Ini 10 Alasan Kenapa BLACKPINK Siap Untuk Gantikan 2NE1

Oleh: admincd - 06 Jan 2017

Sudah dengar mengenai girlband baru besutan YG Entertainment, BLACKPINK? Lalu, sudah dengar mengenai bubarnya girlband sukses dari YG Entertainment, 2NE1 pada akhir tahun lalu? Sudah? Bagi sebagian orang, munculnya BLACKPINK ke industri musik Korea pada bulan Agustus 2016 lalu memang seakan tak berhubungan dengan apa yang terjadi pada 2NE1. Terlebih, mengingat BLACKPINK merupakan proyek girlband dari YGE yang sudah direncanakan sejak 2012. Masih ingat bukan berapa kali YG menggoda penggemarnya mengenai akan hadirnya girlband baru yang menjadi "adik" dari 2NE1?

Tapi rencana hanya berupa rencana. BLACKPINK tak jadi debut pada tahun 2012 lalu. Tak juga pada tahun 2013, atau 2015 seperti rencana semula. Girlband dengan anggota 4 orang ini justru debut pada bulan Agustus 2016, tepat 4 bulan sebelum 2NE1 dipastikan bubar. Sejak pertama kali kemunculannya, BLACKPINK sudah langsung mencuri banyak sekali perhatian. Mulai dari konsep, komposisi member, hingga dua lagu debut yang dirilis semuanya seakan sudah direncanakan secara matang dan membuat fans langsung jatuh cinta.


Tak salah sih memang, siapa yang tak akan jatuh cinta pada Rosé, sang vokalis dengan karakter suara yang begitu unik? Atau pada Jisoo, yang di BLACKPINK kebagian posisi sub-vocal sekaligus visual. Dan tentu tak ketinggalan duo rapper yang karismatik dan penuh bakat, Jennie serta Lisa. Debut dengan lagu Boombayah dan Whistle, BLACKPINK memang dengan cepat mendapat banyak sekali penggemar. Lagu-lagu mereka pun bisa dengan mudah didengarkan dan sudah sangat akrab di telinga.

Tapi rupanya dibalik sederet kesuksesan BLACKPINK tersebut ada beberapa hal yang menjadikan dua kubu fans terus menerus berseteru. Perseteruan yang semakin panas setelah YG resmi mengumumkan girlband yang semestinya menjadi "kakak" BLACKPINK, terpaksa harus dibubarkan. Ya, tak lain karena banyaknya desas desus - yang didukung beberapa trivia dan bukti kecil - bahwa BLACKPINK sebenarnya "diramu" secara khusus untuk menggantikan posisi 2NE1. Kita tak akan berdebat panjang mengenai hal ini, tapi sebaliknya, dibawah ini adalah 10 alasan mengapa memang bisa saja BLACKPINK disiapkan untuk menggantikan girlgroup yang dulunya digawangi oleh Dara, Bom, CL, dan Minzy tersebut.

1. Nama BLACKPINK dan Warna Fandom 2NE1

YG sendiri tak langsung memperkenalkan BLACKPINK sebagai BLACKPINK. Beberapa kali, girlgroup ini mengalami sederet perubahan nama hingga akhirnya debut dengan menggunakan nama yang sekarang. Dan ketika pertama kali diperkenalkan, nama dari girlgroup yang memenangkan penghargaan Rookie Awards ini sudah langsung memancing amarah fans 2NE1. Sedikit fakta, warna fans atau fandom color dari 2NE1 dulunya adalah Black serta Hot Pink.

2. Ramuan komposisi member yang sama

Entah karena YG memang gemar memiliki sebuah girlgroup dengan komposisi dan jumlah member seperti 2NE1 atau ini adalah kesengajaan berikutnya. 2NE1 berisi dengan satu orang rapper (CL), satu orang main vokalis (Bom), sub vokal dan juga visual (Dara), serta yang terakhir adalah maknae yang juga adalah dancer (Minzy). Komposisi yang nyaris sama persis dengan BLACKPINK yang berisikan Jennie sebagai Rapper, Rose di posisi main vokal, sub vokal dan visual terdapat Jisoo, serta Lisa yang adalah maknae dan dancer.

