Ed Sheeran Dituduh Mencontek Lagu 'Photograph' Oleh Pemenang X Factor, Matt Cardle

Oleh: admincd - 10 Jun 2016

Gonjang-ganjing tuduh-menuduh plagiat atau mencontek memang bukan hal aneh di industri musik. Dan kini giliran Ed Sheeran yang harus mengalaminya. Ia dituduh oleh penyanyi yang merupakan pemenang The X Factor, Matt Cardle, jika lagu 'Amazing' miliknya telah dicontek Sheeran menjadi 'Photograph'.

Sebagaimana yang kita ketahui, 'Photograph' merupakan salah satu hits terkemuka milik Sheeran dan sukses mengangkat namanya lebih menjulang lagi. Apalagi setelah menduduki posisi juara tangga lagu Amerika di bulan Mei 2015 yang lalu.

Pihak Cardle, yang juga terdiri atas penulis lagu, Martin Harrington dan Thomas Leonard, diwakili oleh pengacara bernama Richard Busch, yang juga merupakan pengacara keluarga Marvin Gaye saat melakukan tuntutan hukum atas kasus 'Blurred Lines'.

Klaim mereka adalah dimana 'Photograph' adalah tiruan verbatim, not-per-not dari lagu 'Amazing' dengan ada 39 not yang identik sama dalam pitch, durasi ritmis dan penempatan pengukuran.

"The similarities go beyond substantial, which is itself sufficient to establish copyright infringement, and are in fact striking. The similarity of words, vocal style, vocal melody, melody, and rhythm are clear indicators, among other things, that 'Photograph' copies 'Amazing'," tulis isi tuntutan tersebut.

Bersama dengan Sheeran,  tertuduh juga rekan penulis lagunya, Johnny McDaid, Sony/ATV Songs, Warner Music dan beberapa nama lagi. Keuntungan dari single ini diperkirakan sebesar $20 juta.

Jadi, apakah dua lagu ini memang sama? Coba dengar di bawah ini dan tentukan sendiri.

admincd
More from Creative Disc