Trending News

Blog Post

Album of the Day: Various Artists – Keep Calm and Chillout
Album of The Day

Album of the Day: Various Artists – Keep Calm and Chillout 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Sony Music Indonesia tahun ini menggeber kompilasi mereka yang nebeng dengan frase populer pemerintahan Inggris; “Keep Calm and Carry On”. Kompilasi ini berjudul “Keep Calm and Chillout“. Jumlah keping disc-nya ada dua, dengan total track empat puluh. Jenis kompilasi yang enggak pelit, malah justru royal. Pertimbangannya seperti ini, harga album kompilasi di Indonesia berada di atas harga album studio satu nama artis. Pastilah kita mengharapkan hal lebih karena telah mengeluarkan ekstra uang untuk mendapatkannya. It’s what we hope for, it’s what we get!

Tema chillout yang diusung oleh album ini mengharuskan lagu-lagu yang mengisinya dibangun dengan tempo musik yang menengah ke bawah. Standarnya memang demikian, oleh karena itu ‘Clarity’ dengan vokal Foxes ditampilkan dalam versi akustiknya, lagu dari DJ Kygo pun yang terpilih ‘Nothing Left’ (feat. Will Heard) yang arus musiknya tidak sekencang lagu-lagu para DJ biasa, dan begitu pula keberadaan para rapper seperti A$AP Rocky dan G-Eazy. Di album ini, mereka harus ikut aturan, sehingga terpilihlah lagu-lagu yang bisa diajak untuk ber-chillou; ‘Everyday’ (feat. Rod Stewart x Miguel x Mark Ronson) dan ‘You Don’t Own Me’ (Grace feat. G-Eazy) untuk dikumpulkan dalam album.

Nilai yang esensial mengenai sebuah album kompilasi tematik seperti memang sangat dititikberatkan pada lagu-lagunya. Tentu akan lebih gampang untuk mengumpulkan lagu-lagu dalam satu masa tertentu yang biasanya dibuat untuk kompilasi berdasar timeline; the hottest, the latest. Bukan yang seperti ini. Untuk itu, perlu lebih cerdas, perlu lebih cermat, karena tujuan dari pengumpulan ini bukan cuma untuk mengejar kata “chillout” tadi, masih ada tujuan komersilnya.

Untuk itu, kompilator album telah memilihkan lagu-lagu terbaik dari nama-nama terpopuler yang berada di bawah payung Sony Music Entertainment. Seperti One Direction yang masih utuh formasinya dalam ‘Story of My Life’, hit besar John Legend selain ‘Ordinary People’; ‘All of Me’ yang dipercaya sebagai salah satu lagu paling romantis dalam sejarah musik pop, lagu cinta Miley Cyrus yang bernuansa kelam ‘Adore You’, juga lagu daur ulang Beyonce, ‘XO’ yang dinyanyikan dalam atmosfer yang sangat berbeda dengan aslinya oleh John Mayer. Tak lupa kehadiran Usher, Justin Timberlake, Alicia Keys, dan Pharrell Williams dengan lagu masing-masing yang menambah daya tarik album ini. Nama-nama populer tersebut ibarat gravitasi, mampu menarik minat orang untuk mengoleksi album ini.

Rekomendasi pribadi saya dalam mendapatkan “ketenangan” dari album ini terletak di beberapa nomor berikut: ‘Here with Me’ Dido, ‘Only Love Can Hurt Like This’ Paloma Faith, dan ‘I Still Haven’t Found What I’m Looking For’ The Chimes. These are my personal favorites from the album. Tapi masih banyak juga yang tergolong favoritnya orang-orang yang ada di album ini. Sebut saja lagu no.1 Ella Henderson ‘Ghost’, lagu yang membuat A Great Big World memenangkan sebuah penghargaan Grammy ‘Say Something’, balada sendu ‘Jealous’ dari Labrinth, dan megahit Train ‘Hey, Soul Sister’. Ini tentu belum menyebutkan singer songwriter brilian lainnya seperti Tom Odell, George Ezra, Laura Mvula, Leon Bridges, dan Meghan Trainor yang kesemua memberikan warna dalam keunikan musik mereka masing-masing.

“Keep Calm and Chillout” mungkin kalah dalam nilai kepopuleran dengan album kompilasi “Keep Calm” lain. Alasannya sederhana saja, ia lebih banyak anti-mainstream-nya dibanding yang lain. But that’s the price it’s got to pay.

iTunes

iTunes

TRACKLIST
CD 1:
1 Story of My Life – One Direction
2 All of Me – John Legend
3 Waves – Mr. Probz
4 Clarity – Foxes
5 Adore You – Miley Cyrus
6 Everyday A$AP Rocky feat. Rod Stewart x Miguel x Mark Ronson
7 Nothing Left – Kygo feat. Will Heard
8 You Don’t Own Me – Grace feat. G-Eazy
9 Good Kisser – Usher
10 Gust of Wind – Pharrell Williams
11 Blue Ocean Floor – Justin Timberlake
12 You Ruin Me – The Veronicas
13 Crying for No Reason – Katy B
14 At the River – Groove Armada
15 Solo Dancing – Indiana
16 The Knife – Kyla La Grange
17 Shine Ya Light – RITA ORA
18 Ghost – Ella Henderson
19 Love Me Like You – Little Mix
20 Like I’m Gonna Lose You – Meghan Trainor feat. John Legend

CD 2
1 Say Something – A Great Big World
2 Hey, Soul Sister – Train
3 XO – John Mayer
4 All I Want – Kodaline
5 Only Love Can Hurt Like This – Paloma Faith
6 Jealous – Labrinth
7 Barcelona – George Ezra
8 You and Me – You+Me
9 Real Love – Tom Odell
10 Here with Me – Dido
11 Diamonds – Josef Salvat
12 Eye In the Sky – The Alan Parsons Project
13 Everyday People – Jeff Buckley
14 Waterfall – The Stone Roses vs. Justin Robertson
15 River – Leon Bridges
16 Stole the Show – Parson James
17 America – First Aid Kit
18 Green Garden – Laura Mvula
19 I Still Haven’t Found What I’m Looking For – The Chimes
20 Empire State of Mind, Pt. II (Broken Down) – Alicia Keys

Related posts

Leave a Reply