Trending News

Blog Post

Lagu-lagu Soundtrack Drama Korea ‘GOBLIN’ Dituding Plagiat, Ini Penjelasan Sang Komposer
Music News

Lagu-lagu Soundtrack Drama Korea ‘GOBLIN’ Dituding Plagiat, Ini Penjelasan Sang Komposer 

Kepopuleran Drama Korea Goblin : The Lonely and Great God tak hanya memberikan keuntungan dari segi rating tayangan yang tinggi, baik itu di negara asalnya Korea Selatan atau di banyak negara lain. Drama sepanjang 16 episode ini pun membuat sederet lagu yang menjadi soundtrack-nya meraih kepopuleran yang nyaris sama. Soundtrack drama Korea Goblin dibawakan oleh sederet penyanyi dan musisi dari berbagai genre. Dan nyaris semuanya sempat menduduki peringkat 10 besar di chart musik Korea Selatan.

Namun sayangnya, terdengar suara-suara sumbang seiring dengan kepopuleran lagu-lagu dari soundtrack Goblin – yang juga sudah dirilis dalam versi digital dan album fisik. Salah satunya mengenai isu plagiarisme yang ditudingkan untuk beberapa lagu.

Mendengar banyaknya isu tak sedap mengenai lagu yang ia gubah, komposer soundtrack Goblin, Lee Seung Joo memberikan klarifikasi resmi beserta penjelasan panjang yang membantah lagu-lagu yang ia ciptakan adalah hasil plagiat. Komposer yang mengerjakan nyaris seluruh lagu yang ada di album “Goblin OST” ini mengungkap adanya beberapa kesamaan nada dari lagu “Beautiful” yang dibawakan oleh soloist Crush dengan lagu “Quizas” yang merupakan hits dari Enrique Iglesias.

Untuk lagu ini, Seung Joo mengungkap kedua lagu tersebut menggunakan kunci nada yang sama, yakni ‘A’ dan ‘C’, namun dengan beat berbeda. “Beautiful” merupakan lagu mid-tempo R’n’B dengan 110bpm (beat per minute). Sedangkan “Quizas” mengambil genre slow-tempo, ballad song dengan 62bpm. Seung Joo pun menyadari pendengar akan merasakan kesamaan dari kedua lagu karena menggunakan kunci nada yang sama. Meskipun tak bisa dikatakan sebagai plagiat.

Komposer handal ini juga menjelaskan mengenai tudingan untuk lagu “Stay With Me” yang dibawakan oleh Chanyeol ‘EXO’ dengan Punch. Kritikan datang untuk lagu yang dianggap mirip dengan banyak lagu terkenal lain tersebut. Melalui postingan di akun Facebook resminya, Seung Joo menjelaskan memang ada kesamaan antara lagu “Stay With Me” dengan beberapa lagu lain. Terutama pada 4 bar awal pada lagu.

Chanyeol, Punch – Stay with me -Am- F- C -G/B

Alan WalkerFaded – Am- F- C -G

John LegendAll of me – Am- F- C -G

Red Hot Chili PeppersOtherside – Am- F- C -G

Kelly ClarksonStronger -Am- F- C -G/B

Boulevard des airsBruxelles – Am- F- C -G

Meskipun, dijelaskan oleh Seung Joo, beratus-ratus lagu lain menggunakan kunci 4 bar yang sama dan pada akhirnya eksekusi berikutnya yang dilakukan oleh penyanyi serta produser yang akan menentukan lagu tersebut plagiat atau tidak. Komposer ini juga mengungkap bagaimana isu plagiarisme pada musik dulunya ditentukan minimal dari 8 bar yang sama. Namun untuk saat ini, standard tersebut seolah sudah pudar.

Related posts

Leave a Reply