[UPDATE] Karena 'No Signal' di 6th Gaon Chart Music Awards, Fans Tuntut BTS Minta Maaf Pada Big Bang

Oleh: naya - 24 Feb 2017

Ajang penghargaan bergengsi 6th Gaon Chart Music Awards 2017 digelar dengan meraih dan sukses pada Rabu, 22 Februari kemarin. Sederet artis, musisi, soloist, hingga group pun menghadirkan penampilan terbaik mereka. Mulai dari Dean, BeWhy, Mamamoo, Black Pink, hingga Twice, BTS, dan EXO. Mereka membawakan lagu-lagu yang masuk ke dalam nominasi, atau bahkan memenangkan penghargaan malam tersebut.

Namun dari sederet penampilan kemarin, aksi panggung yang dihadirkan oleh BTS mendapat sorotan lebih dari fans. Membawakan dua lagu hits dari tahun 2016 kemarin, yang memenangkan penghargaan Song Of The Year - Fourth Quartal, Save Me dan Blood, Sweat, and Tears.

Berbeda dari sebelumnya, BTS kali ini menampilkan animasi pada big screen di panggung yang menunjukan tanda "no signal." Garis-garis empat warna ini memang biasanya sering tampil ketika layar atau gadget menunjukan tak adanya signal. Dan ini yang dijadikan pembuka dari penampilan BTS untuk lagu Save Me.

Sayangnya, untuk fans Big Bang, tanda animasi No Signal tersebut diklaim plagiat atas aksi panggung T.O.P di konser Big Bang pada bulan Januari, 2017 lalu.

Pada salah satu aksi panggung solo terakhir sebelum pergi wajib militer saat itu, sang rapper memang menunjukan layar dengan animasi yang nyaris sama dengan yang ditunjukan oleh BTS di penampilan mereka di Gaon Music Awards 6th kemarin.

Terang saja aksi tersebut menyulut amarah VIP (sebutan untuk fans Big Bang) yang membanjiri sosial media dengan hashtag #No_Signal_Please apologize sebagai tuntutan. Kemarahan semakin memuncak ketika ini bukanlah kali pertama BTS dituding melakukan plagiarisme pada Big Bang.

Sebelumnya, lagu BTS Outro : Wings di album "You Never Walk Alone" diklaim memiliki kesamaan dengan lagu milik Big Bang, Feeling dari album "Still Alive" yang dirilis pada tahun 2012.

https://www.youtube.com/embed/Qui9SMcXPKg

https://www.youtube.com/embed/lNqpS1YjJTM

UPDATE

Setelah banyaknya komplain dari penggemar, Big Hit Entertainment selaku BTS agensi sudah menegaskan bahwa nyaris seluruh aspek penampilan panggung hari itu diatur oleh pihak GAON Chart. GAON CHART AWARDS selaku penyelenggara acara pun merilis pernyataan maaf secara resmi. Pihak eksekutif GAON menyatakan kurang hati-hati dalam mencari video footage yang digunakan untuk penampilan BTS malam itu.

naya
More from Creative Disc