3. Produser musik yang sama

Adanya beberapa kemiripan lagu atau nada pada BLACKPINK dan 2NE1 pun rasanya bisa dimaklumi. Karena bagaimana tidak, yang mendalangi dan duduk di kursi produser untuk kedua girlgroup ini adalah Teddy Park. Sebagai informasi, saat ini YG lebih banyak menggunakan produser lain untuk boyband dan juga group rilisannya. Teddy Park dulunya lebih banyak memproduseri lagu-lagu milik Big Bang dan 2NE1 saja.

4. Waktu debut BLACKPINK, waktu hiatus 2NE1

Sempat disinggung diatas, BLACKPINK rencananya debut pada tahun 2013 silam. Yang beberapa kali mundur hingga di tahun 2015, sampai benar-benar debut pada tahun ini. Waktu debut BLACKPINK, seakan pas dengan momen ketika 2NE1 dilanda banyak skandal hingga akhirnya terpaksa harus hiatus. Mungkinkah BLACKPINK menjadi senjata YG mempertahankan fans 2NE1?

5. Genre musik yang sama

Satu ini memang tak bisa disangkal lagi. Datang dari agensi yang sama dengan produser yang sama pula, antara 2NE1 dan BLACKPINK memang memiliki sederet kesamaan pada genre musik.

6. Konsep

Secara keseluruhan, konsep yang diusung oleh 2NE1 memang berbeda dengan girlgroup lain di masanya. 2NE1 hadir tidak dengan konsep cute dan lagu-lagu yang manis. Sebaliknya, kesan gadis-gadis yang kuat, pemberani, dan tak takut mengutarakan isi hatinya menjadi konsep utama dari band yang bubar pada November 2016 lalu tersebut. Konsep yang sama, lagi-lagi digunakan ulang oleh BLACKPINK.

7. Lagu BLACKPINK = Lagu 2NE1?

Okay, ini pun mungkin bisa jadi karena keduanya menggunakan produser yang sama untuk lagu-lagu mereka. Namun ketika BLACKPINK merilis Stay, lagu terbaru mereka pada bulan November kemarin, sederet Black Jack mengaku bahwa lagu tersebut memiliki "aura" tersendiri milik 2NE1. Rasanya tak akan susah bila membayangkan lagu-lagu milik BLACKPINK dinyanyikan oleh 2NE1.

8. Endorsment

Saat ini, BLACKPINK duduk di posisi kedua sebagai group dengan jumlah endorsment terbanyak di industri musik Korea Selatan. Posisi yang dulunya ditempati oleh 2NE1.

9. Eksklusivitas

YG terkenal sebagai agensi entertainment yang benar-benar menjaga eksklusivitas dari para artisnya. Pada jamannya dulu, 2NE1 tak akan bisa begitu saja tampil di banyak acara musik, atau melakukan promosi dari satu acara ke acara lain. Anehnya eksklusivitas ini jarang diberikan oleh YG pada group atau idolnya yang lain. Tentu saja kecuali kepada BLACKPINK.

10. Kesuksesan BLACKPINK Lebih Dari 2NE1?

BLACKPINK meraih kesuksesan sejak pertama kali debut pada bulan Agustus 2016 lalu. Dan disinyalir kesuksesan dari BLACKPINK inilah yang akhirnya menjadikan YG lebih yakin lagi untuk mengakhiri kontrak 2NE1 pada bulan November 2016. Sebagai pengingat, 2NE1 sudah nyaris 2 tahun hiatus tanpa adanya sedikitpun aktifitas.

Jadi, sudah yakin BLACKPINK memang siap menggantikan 2NE1?

admincd
More from Creative Disc