Untuk Kali Pertama, Penjualan Musik Digital Ambil Alih Penjualan Fisik

Oleh: admincd - 14 Apr 2016

Saat kita memasuki era digital sekitar dua dekade lalu, memang sudah muncul perkiraan jika sesuatu yang sifatnya fisik akan tertinggal. Tampaknya itulah yang kini memang tengah terjadi, setidaknya di skena penjualan musik secara global.

Penjualan beberapa artis kenamaan, seperti Adele, Justin Bieber dan Taylor Swift, meningkat sekitar 10.2% di sektor digital untuk wilayah Dunia Pertama. International Federation of the Phonographic Industry (IFPI) baru-baru ini telah menyelesaikan sebuah studi yang menunjukkan jika penjualan digital telah mengambil sekitar 45% dari keuntungan yang diraih, sedangkan penjualan fisik hanya sekitar 39%.

Secara parsial, IFPI menyebutkan jika perubahan ini terjadi karena bangkitnya layanan streaming musik seperti Apple Music atau TIDAL.

"After two decades of almost uninterrupted decline, 2015 witnessed key milestones for recorded music: measurable revenue growth globally; consumption of music exploding everywhere; and digital revenues overtaking income from physical formats for the first time," kata pimpinann IFPI, Frances Moore. "They reflect an industry that has adapted to the digital age and emerged stronger and smarter."

Meski kian tergerus oleh digital, namun di tahun 2015 kemarin penjualan fisik menunjukkan penurunan yang lebh lambat ketimbang tahun tahun 2014. Semoga album fisik masih tetap bertahan, meskipun secara kuantitas berkurang, karena bagaimanapun mendengarkan sebuah album dalam bentuk fisik (kaset, CD, vinyl) memiliki kenikmatan tersendiri.


admincd
More from Creative Disc