10 Boyband KPOP Dengan Penjualan Terbanyak Sepanjang Masa

Oleh: naya - 13 Mar 2017

Setelah sempat membahas mengenai 10 boy group dengan penjualan terbanyak sepanjang masa, kali ini kita akan bergeser pada pembahasan yang lebih spesifik. Ya, khusus untuk negara Korea Selatan saja. Korea Selatan sendiri sudah begitu dikenal dengan tak hanya satu, namun sederet boyband papan atas. Dan rasanya, nyaris dari separuh boyband tersebut pun sudah begitu dikenal di Indonesia pula.

Nah dibawah ini, kami memiliki daftar 10 boyband dari negeri gingseng yang mencatatkan penjualan terbanyak sepanjang masa. Angka penjualan yang kami kumpulkan dibawah ini pun hanya penjulaan dari album Korea saja, berdasar dari angka yang tercatat di Oricon Chart, GAON, dan MIAK. Dibawah ini ya daftarnya!

10. BTS

https://www.youtube.com/embed/xEeFrLSkMm8

Boyband dari BigHit Ent ini meraih nama besar dalam waktu yang relatif singkat. Debut di tahun 2013 lalu hingga saat ini BTS sudah mencatatkan 2,35 juta. Boyban yang dimotori oleh 7 orang member ini memang terkenal dengan fandom mereka yang besar dan nyaris ada di seluruh dunia. Bukan tak mungkin bahwa nantinya BTS akan meraih angka penjualan lebih tinggi lagi kedepannya.

Top Hits : Fire, Spring Day, Not Today, Blood, Sweat, and Tears, N.O, No More Dreams, dan banyak lain lagi.

9. Big Bang

https://www.youtube.com/embed/1CTced9CMMk

Big Bang bukan boyband biasa. Itu sudah pasti. Berkarir lebih dari 10 tahun di dunia hiburan Korea Selatan, Big Bang meraih kesuksesan besar yang mendunia. Mulai dari rilisan album, hits single, hingga konser mereka selalu jadi buruan penggemar. Tak heran bila akhirnya boyband dari YG Ent ini mencatat penjualan hingga 2,6 juta kopi.

Top Hits : Lies, Haru Haru, Fantastic Baby, Bang Bang Bang, Bae Bae, Loser

8. Turbo

https://www.youtube.com/embed/6tPrej8Qdr0

Nama boyband satu ini mungkin tak begitu dikenal oleh penggemar musik Korea di Indonesia. Boyband ini mengusung genre musik hip hop dan pertama kali debut pada 1995. Turbo sempat mengambil hiatus nyaris selama 15 tahun sebelum kembali pada tahun 2015 lalu. Boyband yang merilis lebih dari 10 album ini meraih 2,77 juta kopi. Belum termasuk sederet album kompilasi, hingga single yang mereka jual.

Top Hits : Again, E-mail My Heart, 280 km/h Speed

7. TVXQ

https://www.youtube.com/embed/PfUlE2LlGro

Jalan yang harus dilalui oleh TVXQ sama sekali tidak mudah. Debut dengan 5 orang member dibawah agensi SM Entertainment, TVXQ harus rela kehilangan tiga orang member sekaligus yang lantas membentuk boyband baru, JYJ. Namun selain itu, TVXQ mampu mempertahankan eksistensinya. Boyband yang kedua membernya masih berada di wajib militer untuk saat ini meraih hingga 3,1 juta kopi. Bukan jumlah yang sedikit, bukan?

Top HitsMirotic, Catch Me, Purple Line, Something, Forever Love

6. Shinhwa

https://www.youtube.com/embed/y_VJHT6y-NI

Tak banyak boyband veteran yang mampu bertahan dalam waktu yang lama. Namun sepertinya pendapat tersebut tak berlaku untuk Shinhwa yang masih mampu eksis hingga saat ini. Debut di tahun 1998, Shinhwa sudah meraih tak kurang dari 3,31 juta kopi. Dan jumlah ini masih akan terus bertambah dengan dirilisnya album baru pada tahun 2017 ini, "Unchanging Touch."

Top Hits : Wild Eyes, Perfect Love, This Love, Sniper, Touch

5. Super Junior

https://www.youtube.com/embed/x6QA3m58DQw

Akan aneh bukan bila boy band dari SM Ent ini tak berada dalam daftar? Super Junior mencatatkan kesuksesan besar dalam membawa halyu wave ke seluruh dunia. Untuk penjualan album sendiri, Super Junior sama sekali tak mengecewakan. Group yang dirumorkan akan kembali dengan album baru pada tahun ini meraih penjualan hingga 3,39 juta kopi. Dengan 8 album serta sederet single hits, rasanya angka penjualan dari boyband yang kerap kali disebut dengan SUJU ini sama sekali tak mengecewakan. Bukan begitu?

Top Hits : Sorry Sorry, Mr Simple, Mamacita, It's You, Sexy Free and Single

4. G.O.D

https://www.youtube.com/embed/Y213s_zeBLo

Boyband satu ini pun memiliki sederet penggemar. Serta tentunya lagu dan album hits. Debut pada tahun 1999, group ini dikenal dengan lagu-lagunya yang emosional. G.O.D sendiri memiliki keunggulan dimana lagu mereka akan dengan mudah disukai oleh banyak kalangan. Hal yang sepertinya tak akan mudah dicapai oleh boyband di masa kini.

Top hits :  Dear Mother, Lies, Love and Memory, Ordinary Day

3. EXO

https://www.youtube.com/embed/KSH-FVVtTf0

Tak berlebihan memang bila dikatakan EXO merupakan salah satu group fenomenal di generasi ini. Merilis sederet album dan hits single, EXO meraih kesuksesan di seluruh dunia dalam waktu yang cukup singkat. Tak kurang dari 6,4 juta kopi terjual sejak debut mereka di tahun 2012 lalu. Angka yang fantastis mengingat usia karir yang masih terbilang pendek. Dan angka ini masih akan bertambah dengan semakin banyaknya album yang akan dirilis oleh EXO selanjutnya.

Top hits : Overdose, Growl, Mama, Love Me Right, Monster, Lotto

2. H.O.T

https://www.youtube.com/embed/dqRv2Md6Slg

Group veteran ini memang sudah resmi bubar sejak tahun 2001 lalu. Boyband ini menjadi tonggak awal dari suksesnya agensi SM Entertainment, yang terus bertahan hingga saat ini. H.O.T taknya sekedar menjadi boyband sukses dengan angka penjualan hingga 7.03 juta kopi, lebih dari itu, H.O.T merupakan tren yang begitu kontroversial dan fenomenal.

Top hits : I Yah, Candy, Outside Castle

1. Seo Taiji dan Boys

https://www.youtube.com/embed/y8em1w3KIFA

Seo Taiji membentuk boybandnya sendiri di tahun 1996 dengan dua orang member, Yang Hyun-suk serta Lee Juno. Kedua sosok tersebut menjadi backing vocal serta dancer dari Seo Taiji, yang menyanyi nyaris di semua lagu. Dan ketiga sosok ini meraih angka penjualan hingga 8 juta kopi. Bukan pencapaian yang kecil tentu saja mengingat boyband ini menjadi yang nomor satu dalam bidang penjualan di Korea Selatan. Bahkan ketika akhirnya bubar pun, pesona Seo Taiji and Boys masih terus dirasakan penggemar.

Top hits : I know, Come back home, Hayeoga, Sad Pain

naya
More from Creative Disc