja bernas. Ia melanjutkan benang merah pop-folk tadi dengan album keduanya.

Kini di usia (menjelang) 20, Birdy tampaknya ingin menggeser sedikit gaya bermusiknya. Jangan kuatir. “Beautiful Lies” masih memiliki amunisi lagu-lagu balada bercorak indie-pop-folk sebagaimana yang kita ingin dengar dari dirinya. Tapi tentu tidak salah jika penyanyi bernama asli Jasmine Lucilla Elizabeth Jennifer van den Bogaerde ini melebarkan rentang sayapnya.

Selain ‘Keeping Your Head Up’ album ini memiliki track seperti ‘Wild Horses’, sebuah power-ballad dengan penekanan pada pop yang lebih tegas. Pemilihan nada-nada yang lebih minor mungkin menjadi pembeda, dengan melodi yang cenderung lebih ringan dibandingkan apa yang sebelumnya ditawarkan oleh Birdy. Sementara itu dalam ‘Lifted’ balada diarsir dengan sedikit sentuhan new-wave, atau ‘Hear Your Calling’ yang cenderung lebih intens ketimbang yang biasa dibawa Birdy.

Dalam ‘Words’ setidaknya ia ingin mengimbuhi lagunya dengan soul, meski secara umum folk tetap mengumandang dengan kuat. Sesuatu yang anthemik ditawarkan Birdy dalam ‘Give Up’ yang terdapat dalam barisan lagu bonus di edisi deluxe.

Lagu-lagu ini secara umum memang terdengar berbeda. Setidaknya dalam koridor ekspektasi terhadap seorang Birdy. Hanya saja secara umum “Beautiful Lies” pada dasarnya tetap saja sebuah album balada pop-folk seorang Birdy. Ajang coba-coba Birdy masih belum menyeluruh, situasional dan masih berkutat di wilayah aman.

Dan sebenarnya ini bisa menjadi jebakan tersendiri, mengingat materi album yang sangat berlimpah. Ada 18 track untuk edisi deluxe. Dengan lagu-lagu yang cenderung setipe (pop-folk-balada), album terada repetitif dan melelahkan. Apalagi antara satu track dengan track yang lain nyaris tidak memiliki perbedaan berarti atau karakteristik berbeda agar terlihat menonjol antara satu sama lain.

Hanya saja, Birdy tetap harus dipuji dalam kemampuanya dalam mengkomposisi lagu-lagu balada menghanyutkan. Jika pendengar memang hanya ingin mendengarkan lagu-lagu sejenis, maka ini akan menjadi album yang memuaskan. Jika ingin mencari sesuatu yang lebih, tentu pencarian tersebut akan bertemu dengan jalan buntu.

Birdy memang masih sangat muda. Terlepas dari penguasaanya yang baik dari segi musikaliitas, ia masih belum menemukan formula baru yang sesuai dengan apa yang ingin dicarinya, jika ia memang ingin mencoba sesuatu yang baru.

Pada dasarnya “Beautiful Lies” masih belum beranjak jauh, jika tidak mau dikatakan jalan di tempat. Sebuah album manis dan mendayu, tapi tidak istimewa.

Official Website

TRACKLIST
1. “Growing Pains” 3:49
2. “Shadow” 4:01
3. “Keeping Your Head Up” 3:28
4. “Deep End” 3:28
5. “Wild Horses” 3:05
6. “Lost It All” 3:47
7. “Silhouette” 4:10
8. “Lifted” 4:23
9. “Take My Heart” 4:11
10. “Hear You Calling” 4:01
11. “Words” 3:37
12. “Save Yourself” 3:34
13. “Unbroken” 4:25
14. “Beautiful Lies” 2:50

Deluxe Edition:
15. “Beating Heart” 3:50
16. “Winter” 5:06
17. “Give Up” 4:00
18. “Start Again” 3:24

Related posts

Leave a Reply