Trending News

Blog Post

Hanya Beberapa Jam Setelah Dipublikasi, iTunes & Apple Music Tarik Kembali Koleksi Greatest Hits Aaliyah
Music News

Hanya Beberapa Jam Setelah Dipublikasi, iTunes & Apple Music Tarik Kembali Koleksi Greatest Hits Aaliyah 

Kurang dari 24 jam setelah diterbitkan, sebuah koleksi berisi lagu-lagu hits Aaliyah yang berjudul “Ultimate Aaliyah”, secara misterius menghilang baik di iTunes maupun Apple Music, sebagaimana yang dilaporkan oleh Billboard.

Menghilangnya “Ultimate Aaliyah” dari katalog platform Apple tersebut mengingatkan akan masalah hukum yang masih terjadi sampai saat ini sehingga menghalangi lagu-lagu dari penyanyi R&B era 90-an tersebut untuk dirilis secara online.

Kabarnya ini disebabkan karena paman Aaliyah yang bernama Barry Hankerson, yang juga bertugas sebagai manajernya, menolak untuk merilis lagu-lagu Aaliyah secara digital, sebagaimana yang dijelaskannya dalam sebuah artikel dalam majalah Complex, sekitar sebulan lalu.

Sebagai hasilnya, tidak ada satupun lagu-lagu Aaliyah, kecuali dari album debutnya di tahun 1994, “Age Ain’t Nothing But a Number”, yang tersedia di berbagai pasar digital, seperti Spotify, Amazon dan tentunya Apple.

Album “Ultimate Aaliyah” sendiri diterbitkan oleh Craze Productions, sebuah perusahaan yang bertanggung jawab akan bocornya lagu Aaliyah di tahun 2013 yang menyebabkan mereka dituntut di pengadilan dan diperintahkan untuk menghapusnya.

Masih belum diketahui apa yang menyebabkan “Ultimate Aaliyah” kemudian dirilis. Apakah mungkin Craze Productions sudah memiliki hak legal untuk lagu-lagunya? Kemungkinan jawabannya tidak karena Rell Lafargue, COO dari Reservoir Media yang memegang hak seluruh diskografi Aaliyah mengatakan pada majalah Complex jika lagu-lagu sang penyanyi tidak akan tersedia secara digital untuk waktu yang lama.

Related posts

Leave a Reply