Trending News

Blog Post

Selepas Rilis, ‘Shape of You’ Ed Sheeran Menambah Nama Penulis Lagunya
Music News

Selepas Rilis, ‘Shape of You’ Ed Sheeran Menambah Nama Penulis Lagunya 

Selasa, 21 Maret, tersiar kabar jika Ed Sheeran menambah nama para penulis lagu hit TLC, ‘No Scrubs’, dalam lagu hitnya sendiri, ‘Shape of You’.

Semenjak perilisannya, pra-chorus lagu (“Boy, let’s not talk too much/ Grab on my waist and put that body on me“) telah menjadi bahan pembicaraan karena dianggap memiliki ritme lirik yang mirip dengan lagu TLC rilisan 1999 tadi (“No, I don’t want no scrubs/ A scrub is a guy that can’t get no love from me“).

Rupanya Sheeran menanggapi hal ini dengan baik, sehingga ia kemudian memutuskan untuk menambahkan nama penulis ‘No Scrubs’, Kandi Burruss dan Tameka ‘Tiny’ Colette, yang berasal dari girl group Xscape, bersama dengan Kevin “She’kspere” Briggs dalam kredit untuk ‘Shape of You’.

Sheeran bukan satu-satunya artis yang pernah melakukan hal serupa. Semenjak tahun keluarga Marvin Gaye menuntut Robin Thicke, Pharrell Williams dan T.I. tentang kepemilikan lagu ‘Blurred Lines’ di tahun 2013, maka ada beberapa artis lain yang kemudian menambahkan nama untuk daftar penulis lagu, setelah lagunya dirilis, guna menghindari masalah hukum.

Tahun lalu The Chainsmokers menambahkan nama dua anggota band rock The Fray sebagai penulis lagu hit mereka, ‘Closer’, karena ada persamaan dengan lagu ‘Over My Head (Cable Car)’ milik The Fray. Lantas ada Miguel yang menambahkan nama pentolan Smashing Pumpkins, Billy Corgan, sebagai penulis lagu ‘Leaves’, karena ada kemiripan dengan hit klasik band grunge tersebut, ‘1979’. Serta tentu saja Bruno Mars dan Mark Ronson yang menambahkan anggota The Gap Band untuk ‘Uptown Funk’, serta Tom Petty dan Jeff Lynne untuk ‘Stay With Me’ milik Sam Smith.

Related posts

Leave a Reply