Ed Sheeran Dituntut Keluarga Marvin Gaye Dengan Tuduhan Menjiplak

Oleh: admincd - 12 Aug 2016

Masalah hukum yang berkaitan dengan tuduhan penjiplakan lagu sepertinya tidak ada habisnya. Kini yang terbaru menimpa penyanyi Inggris kenamaan, Ed Sheeran. Ia dituduh telah menjiplak unsur utama dari lagu milik penyanyi legendaris, Marvin Gaye, yang berjudul 'Let's Get It On' (1973) untuk hits single Sheeran, 'Thinking Out Loud'.

Tuntutan pelanggaran hak cipta ini diajukan oleh pewaris Ed Townsend, yang turut menulis lirik dan komposisi musik 'Let's Get It On', kepada pengadilan federal di Distrik Selatan New York. Penggugat mengklaim jika "the harmonic progressions, melodic and rhythmic elements central to 'Let's Get It On' formed the structure of Sheeran's 'Thinking Out Loud'," sebagaimana yang dikutip oleh Reuters.

Tuntutan hukum itu juga menambahkan, "The Defendants copied the 'heart' of 'Let's' and repeated it continuously throughout 'Thinking'. The melodic, harmonic, and rhythmic compositions of 'Thinking' are substantially and/or strikingly similar to the drum composition of 'Let's'."

Tuntutan ini hanya berselang dua bulan dari tuntutan lain yang dihadapi Sheeran. Sebelumnya ia dituntut oleh penulis lagu Martin Harrington dan Tom Leonard untuk lagu 'Photograph', yang dianggap terlalu mirip dengan lagu yang mereka tulis untuk pemenang The X Factor Inggris, Matt Cardle, yang dirilis di tahun 2012.

Sedang keluarga Gaye tahun lalu sukses menuntut Robin Thicke dan Pharrell Willams karena dianggap mejiplak 'Got to Give It Up' untuk lagu 'Blurred Lines'. Juri memberikan kompensasi sekitar $7.3 juta untuk kekuarga Gaye di bulan Mei 2015, yang kemudian dikurangi menjadi $5.4 juta di bulan Oktober.

Sebagaimana biasa, apakah kedua lagu tersebut memang mirip? Coba dengar di bawah ini:



admincd
More from Creative Disc