Trending News

Blog Post

2016 Global Fashion Mentorship Digelar di BDG. Lihat Rancangan Para Desainer Muda Indonesia!
Music News

2016 Global Fashion Mentorship Digelar di BDG. Lihat Rancangan Para Desainer Muda Indonesia! 

Senang rasanya meninggalkan Jakarta sejenak dan menghirup udara kota Bandung. Apalagi 2 Desember lalu, demonstrasi aksi damai (katanya) bikin macet di mana-mana. Bandung pun akhirnya jadi short escape dari ke-riweuh-an Jakarta. Spesial untuk akhir pekan ini, ada event oke di Bandung hasil kerja sama dengan Korea Selatan.

Korea Foundation for International Culture Exchange (KOFICE) bekerja sama dengan GKL Foundation YCIFI dan ITB menggelar sebuah event workshop bertemakan fashion, 2016 Global Fashion Mentorship. Digarisbawahi, ini adalah workshop fashion pertama yang digelar oleh KOFICE dan ITB dengan mendatangi para desainer, editor majalah dan penggiat fashion dari Korea Selatan. Tentu saja juga menghadirkan para desainer, pengamat fashion dan dosen-dosen dari Craft Department, Faculty of Art and Design ITB. Mereka nantinya akan memberikan arahan dan menjadi mentor buat para peserta workshop yang datang dari berbagai kota di Indonesia. Nggak hanya dari Bandung saja, tetapi juga dari Pulau Sumatera dan Jawa.

global-fashion-mentorship-01

Peserta workshop terdiri dari delapan kelompok yang didominasi oleh calon desainer perempuan. Beberapa di antaranya laki-laki penyuka fashion. Di malam perkenalan Kamis (1/12/2016), masing-masing dari kelompok memberikan brief introduction dari brand yang akan mereka kembangkan dalam workshop ini. Brand yang menjadi pekerjaan rumah mereka dari panitia acara. Bertempat di Clove Room, Four Points Hotel, Bandung, acara ini berlangsung hangat dengan secangkir kopi dan sederet makanan lezat. Sambutan dari Dr. Kahfiati Kahdar, Dr. Yan Yan Sunarya dari ITB dan Hannah Choi dari KOFICE disambut tepuk tangan meriah dari para peserta.

Sketsa desain dari para peserta terlihat atraktif dan menarik. Masing-masing punya visi yang berbeda. Ada yang membuat pakaian formal, semi-formal, sampai desain-desain yang unik. Desain-desain yang mungkin saya pernah sesekali lihat di Tumblr secara tidak sengaja. Atau kolase foto-foto aestethic yang banyak di-share di Facebook. Oh iya, delapan kelompok ini punya nama masing-masing sesuai brand yang mereka usung. Di antaranya Bima, Akara, Meraki, Wincikan, Lumen, DYM, Iniko dan JxDx.

global-fashion-mentorship-03

Di hari kedua workshop kami berpindah ke CADL (Center for Arts, Design and Language) di ITB. Di sini nantinya masing-masing peserta akan lebih detail lagi mempresentasikan brand mereka. Dengan diberi masukan oleh para mentor dari Indonesia:

1. Dr. Yan Yan Sunarya (ITB),
2. Dr. Ratna Panggabean (ITB),
3. Dr. Dian Widiawati (ITB),
4. Desainer Deden Siswanto,
5. Desainer Auguste Soesastro, dan
6. Dr. Toto Dwitarwasto (ESMOD),

juga para mentor dari Korea yang sempat terjebak macet dalam perjalanan ke Bandung kemarin. Mereka adalah para desainer yang sudah bekerja sama dengan para bintang KPop, aktor dan aktris, serta editor majalah populer di sana. Di antaranya:

1. Desainer Hyejin Hong & Moonsun Kim
2. Desainer Munsoo Kwon & Jaenyoung Kim
3. Editor Yookyung Choi & Hejin Beck
4. Editor Hyojin Jun & Eunjung Cho
5. Merchandiser Ahyoung Cho & Jihyoung Kwac

Selanjutnya, para peserta juga sudah harus menyiapkan dummy dari desain mereka. Menyulap sketsa yang mereka bikin ke dalam contoh pakaian. Ternyata kalau sudah diubah ke bentuk dummy, pakaian-pakaian ini jadi makin terlihat unik dan menarik. Beberapa bahkan saya naksir pengen langsung punya. Konsep yang dipresentasikan pun jadi terlihat jelas setelah ada barang jadinya.

global-fashion-mentorship-02

Peserta mendapat penilaian langsung dari para ahli. Kritik dan saran pun langsung diberikan mengenai desain mereka. Apa yang harusnya mereka ubah, apa yang sebaiknya mereka tambahkan untuk pakaian yang sudah mereka buat, atau apa yang seharusnya tidak perlu ditempelkan di sana. Para peserta mendapat kesempatan untuk berkonsultasi dengan para ahli dari Indonesia dan Korea di sesi ini. Para mentor juga terlihat serius memperhatikan detail dari desain para peserta. Sama antusiasnya dengan mereka yang ingin mendapat masukan dari mereka yang telah malang melintang di dunia fashion.

Nah selanjutnya, desain dummy yang sudah “dipermak” dengan masukan-masukan dari para mentor akan dijadikan bentuk fix. Yang nantinya siap diperagakan di atas runway oleh para model dari Indonesia dan juga Korea. Jadi para desainer muda ini akan melihat baju mereka diperagakan oleh model profesional dalam sebuah fashion show. Seru banget!

Fashion show ini akan digelar di Four Points Hotel, Bandung, pada Minggu (4/12/2016) dan terbuka untuk umum. Buat kalian cewek-cewek yang pengen lihat oppa-oppa ganteng, atau pengen memuji kaki jenjang para model cantik bisa datang karena acaranya gratis.

Teks:
Atmi Ahsani Yusron

Related posts

Leave a Reply