Trending News

Blog Post

Ini Dia Pendapat Jon Bon Jovi Mengenai Industri Musik Saat Ini
Music News

Ini Dia Pendapat Jon Bon Jovi Mengenai Industri Musik Saat Ini 

Zaman terus berkembang, tak terkecuali industri musik. Perubahan yang cepat seiring era digital terus menuntut industri musik untuk ikut bergerak cepat. Industri musik di era digital memiliki sisi yang berlawanan. Di satu sisi, akan lebih banyak orang yang mendengarkan musik dan jangkauan karya musisi lebih luas. Dengan perilisan digital juga promosi internet yang dilakukan bukan hanya oleh musisi dan orang-orang yang terlibat di belakangnya, tapi juga penggemar yang aktif mendukung musisi favorit mereka. Di sisi lain, pembajakan semakin menjamur. Kemudahan mengunggah dan mengunduh ilegal bisa jadi momok mengkhawatirkan bagi industri musik. Semakin banyak orang yang merasa bahwa mereka tidak harus mengeluarkan uang untuk mendengarkan musik.

Dalam wawancaranya bersama Bloomberg beberapa hari lalu, Jon Bon Jovi juga mengutarakan hal serupa. Saat ditanyakan bagaimana pendapatnya tentang industri musik dalam lima tahun ke depan, Jon mengatakan bahwa industri musik akan semakin sulit untuk musisi. Akan sulit mengatakan “Aku telah menjual 130 juta album,” seperti pengalamannya dalam 30 tahun bermusik. Tur akan menjadi pemasukan utama bagi musisi.

Menurutnya, semua jenis seni saling bergantung, dari musik, film, buku, maupun seni murni. Semuanya saling terinspirasi. Saat karya seni itu terus diambil dan dibagikan dengan gratis, akan semakin sulit bagi seniman untuk menciptakan karya dan mendapatkan penghasilan dari karyanya. “Aku ingin melihat seniman dibayar, aku ingin melihat hak cipta dilindungi”. tutup Jon.


Bersama bandnya, Bon Jovi, akan merilis album studio ke-13 mereka, yaitu “This House is Not for Sale” pada tanggal 4 November melalui Island Records. Ini merupakan album pertama mereka tanpa gitaris Richie Sambora, dan menampilkan gitaris baru, Phil X dan juga basis resmi mereka Hugh McDonald yang sebelumnya telah bergabung secara tidak resmi sejak tahun 1994 lalu.

Pre order album “This House is Not for Sale” disini. Album ini akan dirilis oleh Universal Music Indonesia.

Related posts

Leave a Reply