Trending News

Blog Post

Album of the Day: Taeyeon “WHY”
Album of The Day

Album of the Day: Taeyeon “WHY” 

Tenggelam dalam EDM ala Kim Taeyeon di ‘WHY’

Delapan bulan setelah perilisan album ‘I’ yang membawanya memperoleh penghargaan Best Female Artist di Mnet Asian Music Awards 2015, Kim Taeyeon, merilis album mini terbarunya yang diberi judul ‘WHY’. Perilisan dengan genre yang jauh berbeda dari album yang sebelumnya. SM Entertainment memang belakangan ini tengah gandrung dengan musik-musik bernuansa EDM. Tidak hanya EXO, SHINee, f(x) dan Luna saja yang “ditenggelamkan” ke dalam genre ini lewat perilisan terbaru mereka sejak 2015 hingga 2016 ini, Taeyeon pun ikut tercebur ke dalamnya.

Mengikuti jejak rekan satu manajemennya, Taeyeon meninggalkan lagu-lagu pop yang mendominasi ‘I’ tahun lalu. Meski masih ada banyak genre lain yang dijajal sang personel SNSD di ‘WHY’, balutan nuansa elektronik masih terasa banget.

Dibuka dengan dentingan suara gitar di lagu ‘Why’ membuat track ini tidak begitu terdengar seperti lagu elektronik di bagian awal. Namun “setruman”-nya mulai terasa ketika sudah di tengah-tengah lagu saat memasuki bagian refrain. Track R&B yang dinyanyikan Taeyeon bersama solois Dean, ‘Starlight’, ada di track kedua. Kolaborasi antara dua vokalis ini terdengar menyenangkan. Mendengarkan Taeyeon dan Dean di satu track adalah paduan yang sempurna. ‘Starlight’ juga punya performa yang tak kalah oke di chart seperti ‘Why’ karena dirilis terlebih dahulu sebagai pre-release track untuk comeback-nya kali ini.

Oh iya, kalau melihat video klip kedua lagunya juga berhubungan. ‘Starlight’ mengisahkan hubungan asmara antara Taeyeon dan Dean yang harus berakhir. Tetapi ending-nya bikin fans dan penonton bertanya-tanya. Video ‘Why’ kemudian menjelaskan resolusi dari kisah keduanya.

Beralih ke track selanjutnya, LDN Noise yang juga otak di balik ‘Why’ membawa nuansa musik ‘4 Walls’, ‘Lucky One’ dan ‘View’ milik f(x), EXO dan SHINee untuk Taeyeon. Nada-nada tinggi di lagu berjudul ‘Fashion’ ini mulus dijajal Taeyeon. Nuansa jingle game zaman dulu terasa di intro lagu ‘Hands On Me’ di track keempat. Di lagu ini justru lebih terasa SNSD ketimbang Taeyeon dengan EDM-nya.

Lupakan sejenak EXID ketika membaca judul ‘Up & Down’ karena Taeyeon kini punya lagu berjudul sama. Lagu ini dibawakan cewek kelahiran 9 Maret 1989 itu bersama rekan satu grupnya di SNSD, Hyoyeon. ‘Up & Down’ bisa dibilang paket lengkap antara hip-hop, elektronik dan pop. Rap Hyoyeon di sini menyempurnakan lagunya.

Intro lagu di track 6 ‘Good Thing’ terasa klop dengan ending ‘Up & Down’. Sehingga pendengar mungkin akan terkecoh dan mengira masih mendengarkan lagu yang sama. Track ini nggak kalah asyik dari beberapa lagu sebelumnya. Masih bertempo cepat dan saat mendengarkannya akan terbayang penampilan live Taeyeon menari bersama para dancer diiringi musik ala EDM dengan balutan suara terompet.

Yang perlu disayangkan dari ‘WHY’ adalah tidak ada lagu-lagu bernuansa mellow dan balada yang menjadi khas Taeyeon, layaknya di soundtrack-soundtrack drama yang membuatnya terkenal. Seperti misalnya ‘Gemini’ dan ‘U R’ yang ada di ‘I’. Namun penutup album ‘WHY’ yang berjudul ‘Night’ punya tempo yang pelan dan melodi yang menenangkan. Penutup yang pas dan manis untuk sederet lagu elektronik yang dinyanyikan sejak menit 00:00 oleh Kim Taeyeon di ‘WHY’.

Streaming album “WHY” di Joox
Streaming album “WHY” di MelOn

Dapatkan kesempatan memenangkan 2 Exclusive signed CD Taeyeon “WHY” disini. Quiz ini disupport oleh Universal Music Indonesia

Review by @ronzzykevin

Related posts

Leave a Reply