Trending News

Blog Post

Kontestan The Voice Turki Tertangkap Basah Plagiat Lagu “Dynamite” Milik VIXX
Music News

Kontestan The Voice Turki Tertangkap Basah Plagiat Lagu “Dynamite” Milik VIXX 

Aksi plagiarisme kembali terjadi pada group Kpop. Kali ini bukan musisi ataupun penyanyi lain yang melakukan plagiat, namun seorang kontestan ajang pencarian bakat The Voice Turki. Kursun, rapper dari Turki mengikuti ajang pencarian bakat populer tersebut dengan menggunakan musik instrumental lagu miliki boyband Korea, VIXX, “Dynamite”. Terang saja, Starlights (nama fanclub VIXX -red) ngamuk dan menuntut pihak Kursun memberikan permintaan maaf resmi.

Kursun sendiri adalah rapper yang tengah naik daun di Turki. Selain pernah mendapat penghargaan sebagai Best Underground MC, ia juga mendapat sederet penghargaan di genre musik Hip Hop. Kursun pun mengklaim dirinya sebagai musisi Hip Hop pertama dengan teknik Oral Rap.

Aksi plagiarisme yang dilakukan Kursun pun menyulut perdebatan panas antara pihak Kursun serta pendukungnya, dengan fans dari VIXX. Starlights bahkan mempopulerkan hashtag #JusticeForVIXX dengan harapan membuat Kursun mengaku dirinya mencontek musik “Dynamite” yang dirilis pada 2016 lalu. Fakta bahwa musik yang digunakan oleh Kursun untuk penampilannya di the Voice adalah musik instrumen dari “Dynamite” yang juga ada di album “Zelos” semakin membakar amarah pada penggemar.

Dalam pernyataan resminya, Kursun awalnya menyangkal adanya kemiripan antara musik instrumen yang ia gunakan di The Voice dengan instrumen lagu “Dynamite”. Namun akhirnya pihak menejemen Kursun mengakui adanya kesamaan, meskipun mereka tetap bersikukuh kesamaan tersebut hanyalah “kreativitas” dan bukannya penjiplakan. Kursun bahkan menyebut penggemar musik Kpop memiliki inferiority complex karena membela boyband yang berasal dari Korea Selatan tersebut.

Kalau menurut kalian bagaimana?



https://www.youtube.com/watch?v=sorFhKkib5o

Related posts

Leave a Reply