10 Lagu Hits dengan Penyanyi Terkenal Sebagai Backing Vocal

Oleh: naya - 25 Jan 2017

Backing vocal tak bisa dipungkiri memang menjadi sebuah bagian penting dari komposisi lagu. Mereka seakan memberikan "bumbu" lain dari sebuah lagu sehingga menjadi lebih enak didengar. Walau tentu saja, tak banyak penyanyi atau musisi yang memberikan kredit lebih untuk para backing vocal ini. Padahal berbicara mengenai kualitas, penyanyi latar ini seringkali memiliki kualitas yang tak jauh dengan penyanyi utamanya. Bahkan beberapa nama musisi pun awalnya adalah penyanyi latar dengan kualitas olah vokal gemilang.

Nah dibawah ini, adalah 10 lagu dengan backing vocal - yang tanpa diduga - adalah penyanyi serta musisi terkenal. The more you know!

No Regrets - Robbie Williams

https://www.youtube.com/embed/Uyb67x1C2Dg

Penyanyi satu ini memang sudah dikenal memiliki hubungan dekat dengan Pet Shop Boys serta The Divine Comedy. Robbie Williams bahkan merilis sebuah lagu dengan Neil Tennant, frontman sekaligus vokalis Pet Shop Boys di lagu "She’s Madonna " dan "We’re The Pet Shop Boys" untuk album "Rudebox" pada tahun 2007 lalu. Namun tak banyak yang tahu, sebelum official kolaborasi tersebut, Robbie Williams dan Neil Tennant, serta vokalis dari The Divine Comedy, Neil Hannan sudah memiliki lagu kolaborasi. Tepatnya Neil Hannan dan NEil Tennant menjadi backing vokal untuk Robbie Williams di lagu No Regrets.

Piece of Me - Britney Spears

https://www.youtube.com/embed/u4FF6MpcsRw

Penyanyi satu ini memang dikenal dengan kemampuan vokalnya, yang sama sekali tak berubah dari dulu hingga kini. Namun tetap saja, Britney Spears membutuhkan seorang penyanyi lain untuk menjadi backing vokal. Tentu saja backing vocal untuk diva pop di tahun 2000-an ini haruslah memiliki kualitas yang tak kalah. Salah satu sosok mengejutkan yang menjadi backing vokal untuk Britney Spears adalah penyanyi terkenal dari Swedia, Robyn yang menjadi penyanyi latar untuk lagu "Piece of Me" dari album "Blackout" yang dirilis tahun 2007.

Everglow - Coldplay

https://www.youtube.com/embed/xn_1hFdE-5g

Everglow menjadi lagu terakhir dari album "A Head Full of Dream" yang dirilis pada tahun 2015 lalu. Album ini menjadi album terbaru dari Coldplay dengan 11 lagu, dan Everglow menjadi salah satunya.

Lagu Everglow merupakan lagu yang emosional dan diakui memiliki makna yang dalam untuk sang vokalis, Chris Martin. Namun yang lebih menjadikan lagu ini memiliki makna yang dalam adalah terdapat suara sang mantan istri, Gwyneth Paltrow sebagai backing vocal. Makin dalam!

Play - Jennifer Lopez

https://www.youtube.com/embed/tFuw-YZaTNo

Lagu Play menjadi salah satu hits populer dari Jennifer Lopez. Play juga masuk ke dalam daftar 5 lagu hits di UK pada tahun 2001 lalu.

Bukan rahasia lagi bahwa lagu Play diciptakan oleh bintang AM to PM, Christina Milian hanya dalam 10 hingga 15 menit saja. Ia pun awalnya berencana untuk merilis lagu tersebut untuk dirinya sendiri namun berubah ketika Jennifer Lopez tertarik dengan lagu tersebut. Akhirnya, ia pun memberikan lagu Play untuk dinyanyikan oleh Jennifer Lopez, dengan suaranya sebagai penyanyi latar di bagian chorus.

Reflektor - Arcade Fire

https://www.youtube.com/embed/7E0fVfectDo

Album "Reflektor" yang dirilis oleh Arcade Fire menyertakan hits "Reflektor" dengan genre musik disco dan lirik yang emosional. Namun tak banyak yang tahu, mendiang David Bowie rupanya begitu menyukai lagu yang diciptakan oleh Arcade Fire tersebut dan mengancam akan menyanyikan lagu tersebut bila tak segera diselesaikan. Karena itulah, Arcade Fire lantas meminta David Bowie untuk bernyanyi sebagai penyanyi latar.

Disturbia - Rihanna

https://www.youtube.com/embed/E1mU6h4Xdxc

Lagu ini rupanya mulanya ditulis Chris Brown untuk album kedunya, "Exclusive". Namun akhirnya ia memberikan lagu tersebut untuk dinyanyikan Rihanna dan masuk ke dalam album "Good Girl Gone Bad: Reloaded" yang dirilis pada tahun 2008. Inilah mengapa dibagian chorus masih terdengar suara Chris Brown yang memutuskan menjadi backing vocal untuk lagu tersebut.

Danger! High Voltage - Electric Six

https://www.youtube.com/embed/R-FxmoVM7X4

Untuk lagu ini, terdaftar nama John S. O'Leary sebagai second singer yang membantu menjadikan lagu debut Electric Six yang dirilis pada tahun 2003 lalu itu semakin menarik. Namun sepertinya tak banyak yang tahu bahwa nama John S. O'Leary adalah nama samaran untuk Jack White, frontman dari duo The White Stripes.

Same Old Love - Selena Gomez

https://www.youtube.com/embed/9h30Bx4Klxg

Lagu dari Selena Gomez untuk album terbarunya "Revival" memang cukup diduga menyertakan suara dari sang pencipta lagu, Charli XCX. Suara Charli XCX paling terdengar di bagian chorus, yang seakan membantu Selena untuk mencapai nada yang sulit ia raih.

You’re So Vain - Carly Simon

https://www.youtube.com/embed/mQZmCJUSC6g

You're So Vain dari Carly Simon memang mengundang banyak sekali pertanyaan dari penggemar. Salah satunya untuk siapa sebenarnya lagu tersebut dinyanyikan. Meskipun tentu saja, Carly Simon mengklaim lagu tersebut ditujukan bukan hanya untuk satu orang saja melainkan untuk banyak pria yang mengisi hidupnya selama ini. Namun ketika terungkap bahwa vokalis sekaligus frontman Rolling Stone, Mick Jagger menjadi second voice untuk Carly di lagu ini, banyak yang menduga lagu tersebut sebenarnya untuknya.

Justify My Love - Madonna

https://www.youtube.com/embed/Np_Y740aReI

Madonna terbilang jarang sekali bergonta-ganti penyanyi latar. Nyaris sepanjang karirnya, diva musik dunia ini menggunakan set vokalis yang sama untuk mengisi suara kedua di lagu-lagunya. Namun untuk lagu yang dirilis pada tahun 1990 ini, Madonna justru memilih menggandeng Lenny Kravitz yang menyumbangkan suara untuk bagian penting di lagu tersebut : suara desahan yang menjadikan Justify My Love semakin menggoda.

naya
More from Creative Disc